×

Mitos Atau Fakta Ibu Hamil Dilarang Mengonsumi Buah Nangka ?

Bagikan Artikel :

Mitos Atau Fakta Buah Nangka Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil

Buah nangka banyak digemari karena rasanya yang lezat. Tapi selain itu buah nangka juga memiliki banyak kandungan seperti asam folat, vitamin A, C, niasin, riboflavin, tiamin, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, seng, fosfor, serta vitamin dan mineral lainnya. Buah nangka juga rendah sodium, kolesterol, dan lemak jenuh.

Meskipun buah nangka memiliki kandungan gizi yang banyak, tetapi masih saja beberapa masyarakat beranggapan bahwa buah nangka dilarang untuk ibu hamil. Anggapan bahwa buah nangka tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan hanyalah mitos saja. Faktanya belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa buah nangka berbahaya untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Nangka Pada Ibu Hamil

1. Mengkonsumsi nangka dapat membantu ibu mengendalikan hormon kehamilan.

2. Mengonsumsi nangka saat hamil dapat mambantu ibu meningkatkan daya tahan tubuh ibu.

Related Posts :

    3. Mengkonsumsi nangka dapat membantu kecukupan kandungan vitamin A bagi tubuh ibu, yang dibutuhkan bagi perkembangan janin.

    4. Nangka memiliki kandungan lemak jenuh dan garam yang rendah, sehingga aman untuk ibu hamil konsumsi.

    5. Nangka kaya akan serat sehingga menghindari ibu hamil dalam konstipasi/sembelit.

    6. Magnesium yang terkandung di dalam buah nangka dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga hal ini sangat berguna untuk membantu dalam proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Manfaat kalsium bagi ibu hamil yang terkandung dalam buah nangka juga sangat bermanfaat untuk memperkuat kondisi tulang ibu dan pembentukan tulang bayi.

    7. Kalium pada buah nangka juga mampu membantu untuk menurunkan tekanan darah, sehingga mampu mengurangi ancaman terkena hipertensi dalam kehamilan.

    8. Mencegah anemia karena buah nangka mengandung zat besi yan gcukup tinggi. Selain itu buah nangka membantu memperlancar peredaran darah.

    9. Buah nangka mengandung antioksidan sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari virus maupun bakteri.

    10. Buah nangka dapat membantu dalam melawan radikal bebas dan juga menghambat regenerasi sel secara berlebih, hal ini didukung karena adanya kandungan anti-kanker dalam buah nangka.

    Batasi Konsumsi Buah Nangka Jika Memiliki Riwayat Maag

    Buah nangka adalah buah yang bergas tinggi. Konsumsi nangka dalam jumlah besar pada orang yang memiliki riwayat sakit maag bisa menyebabkan perut kembung, peningkatan asam lambung, maag kambuh, dll. Wanita hamil cenderung lebih mudah mengalami peningkatan asam lambung. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membatasi makanan yang bisa meningkatkan asam lambung termasuk nangka. Anda boleh saja mengkonsumsi buah nangka saat hamil asalkan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

    Segera Hubungi Dokter Jika Mengalami Keluhan Setelah Mengonsumi Buah Nangka

    Bila Anda tidak pernah mengalami keluhan apapun setelah mengkonsumsi nangka, maka tidak ada masalah bagi Anda untuk mengkonsumsi nangka saat hami. Namun, yang perlu dicermati adalah, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi nangka sekaligus dalam porsi besar. Dan juga, hindari konsumsi nangka saat perut Anda sedang terasa tidak nyaman, misalnya akibat peningkatan asam lambung saat hamil. Hal ini dikarenakan, konsumsi nangka secara berlebihan berpotensi memicu peningkatan asam lambung pada orang dengan sistem pencernaan yang sensitif. Apabila setelah makan nangka Anda mengalami keluhan perut kembung, perih, nyeri ulu hati, mual, atau keluhan lainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan agar diberikan penanganan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 29, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pilek Pada Anak yang Tak Kunjung Sembuh

  • Oleh : Isti Rahmawati
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan saya mau bertanya, anak saya usianya 1,5 tahun, dia sering sekali terkena pilek. Bahkan anak saya sering sekali ingusan yang membuatnya tidak nyaman karena mungkin sulit bernapas. Apakah hal ini wajar ?

    Sakit Gigi Disertai Pusing

  • Oleh : Ririn
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat Pagi….
    Dok saya mau bertanya, kan akhir akhir ini saya sering kali merasakan adanya masalah sakit pada bagian gigi ini, kemudian saya periksakan ke Dokter. Tapi setelah obatnya habis, ko tiba tiba kepala saya pusing ya? Terus tiba tiba seperti muncul memar gitu pada vbagian mata kiri saya, ini kira kira masalah kesehatan apa ya?

    Perbedaan Miom dan Kista Pada Wanita

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • kebidanan

  • Oleh : Rosita
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan saya kemarin menikah dan melakukan hub intim bersama suami saya tapi ga keluar darah. Katanya kalo ga keluar darah saat malam pertama ga perawan. Mohon penjelasanya

    Pentingkah Pemeriksaan TORCH Pada Ibu Hamil ?

  • Oleh : Sherly davies
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu Bidan nama saya Adinda Laras dan sekarang ini saya sedang hamil untuk yang pertama kali jadi perasaan antara khawatir, takut dan cemas dan senang bercampur. Apa saya perlu melakukan tes torch bu ? Tapi saya tidak memiliki riwayat pelihari kucing dan kehamilan saya juga baik – baik saja tapi tetap saja saya merasa takut. Menurut bu bidan saya harus bagaimana ?

    Tanya Bidan