×

Persiapan Puasa Ibu Hamil Agar Tidak Bocor

Bagikan Artikel :

Persiapan Puasa Ibu Hamil Agar Tidak Bocor

Mungkin akan terasa berat bagi ibu hamil yang mengikuti puasa di bulan Ramadhan. Sehingga tidak salah beberapa ibu hamil yang berpuasa berhenti di tengah jalan. Nah agar hal ini tidak terjadi Bidan Citra punya tips nya lho!

  1. Konsultasikan dulu ke dokter kandungan atau bidan. Jika ada komplikasi kehamilan biasanya disarankan untuk tidak berpuasa.
  2. Waspada tanda-tanda bahaya saat berpuasa seperti berat badan berkurang dan gerakan janin tidak aktif atau bumil merasa sangat lemas, ada tanda dehidrasi, mual muntah dan pusing cukup parah.
  3. Minum 2 liter cairan perhari dan konsumsi 3500 kalori perhari.
  4. Saat berbuka variasa makanan harus lengkap, mulai dari karbo, sayur, protein dan buah.
  5. Hindari makanan tinggi lemak, pedas dan berminyak agar tidak memicu heartburn.
  6. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebaik mungkin selama berbuka, makan malam dan sahur. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin yang dianjurkan oleh bidan atau dokter.

Puasa Tidak Memberikan Dampak Buruk Pada Janin

Apabila tips ini sudah di jalankan, maka puasa bumil kemungkinan besar bisa lancer dan tentu tidak akan berdampak buruk pada janin. Sesual denan penelitian yang dilakukan oleh JD Glazier di 2018, menyatakan bahwa puasa Ramadan tidak memberikan efek mengkhawatirkan pada ibu dan janin. Oleh karena itu semangat berpuasa bumil, dan bagi suami berikanlah dukungan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 7, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Agar Tubuh Sehat dan Ideal Meskipun Bekerja Seharian

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 7 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya Yesa dari losarang mau tanya tentang kesehatan wanita, bagaimana sih cara agar tubuh kita tetap sehat, fit, ideal meskipun kesibukan kita penuh dari pagi sampai sore. Ditunggu jwabanya bu bida terimakasih

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • TElat menstruasi

  • Oleh : zamrud zulaikha
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    pagi bu bidan??? saya mau tanya . saya umu 26 untuk th ini . baru menikah 28 november 2018 . 2 bulan setalh nikah menstruasi di tgl yg sama ini menginjak 3 bulan pernikahan jadi telat menstruasi 5 hari . apa yang harusnya saya lakukan?? sedangkan saya sudah trspek juga bbrpa x hasil negatif . dan dengan kondisi seperti ini apakah saya masih boleh mekakukan berhubungan suami istri . terima kasih !:)

    penghitungan kehamilan

  • Oleh : Ratna Paramitha
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    saya biasa mens sekitar tanggal 03-09 setiap awal bulan… tapi saat bulan ke 7 saya tdk mens dan bulan ke 8 saya ke bidan di tespack hasilnya 2 garis, perut saya makin membesar tapi saya terus rasakan setiap berhubungan selalu kram perut, dan saya merasa blm ada pergerakan apa yg harus saya lakukan dok… disini sangat susah usg,, kalau mau usg harus ke rs besar…

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Menstruasi

  • Oleh : Ardhia Rally Aurelia
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok mau tanya, kenapa ya udah 2 bulan ini haid saya ko cuma flek aja dan hari nya itu gak lama kurang lebih cuma 3 hari. dan tanggal haid nya selalu telat 2/3 hari. Itu kenapa ya dok? Mohon solusinya🙏

    Tanya Bidan