×

Tips Bumil Agar Dapat Mengontrol Keinginan Buang Air Kecil

Bagikan Artikel :

Keinginan untuk buang air kecil saat dalam kondisi hamil biasanya sangat tidak bisa untuk dikontrol dan memiliki frekuensi yang lebih sering hingga membuat ibu hamil terkadang kerepotan.

Hal ini sebenarnya normal saja, dikarenakan ibu hamil kesulitan untuk mengontrol kantung kemihnya sehingga saat dalam suatu kondisi misalnya saat tertawa, bersin, sampai batuk, ibu hamil bisa mengompol begitu saja. Lalu bagaimana jika ibu hamil tidak sedang dirumah dan sedang berada di luar atau dalam perjalanan? Pasti sangat merepotkan.

Selain merepotkan, kondisi ini bisa terjadi selama kehamilan. Mau tidak mau, ibu harus bisa mengontrol sendiri bagaimana keinginan buang air kecil ini agar tidak terjadi sembarangan.

Seringnya buang air kecil (beser) yang terjadi pada ibu hamil dinamai dalam istilah medis yaitu Inkontinesia. Inkontinesia, yang berarti kesulitan untuk menahan hasrat ingin buang air kecil ini merupakan kondisi umum yang dapat terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini terjadi akibat penekanan pada kandung kemih seiring membesarnya janin di dalam kandungan. Akibat penekanan tersebut, malah membuat urin tersimpan menjadi sedikit dan sulit untuk ditahan (menghentikan)aliran urin dan akhirnya membuat ibu hamil sering mengompol.

Meskipun memang merepotkan, namun ibu juga tidak boleh menahan keinginan untuk buang air kecil. Sebab, dengan menahan keinginan buang air kecil akan membuat kuman di saluran kemih berkembang biar dan hal ini tidak menutup kemungkinan membuat kuman menyebar ke arah bagian dalam kandung kemih. Kadang-kadang infeksi yang terjadi bakan sampai ke ginjal dan memicu infeksi pada organ tersebut.

Daripada semakin bermasalah, maka dari itu ibu hamil wajib mengetahui beberapa Tips Bumil Agar Dapat Mengontrol Keinginan Buang Air Kecil berikut ini.

1. Ikut pelatihan Senam Kegel.

Ibu hamil bisa ikut pelatihan senam Kegel selama kehamilan. Senam Kegel ini bemranfaat untuk membuat ibu hamil nyaman dengan kehamilannya, juga membuat ibu dapat mengontrol keinginan saat buang air kecil. Maka dari itu, ibu hamil juga disarankan untuk melakukan atau mengikuti kelas senam Kegel.

2. Menyilangkan kaki.

Tips kedua untuk membantu mengontrol keinginan buang air kecil contohnya saat ibu hamil bersin, batuk dan tertawa, ibu sebaiknya melakukan posisi menyilangkan kaki untuk mencegah ngompol baik saat sedang posisi berdiri ataupun duduk. Hal ini hanya dapat dilakukan sesekali saat ibu berada di luar atau kesulitan mencari toilet.

3. Melakukan aktivitas fisik sesuai kondisi.

Ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda beda sehingga dalam menjaga kesehatan dianjurkan untuk tetap melakukan aktivitas fisik namun tetap sesuai dengan usia kandungan dan kondisi kesehatan yang sebelumnya telah dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Dengan mengatur berat badan sesuai dengan usia kehamilan, maka akan membuat keseimbangan dalam tekanan kandung kemih selama kehamilan.

4. Melakukan kebiasaan minum delapan gelas setiap hari.

Minum air delapan gelas perhari juga dianjurkan untuk ibu hamil. Walaupun terdengar akan berdampak pada seringnya ibu hamil buang air kecil, namun kebiasaan ini dapat membuat infeksi di saluran kemih terhindar dengan baik, juga mencegah terjadinya dehidrasi saat kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang memicu buang air lebih sering, seperti makanan ringan dan minuman bersoda.

Baca tips lainnya :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 11, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    kontributor Curhat Bidan

  • Oleh : ade
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 1 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Terlambat haid

  • Oleh : Yuni Arra
  • 11 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu saya terakhir menstruasi tanggal 1 februari, siklus menstruasi saya 28 hari dan tidak pernah terlambat,
    Kemaren saya tespek hasil negatif, hari ini perut saya kram seperti mau haid tp lebih sakit lagi dan pegel2 juga itu kenapa ya ? Mohon di jawab . Terimakasih bu …

    Testpack garis 2 tetapi samar

  • Oleh : Ira Wati
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, saya mau nanya, saya sudah melakukan testpack garisnya ada 2 tapi yg 1 samar 1 nya jelas, itu artinya apa ya bu? Kalau memang artinya saya positif hamil, kira” kapan saya harus periksa ke bidan atau USG ke dokter kandungan? Terima kasih.

    Jarak Kopi Dan Obat

  • Oleh : Novita dwi
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau tanya kalau mau konsumsi obat tapi konsumsi kopi dulu itu gak papa? Kalu misalkan boleh, paling di kasih jarak berapa jam sebelum mengkonsumsi obat? Jika saya konsumsi kopi sebelum obat, bagai mana dampaknya bagi kesehatan?

    Tanya Bidan