×

Tips Mengatasi Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Selamat datang kembali pada website Curhat Bidan kami, dimana disini kami memberikan informasi dari mulai perawatan tips ibu hamil, masalah kesehatan ibu hamil, dan semua yang bisa diketahui tentang ibu hamil, anak, kehamilan dan persalinan. Silahkan gunakan layanan Tanya Bidan kami diawal halaman jika ingin mengetahui informasi tertentu tentang kehamilan dan lainnya.

Saat hamil, banyak dari ibu-ibu terutama yang masih pemula atau merupakan pengalaman kali pertama menjadi seorang ibu hamil, pasti ada banyak sekali keluhan dan masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh perubahan fisik dan hormon. Salah satunya adalah keringat berlebih yang terjadi pada ibu hamil. Berkeringat berlebih pada siapapun merupakan kondisi tidak nyaman, dan biasanya hal ini terjadi akibat cuaca panas (kepanasan) dan sebab lainnya. Namun pada ibu hamil, berkeringat berlebih terjadi karena beberapa penyebab. Diantaranya yaitu :

  1. Mengalami peningkatan aliran darah dari dalam kulit yang membuat ibu hamil merasa lebih hangat. Akibat dari kondisi tersebut adalah rangsangat terjadi pada kelenjar keringat yang secara otomatis mendinginkan tubuh.
  2. Akibat meningkatnya hormon Progesteron, yang menyebabkan pembuluh darah kecil di kulit menjadi terbuka lebar. Hal inilah yang membuat ibu hamil selalu merasa kepanasan.
  3. Usia kehamilan yang semakin bertambah juga besar pengaruhnya dalam meningkatkan kepanasan ibu hamil.

Walaupun memang kondisi tersebut dilihat dari penyebabnya masih cukup untuk dibilang normal, karena semua ibu hamil pasti mengalaminya. Namun Anda, sebagai ibu hamil juga pasti ingin mengetahui bagaimana cara menanggulangi kondisi tersebut. Dan berikut ini adalah Tips Mengatasi Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil, simak selengkapnya ya Bunda.

  • Mengenakan baju hamil longgar dan nyaman.

Dengan menggunakan baju yang longgar sudah pasti dapat memberikan tubuh Bunda rasa nyaman walaupun berkeringat. Pakaian longgar tidak akan menempel pada pada tubuh di saat keringat mulai membanjir yang nantinya akan membuat tubuh semakin tak nyaman dan sejuk.

  • Mengenakan baju hamil berbahan katun.

Baju dari bahan kain katun menyerap keringat dengan sangat baik. Jika Bunda mengenakan baju berbahan katun, tentu akan membuat Bunda merasa nyaman saat memakainya karena saat sedang berkeringat, baju Bunda akan menyerap keringat dan Bunda tidak akan kepanasan.

Related Posts :
    • Tidak dulu mengkonsumsi makanan pedas.

    Saat kita mengkonsumsi makanan terlalu pedas, tubuh secara alami mengeluarkan keringat. Begitu juga pada ibu hamil, karena perubahan hormon ibu hamil dapat berkeringat, ditambah mengkonsumsi makanan pedas keringat akan keluar dengan berlebihan. Maka dari itu sebaiknya hindari terlebih dahulu konsumsi makanan pedas ya Bun!

    • Kurangi stress.

    Selain perubahan hormon, stress yang dialami ibu hamil juga dikaitkan dengan meningkatnya produksi keringat. Oleh karena itu, Bunda harus mengurangi stress dengan cara menghindari berbagai hal yang dapat memicu stress tersebut. Hal ini juga secara otomatis dapat mengurangi produksi keringat berlebih Anda selama masa kehamilan.

    Itu dia selengkapnya tentang tips mengatasi keringat berlebih yang terjadi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat, nantikan tips menarik lainnya. Salam!

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 16, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Apa saja faktor yang dapat menghambat kehamilan

  • Oleh : laceyu4030243
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

    hamil 2 bulan

  • Oleh : donnairish
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat sore bu bidan, saya devy 29th, saat ini saya kehamilan kedua.. yg pertama dulu saya pernah keguguran, dan berharap kehamilan saya yg kedua ini sehat2 saja,, tapi akhir2 ini kenapa perut terasa suduken yahh bu ? perut di bagian sbelah kiri, kalo saya browshing sich saya simpulkan kemungkinan itu memang ciri2 hamil muda.. tapi saya takut jika ada apa2 bu.. mohon penjelasan yg lebih lanjud bu,, kalo bisa jangan yg ngeri2 yah bu bidan hehe.. umur kehamilan saya skrg skitar 10 minggu bu…

    Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Perbedaan Miom dan Kista Pada Wanita

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan