×

Persiapan Puasa Ibu Hamil Agar Tidak Bocor

Bagikan Artikel :

Persiapan Puasa Ibu Hamil Agar Tidak Bocor

Mungkin akan terasa berat bagi ibu hamil yang mengikuti puasa di bulan Ramadhan. Sehingga tidak salah beberapa ibu hamil yang berpuasa berhenti di tengah jalan. Nah agar hal ini tidak terjadi Bidan Citra punya tips nya lho!

  1. Konsultasikan dulu ke dokter kandungan atau bidan. Jika ada komplikasi kehamilan biasanya disarankan untuk tidak berpuasa.
  2. Waspada tanda-tanda bahaya saat berpuasa seperti berat badan berkurang dan gerakan janin tidak aktif atau bumil merasa sangat lemas, ada tanda dehidrasi, mual muntah dan pusing cukup parah.
  3. Minum 2 liter cairan perhari dan konsumsi 3500 kalori perhari.
  4. Saat berbuka variasa makanan harus lengkap, mulai dari karbo, sayur, protein dan buah.
  5. Hindari makanan tinggi lemak, pedas dan berminyak agar tidak memicu heartburn.
  6. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebaik mungkin selama berbuka, makan malam dan sahur. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin yang dianjurkan oleh bidan atau dokter.

Puasa Tidak Memberikan Dampak Buruk Pada Janin

Apabila tips ini sudah di jalankan, maka puasa bumil kemungkinan besar bisa lancer dan tentu tidak akan berdampak buruk pada janin. Sesual denan penelitian yang dilakukan oleh JD Glazier di 2018, menyatakan bahwa puasa Ramadan tidak memberikan efek mengkhawatirkan pada ibu dan janin. Oleh karena itu semangat berpuasa bumil, dan bagi suami berikanlah dukungan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 7, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Sering mulas di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Sitihumairoh
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Pentingkah Pemeriksaan TORCH Pada Ibu Hamil ?

  • Oleh : Sherly davies
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu Bidan nama saya Adinda Laras dan sekarang ini saya sedang hamil untuk yang pertama kali jadi perasaan antara khawatir, takut dan cemas dan senang bercampur. Apa saya perlu melakukan tes torch bu ? Tapi saya tidak memiliki riwayat pelihari kucing dan kehamilan saya juga baik – baik saja tapi tetap saja saya merasa takut. Menurut bu bidan saya harus bagaimana ?

    Tidak bisa ereksi di pagi hari

  • Oleh : Ario Hanindito
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore curhatbidan, saya mau nanya ini saya pada tgl 12, hari sabtu,minggu dan senin saya keluar air mani tanpa disadari. dan saya merasa nyeri pada bagian kantung kemih, esokannya saya meriang dan pergi ke dokter ternyata saya infeksi kantung kemih setelah itu paginya saya merasa tidak bisa ereksi pada pagi hari apakah saya impotensi atau karena infeksi ya?

    posisi tidur hamil menginjak 8 bulan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Tanya Bidan