×

Persiapan Puasa Ibu Hamil Agar Tidak Bocor

Bagikan Artikel :

Persiapan Puasa Ibu Hamil Agar Tidak Bocor

Mungkin akan terasa berat bagi ibu hamil yang mengikuti puasa di bulan Ramadhan. Sehingga tidak salah beberapa ibu hamil yang berpuasa berhenti di tengah jalan. Nah agar hal ini tidak terjadi Bidan Citra punya tips nya lho!

  1. Konsultasikan dulu ke dokter kandungan atau bidan. Jika ada komplikasi kehamilan biasanya disarankan untuk tidak berpuasa.
  2. Waspada tanda-tanda bahaya saat berpuasa seperti berat badan berkurang dan gerakan janin tidak aktif atau bumil merasa sangat lemas, ada tanda dehidrasi, mual muntah dan pusing cukup parah.
  3. Minum 2 liter cairan perhari dan konsumsi 3500 kalori perhari.
  4. Saat berbuka variasa makanan harus lengkap, mulai dari karbo, sayur, protein dan buah.
  5. Hindari makanan tinggi lemak, pedas dan berminyak agar tidak memicu heartburn.
  6. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebaik mungkin selama berbuka, makan malam dan sahur. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin yang dianjurkan oleh bidan atau dokter.

Puasa Tidak Memberikan Dampak Buruk Pada Janin

Apabila tips ini sudah di jalankan, maka puasa bumil kemungkinan besar bisa lancer dan tentu tidak akan berdampak buruk pada janin. Sesual denan penelitian yang dilakukan oleh JD Glazier di 2018, menyatakan bahwa puasa Ramadan tidak memberikan efek mengkhawatirkan pada ibu dan janin. Oleh karena itu semangat berpuasa bumil, dan bagi suami berikanlah dukungan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 7, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : hanis
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 1 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Masalah Pencernaan, Susah BAB saat hamil

  • Oleh : Mbak aty
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saat ini saya tengah hamil dan memasuki trimester ketiga. Namun, saya mengalami masalah pada pencernaan yang membuat saya susah BAB atau sembelit. Mau minum obat, takutnya kenapa-kenapa. Adakah solusi lain yang bisa mengatasi masalah pencernaan saya selama masa kehamilan?

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    BENJOLAN PAYUDARA

  • Oleh : Teguh Prastio
  • 1 bulan yang lalu

    Hai Dok saya mau tanya, kenapa adik perempuan saya yg berumur 23 tahun ada benjulan di atas putingnya dan benjolan nya itu pecah ngeluarkan nanah hijau.
    Jenis penyakit apa ini dok

    #mohon di jabab.

  • Oleh : Teguh Prastio
  • Tanya Bidan