×

Kenapa Ibu Hamil Belum Bisa Diberikan Vaksin Virus Corona?

Bagikan Artikel :

Kenapa Ibu Hamil Belum Bisa Diberikan Vaksin Virus Corona?

Sebagian warga Indonesia sudah melakukan vaksinasi covid-19. Vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah warga Indonesia dari virus corona. Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 di Puskesmas, klinik dan rumah sakit..

Dalam berbagai uji yang dilakukan, vaksin diklaim efektif memunculkan respons antibodi terhadap virus corona. Namun, tak jarang pula ditemukan berbagai efek samping dan reaksi alergi yang harus dicermati.

Nah, dari pengembangan beberapa vaksin tersebut, kelompok seperti ibu hamil seakan tak banyak menjadi sorotan. Hal itu kemudian mengundang tanya, apakah vaksin corona untuk ibu hamil aman?

Related Posts :

    Vaksin Corona untuk Ibu Hamil Boleh atau Tidak?

    Sampai saat ini masih sangat minim data tentang vaksin yang aman untuk ibu hamil. Karena ibu hamil tidak diikutsertakan dalam tahap uji klinis vaksin virus corona. Setelah tahap uji klinis vaksin selesai mungkin baru dipertimbangkan pemberiannya terhadap ibu hamil.

    Ibu hamil tidak masuk kelompok prioritas penerima vaksin corona. Indonesia berencana menggunakan vaksin corona dari perusahaan China, Sinovac. Meskipun uji belum dilakukan, berdasarkan cara kerja vaksin, para ahli percaya, vaksinasi tidak akan menimbulkan risiko bagi orang yang sedang hamil.

    Hal ini karena vaksin corona tidak mengandung virus hidup. Dengan demikian, tidak ada risiko infeksi virus kepada seseorang. Akan tetapi, sekali lagi, potensi risiko vaksin corona pada ibu hamil dan janinnya belum diketahui karena vaksin tersebut belum pernah diteliti pada ibu hamil.

    Karena ibu hamil tidak diperkenankan untuk mendapatkan vaksin corona, dengan demikian ibu hamil sebaiknya tidak melakukan beberapa hal seperti :

    • Sebisa mungkin tidak usah keluar rumah kalau tidak penting, kecuali saat kontrol kehamilan.
    • Selalu gunakan masker saat keluar rumah.
    • Harus rajin cuci tangan dengan sabun atau pakai pembersih lain, seperti hand sanitizer.
    • Jaga jarak dengan orang lain.
    • Pastikan makan makanan yang bergizi dan minum air yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh.

    Dengan melakukan upaya pencegahan tersebut, ibu hamil akan terhindar dari peluang penularan virus corona. Risiko seperti kelahiran prematur pun dapat dihindarkan.

    Selain Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Di Vaksin Virus Corona

    1. Ibu menyusui
    2. Lansia (berusia di atas 59 tahun)
    3. Memiliki komorbid seperti diabetes, jantung dan lainnya
    4. Pernah terinfeksi COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo, kepada

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 18, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Lidah Bermasalah

  • Oleh : Karmila
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Memperlancar haid

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Bayi Usia 2 Minggu Belum BAB 9 Hari

  • Oleh : Ivie Suci
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Apa saja faktor yang dapat menghambat kehamilan

  • Oleh : laceyu4030243
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apa saja yang bisa menghambat terjadinya kehamilan karena saya sudah 1 tahun menikah namun belum juga dapat momongan. Mohon jawabannya

    Apa Obat Nyeri Tulang Belikat Kanan untuk Ibu Menyusui

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat pagi,
    Saya seorang ibu menyusui dan saat ini saya sering mengeluh nyeri tulang belikat sebelah kanan ketika mengambil napas dalam-dalam. Dan akhir-akhir ini kebetulan saya juga memiliki masalah pada lambung. Apakah nyeri tulang belikat tersebut disebabkan karena masalah lambung? Dan apa obat yang aman untuk ibu menyusui saat ini?

    Tanya Bidan