×

Kenapa Ibu Hamil Belum Bisa Diberikan Vaksin Virus Corona?

Bagikan Artikel :

Kenapa Ibu Hamil Belum Bisa Diberikan Vaksin Virus Corona?

Sebagian warga Indonesia sudah melakukan vaksinasi covid-19. Vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah warga Indonesia dari virus corona. Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 di Puskesmas, klinik dan rumah sakit..

Dalam berbagai uji yang dilakukan, vaksin diklaim efektif memunculkan respons antibodi terhadap virus corona. Namun, tak jarang pula ditemukan berbagai efek samping dan reaksi alergi yang harus dicermati.

Nah, dari pengembangan beberapa vaksin tersebut, kelompok seperti ibu hamil seakan tak banyak menjadi sorotan. Hal itu kemudian mengundang tanya, apakah vaksin corona untuk ibu hamil aman?

Vaksin Corona untuk Ibu Hamil Boleh atau Tidak?

Sampai saat ini masih sangat minim data tentang vaksin yang aman untuk ibu hamil. Karena ibu hamil tidak diikutsertakan dalam tahap uji klinis vaksin virus corona. Setelah tahap uji klinis vaksin selesai mungkin baru dipertimbangkan pemberiannya terhadap ibu hamil.

Ibu hamil tidak masuk kelompok prioritas penerima vaksin corona. Indonesia berencana menggunakan vaksin corona dari perusahaan China, Sinovac. Meskipun uji belum dilakukan, berdasarkan cara kerja vaksin, para ahli percaya, vaksinasi tidak akan menimbulkan risiko bagi orang yang sedang hamil.

Hal ini karena vaksin corona tidak mengandung virus hidup. Dengan demikian, tidak ada risiko infeksi virus kepada seseorang. Akan tetapi, sekali lagi, potensi risiko vaksin corona pada ibu hamil dan janinnya belum diketahui karena vaksin tersebut belum pernah diteliti pada ibu hamil.

Karena ibu hamil tidak diperkenankan untuk mendapatkan vaksin corona, dengan demikian ibu hamil sebaiknya tidak melakukan beberapa hal seperti :

• Sebisa mungkin tidak usah keluar rumah kalau tidak penting, kecuali saat kontrol kehamilan.
• Selalu gunakan masker saat keluar rumah.
• Harus rajin cuci tangan dengan sabun atau pakai pembersih lain, seperti hand sanitizer.
• Jaga jarak dengan orang lain.
• Pastikan makan makanan yang bergizi dan minum air yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh.

Dengan melakukan upaya pencegahan tersebut, ibu hamil akan terhindar dari peluang penularan virus corona. Risiko seperti kelahiran prematur pun dapat dihindarkan.

Related Posts :

    Selain Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Di Vaksin Virus Corona

    1. Ibu menyusui
    2. Lansia (berusia di atas 59 tahun)
    3. Memiliki komorbid seperti diabetes, jantung dan lainnya
    4. Pernah terinfeksi COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo, kepada

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 18, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Memberi MPASI dini

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau tanya ? Anak saya umur 4bln lebih 2minggu , saya memberinya dia MPASI dini karna anak saya sering rewel dan kalau KK nya lagi makan pasti dia ngeliatin nya sampe bibir nya cicip , pas saya kasih MPASI dini anak saya yang tadinya rewel langsung tertidur lelap . Pas bangun tidur selang beberapa menit dia BAB Bun ? Apa itu sudah biasa atau usus nya belum menerima?

  • Oleh : Ajeng Pujiyanti
  • tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Rennym
  • 7 tahun, 7 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Tanya Bidan