Mitos Atau Fakta Ibu Hamil Dilarang Mengonsumi Buah Nangka ?

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Mitos Atau Fakta Buah Nangka Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil

    Buah nangka banyak digemari karena rasanya yang lezat. Tapi selain itu buah nangka juga memiliki banyak kandungan seperti asam folat, vitamin A, C, niasin, riboflavin, tiamin, kalium, magnesium, kalsium, zat besi, seng, fosfor, serta vitamin dan mineral lainnya. Buah nangka juga rendah sodium, kolesterol, dan lemak jenuh.

    Meskipun buah nangka memiliki kandungan gizi yang banyak, tetapi masih saja beberapa masyarakat beranggapan bahwa buah nangka dilarang untuk ibu hamil. Anggapan bahwa buah nangka tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan hanyalah mitos saja. Faktanya belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa buah nangka berbahaya untuk ibu hamil.

    Manfaat Buah Nangka Pada Ibu Hamil

    1. Mengkonsumsi nangka dapat membantu ibu mengendalikan hormon kehamilan.

    2. Mengonsumsi nangka saat hamil dapat mambantu ibu meningkatkan daya tahan tubuh ibu.

    3. Mengkonsumsi nangka dapat membantu kecukupan kandungan vitamin A bagi tubuh ibu, yang dibutuhkan bagi perkembangan janin.

    4. Nangka memiliki kandungan lemak jenuh dan garam yang rendah, sehingga aman untuk ibu hamil konsumsi.

    5. Nangka kaya akan serat sehingga menghindari ibu hamil dalam konstipasi/sembelit.

    6. Magnesium yang terkandung di dalam buah nangka dengan jumlah yang cukup banyak, sehingga hal ini sangat berguna untuk membantu dalam proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Manfaat kalsium bagi ibu hamil yang terkandung dalam buah nangka juga sangat bermanfaat untuk memperkuat kondisi tulang ibu dan pembentukan tulang bayi.

    7. Kalium pada buah nangka juga mampu membantu untuk menurunkan tekanan darah, sehingga mampu mengurangi ancaman terkena hipertensi dalam kehamilan.

    8. Mencegah anemia karena buah nangka mengandung zat besi yan gcukup tinggi. Selain itu buah nangka membantu memperlancar peredaran darah.

    9. Buah nangka mengandung antioksidan sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindar dari virus maupun bakteri.

    10. Buah nangka dapat membantu dalam melawan radikal bebas dan juga menghambat regenerasi sel secara berlebih, hal ini didukung karena adanya kandungan anti-kanker dalam buah nangka.

    Batasi Konsumsi Buah Nangka Jika Memiliki Riwayat Maag

    Buah nangka adalah buah yang bergas tinggi. Konsumsi nangka dalam jumlah besar pada orang yang memiliki riwayat sakit maag bisa menyebabkan perut kembung, peningkatan asam lambung, maag kambuh, dll. Wanita hamil cenderung lebih mudah mengalami peningkatan asam lambung. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membatasi makanan yang bisa meningkatkan asam lambung termasuk nangka. Anda boleh saja mengkonsumsi buah nangka saat hamil asalkan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

    Segera Hubungi Dokter Jika Mengalami Keluhan Setelah Mengonsumi Buah Nangka

    Bila Anda tidak pernah mengalami keluhan apapun setelah mengkonsumsi nangka, maka tidak ada masalah bagi Anda untuk mengkonsumsi nangka saat hami. Namun, yang perlu dicermati adalah, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi nangka sekaligus dalam porsi besar. Dan juga, hindari konsumsi nangka saat perut Anda sedang terasa tidak nyaman, misalnya akibat peningkatan asam lambung saat hamil. Hal ini dikarenakan, konsumsi nangka secara berlebihan berpotensi memicu peningkatan asam lambung pada orang dengan sistem pencernaan yang sensitif. Apabila setelah makan nangka Anda mengalami keluhan perut kembung, perih, nyeri ulu hati, mual, atau keluhan lainnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan agar diberikan penanganan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 29, 2018
    Diskusi Dari:
    Sheila Marwah

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya gimaana sih cara mengatasi mata lelah karena sering di depan komputer? apa perlu saya memakai kacamata? tolong di jawab yah bu bidan, terimakasih:)

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    zane65n04843

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Dijawab Oleh : zane65n04843
    Diskusi Dari:
    Nelly Tampubolon

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Dijawab Oleh : Nelly Tampubolon
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Ramadhan

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    Dijawab Oleh : Ramadhan