×

Letak Plasenta Bisa Berubah-ubah Lho!

Bagikan Artikel :

Letak Plasenta Bisa Berubah-ubah Lho!

Salah satu tujuan USG adalah melihat letak plasenta. Letak plasenta dikatakan normal bila berada di depan, belakang, atau sisi samping dari rahim. Posisi ini tergantung dari bagian dinding rahim yang ditempeli oleh sel telur yang telah dibuahi. Tapi ada juga yang letak plasentanya dibawah sehingga khawatir akan menutupi jalan lahir.

Tapi mesikpun berada pada bagian bawah, seiring bertambahnya usia kehamilan dan pertambahan ukuran rahim/uterus maka plasenta akan naik ke atas. Biasanya posisi plasenta yang di bawah ini pada awal kehamilan trimester 1 samapai akhir trimester 2. Pada posisi plasenta yang tidak bisa berubah setelah akhir trimester 2 (usia kehamilan 28 minggu) atau pada trimester 3 (>28 minggu) maka disebut plasenta letak rendah atau plasenta previa.

Apa Itu Plasenta Previa ?

Pada plasenta previa, masalah letak plasenta berada pada segmen bawah rahim sehingga menyebabkan rembesan peredarahan dan tidak bisa terjadi persalinan normal karena menutup jalan lahir, plasenta previa juga dikaitkan dengan resiko persalinan kurang bulan (prematur). Pada wanita dengan plasenta previa marginal yang tidak menutupi segmen serviks jalan rahim sepenuhnya masih bisa lahir normal namun dengan resiko perdarahan. Saat ini pada wanita dengan kondisi plasenta disegmen bawah rahim lebih disarankan untuk menjalani proses persalinan secara operasi sectio cesarea untuk menghindari perdarahan dan gawat janin.

Related Posts :

    Biasanya wanita hamil yang telah cukup bulan diatas 37 minggu saat berat badan bayi cukup >2500 gram dengan plasenta previa akan disiapkan untuk operasi SC elektif.

    Penyebab Plasenta Previa

    Penyebab pasti plasenta previa hingga kini masih belum diketahui. Namun, plasenta previa lebih sering terjadi pada ibu yang sudah sering melahirkan, memiliki jaringan parut di rahim (contohnya karena riwayat lahir sesar atau menjalani operasi rahim lainnya), memiliki riwayat plasenta previa sebelumnya, hamil lebih dari 1 janin, berusia lebih dari 35 tahun, merokok, atau mengkonsumsi kokain.

    Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Diketahui Plasenta Previa

    Tidak ada tips khusus yang bisa Anda lakukan untuk menyebabkan pergeseran ini. Karenanya, Anda wajib melakukan antenatal care dengan dokter kandungan dan kebidanan anda untuk memantau kondisi janin. Tetap mengkonsumsi makan yang bergizi, mengurangi aktivitas fisik, bedrest, menghindari stress, menghindari rokok dan alkohol serta mempersiapkan diri dengan baik untuk persalinan anda. Jika pada akhirnya dokter menyarankan untuk operasi sectio cesarea itu pasti untuk kebaikan anda dan calon buah hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 26, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masa subur

  • Oleh : Amel Fayunl
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Masa nifas saya selesai tgl 4nov.2017..Masa subur saya kira2 tgl BRP yah..

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    ada benjolan di dekat anus

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 5 tahun yang lalu

    selamat siang ibu bidan saya mau tanya, saya sedang hamil tapi ada benjolan di anus, tidak berdarah hanya terasa perih dan sering mulas saat babnya, ada ga obat yang bisa diminum tapi aman untuk ibu hamil? terima kasih, saya tunggu jawabannya 🙂

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

  • Oleh : Asti Anisa
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

    Sakit pinggang di usia kehamilan 7 bulan

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • Tanya Bidan