Tips Menggunakan Toilet Jongkok Bagi Ibu Hamil Yang Aman

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tips Menggunakan Toilet Jongkok Bagi Ibu Hamil Yang AmanBidan Online,- Memasuki kehidupan yang serba modern saat ini penggunaan toliet jongkok memang sudah banyak di tinggalkan. Kloset jongkok di nilai sudah ketinggalan zaman dan penggantinya yaitu kloset duduk yang lebih modern. Meskipun demikian masih banyak ko yang menggunakan toilet jongkok karena sudah terbiasa dan malah asing dengan toilet duduk. Namun bagaimana dengan ibu hamil apakah penggunaan toliet jongkok di nilai aman?

    Memasuki kehamilan trimester kedua dan ketiga tentunya beban berat badan pun semakin bertambah karena janin berkembang menjadi lebih besar. Penggunaan toilet bagi ibu hamil tentunya menjadi perhatian khusus yang tidak boleh di abaikan. Faktanya penggunaan toilet jongkok lebih di sarankan bagi ibu hamil di bandingkan dengan toilet duduk. Apa yang menjadi kelebihan dari penggunaan toilet jongkok bagi ibu hamil? berikut ulasannya.

    Nyatanya penggunaan toilet jongkok dinilai lebih higienis karena bagian belakang pantat tidak bersentuhan lansung dengan toilet. Tidak hanya itu memakai toilet jongkok juga faktanya dapat mencegah berbagai keluhan seperti konstipasi juga wasir. Dan nyatanya ibu hamil yang sering menggunakan toilet jongkok akan lebih terbiasa saat jongkok ketika dalam proses persalinan. Tisdak hanya di sarankan saja nyatanya penggunaan toliet jongkok juga bermanfaat untuk mengurangi berbagai gangguan dan mengurangi sakit saat bersalin.

    Menggunakan kloset jongkok saat hamil nyatanya dapat melatih anda untuk terbiasa dengan posisi saat bersalin secara tidak langsung. Diketahui jongkok dapat melatih kelenturan hingga meningkatkan elastisitas jalan lahir diperkirakan 20 sampai 30% lebih levar. Disamping itu otot paha dan perut pun akan lebih kuat dan sangat membantu dalam proses persalinan nantinya.

    Ibu hamil yang menggunakan toilet jongkok tetaplah harus berhati-hati. Perhatikan langkah anda saat memasuki kamar kecil atau saat menginjak kloset jongkok pastikan kloset selalu kering agar tidak licin. Berikut ini beberapa tips menggunakan toilet jongkok bagi ibu hamil yang aman:

    • Untuk mengantisipasi tergelincir saat memakai toilet jongkok pastikan anda memakai alas kaki antiselip berbahan karet. Dan jangan lupa pastikan lantai toilet tetap kering untuk mencegah resiko terpeleset.
    • Pasang pegangan dekat kloset jongkok. Pegangan di dekat kloset jongkok akan sangat membantu ibu hamil yang hendak berdiri setelah buang air besar. Nyatanya penggunaan pegangan dekat kloset dapat menjaga keseimbangan tubuh ibu hamil.
    • Jangan terburu-buru pastikan anda memperhatikan langkah anda dengan hati-hati dan perlahan. Karena pada dasarnya ibu hamil sering mengalami pusing maka hindari melakukan pergerakan yang cepat cukup perlahan dan hati-hati.
    • Hindari mengejan terlalu sering dan keras karena hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kehamilan. Dan hindari untuk mengambil barang di luar jangkauan karena bisa meningkatkan resiko jatuh hingga menyebabkan tekanan keras pada perut yang bisa berbahaya bagi kehamilan.
    • Saat hendak jongkok pastikan kedua kaki anda stabil kemudian secara perlahan turunkan tubuh dan ingat pastikan posisi punggung tidak bengkok jaga agar posisi punggung tetap lurus.
    • Sebagai langkah antisipasi saat mati lampu pastikan lampu senter tersedia dekat kloset jongkok.

    Tentunya dengan menggunakan kloset jongkok anda akan mendapatkan beberapa manfaat bagi kehamilan. Pastikan selalu untuk menjaga kebersihan toilet agar terhindar dari berbagai kuman dan bakteri. Dan yang paling penting pastikan lantai toilet selalu kering untuk mencegah resiko tergelincir.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Mengatasi Stres Saat Hamil
    Bahaya Ibu Hamil Marah-marah Bagi Perkembangan Janin
    Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif
    Kumpulan Nama Bayi Perempuan Islami
    Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - April 12, 2017
    Diskusi Dari:
    Alwia

    Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

    Dijawab Oleh : Alwia
    Diskusi Dari:
    priscillaledoux

    Selamat pagi bu bidan, saya Dila usia 32 tahun. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Namun akhir-akhir ini saya cepat sekali merasa lelah bu bidan, tidak bersemangat dan pengennya tiduran terus. Ada tips ga bu bidan buat mengatasi rasa lelah saat hamil. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : priscillaledoux
    Diskusi Dari:
    ade

    Selamat sore. Saya adalah lulusan d3 kebidanan dan saat ini bekerja di salah satu rumah sakit swasta di Jawa Timur. Saya juga sangat tertarik dalam dunia media dan publikasi kesehatan. Apakah saya bisa menjadisalah satu kontributor Curhat Bidan? terimakasih

    Dijawab Oleh : ade
    Diskusi Dari:
    Putri Kintamani

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dini sulistyorini

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Dijawab Oleh : Dini sulistyorini