×

Rekomendasi Vitamin Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Rekomendasi Vitamin Untuk Ibu Hamil

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat kehamilan, selain makanan yang bergizi perlu juga mengonsumsi vitamin tambahan. Perlunya mengonsumsi vitamin saat hamil karena bisa mengurangi beberapa resiko pada ibu hamil seperti anemia, BBLR dan yang lainnya.

Jadi mengonsumsi vitamin saat hamil ini penting ya, untuk memenuhi kebutuhan gizi yang meningkat apalagi di negara berkembang ini. Vitamin untuk ibu hamil pun beragam jenisnya. Rata-rata memiliki kandungan asam folat dan mineral lainnya yang tentu baik untuk perkembangan janin.

Jadi apa vitamin yang bagus untuk ibu hamil dan janin? Ada beberapa rekomendasi vitamin untuk ibu hamil, simak di bawah ini ya Bun!

Related Posts :

    Rekomendasi Vitamin Untuk Ibu Hamil

    1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
      Vitamin Blackmores untuk ibu hamil ini, memiliki kandungan B6, asam folat, iodium, zat besi, kalsium, dan DHA (docosahexaenoic acid) yang mampu membantu perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan.
      Selain baik untuk kesehatan, suplemen vitamin ini juga dilengkapi dengan minyak ikan yang penting untuk mengoptimalkan kecerdasan janin di dalam kandungan.
      Blackmores Pregnancy dan Breastfeeding tidak menyebabkan mual dan gangguan pencernaan sehingga aman jika rutin dikonsumsi.
    2. Osfit DHA
      Osfit DHA adalah salah satu suplemen vitamin yang bagus dikonsumsi pada awal-awal kehamilan.
      Kandungan vitamin D3, kalsium, dan minyak ikan tuna yang ada di dalamnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh selama masa kehamilan. Serta, terdapat kandungan DHA dan EPA yang mampu meningkatkan perkembangan otak janin di dalam perut.
      Osfit DHA dapat dikonsumsi 1-2 kapsul per hari. Usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya ya, FarmaFriends.
    3. Promavit
      Merek vitamin untuk ibu hamil selanjutnya adalah Promavit. Suplemen multivitamin ini tidak hanya diperuntukan bagi ibu hamil, melainkan juga ibu menyusui.
      Pada ibu hamil, multivitamin ini berfungsi mendukung pertumbuhan janin agar lebih optimal karena mengandung DHA, EPA, Omega-3, asam folat dan mineral. Sementara pada ibu menyusui, dapat membantu memenuhi beberapa vitamin harian yang dibutuhkan agar produksi ASI lancar.
      Penggunaan multivitamin ini tidak memerlukan resep dokter, tapi tetap perlu mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau sesuai anjuran dokter.
    4. Prolacta Mother
      Selama masa kehamilan dan menyusui, asupan Omega-3 EPA dan DHA dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak, mata, dan sistem saraf janin agar tetap sehat.
      Prolacta Mother merupakan vitamin yang dilengkapi kandungan minyak ikan, DHA, EPA, serta vitamin E. Sehingga tidak heran jika Prolacta Mother menjadi salah satu vitamin ibu hamil yang sering direkomendasikan karena memiliki beragam manfaat.
      Suplemen vitamin ini dapat dikonsumsi sesudah makan 1 kali sehari, 1 kapsul. Demi menjaga keadaan dan kesehatan janin sebaiknya tetap konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen vitamin ini.
    5. Folamil Genio
      Vitamin untuk ibu hamil berguna untuk membantu memenuhi asupan nutrisi ibu maupun janin.
      Folamil Genio dengan kandungan lengkapnya dapat mendukung kesehatan ibu hamil selama kehamilan hingga buah hati lahir ke dunia dengan sempurna.
      DHA dan asam folat yang terkandung di dalamnya baik untuk perkembangan otak janin. Diperkaya dengan vitamin D yang diperlukan tubuh ibu agar terhindar dari risiko osteoporosis.
    6. Nature’s Plus Prenatal Complex
      Natures Plus Prenatal Complex mengandung yodium yang mampu menurunkan risiko keguguran, gangguan pertumbuhan, gangguan mental, hingga gangguan pada pendengaran.
      Selain yodium, vitamin ini juga mengandung mineral lain yang menyehatkan seperti asam folat, kalsium, vitamin A, C, D, dan E.
      Natures Plus Prenatal Complex dirancang secara khusus untuk wanita hamil dan menyusui.
    7. Neurodex
      Neurodex adalah suplemen yang berisi vitamin B1, B6, dan B12 yang memiliki fungsi utama mengatasi masalah pada sistem saraf.
      Pada ibu hamil, suplemen ini juga dapat digunakan untuk mengatasi anemia dan mengurangi frekuensi muntah yang umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan.
      Perlu diperhatikan, suplemen ini tidak untuk dikonsumsi oleh pasien yang hipersensitif terhadap salah satu komposisi Neurodex.
    8. Elkana
      Ibu hamil mungkin tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian dari makanan sehari-hari, padahal segala asupan nutrisi diperlukan ibu hamil untuk membantu perkembangan janin dengan normal dan sehat.
      Untuk memenuhi asupan nutrisi yang belum terpenuhi, wanita hamil bisa mengonsumsi vitamin tambahan seperti Elkana sebagai alternatif. Suplemen Elkana kaya akan vitamin B6, B12, vitamin D3 dan mineral. Sehingga tidak hanya menjadi suplemen penambah nafsu makan, tetapi juga berperan dalam pertumbuhan otot dan tulang janin.
      Jika ada reaksi, beberapa efek samping yang mungkin saja muncul setelah mengonsumsi suplemen ini yakni mual, muntah, atau gangguan pencernaan. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan Anda.
    9. Folavit
      Folavit adalah suplemen yang dibutuhkan bagi wanita hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Suplemen ini dapat memelihara kesehatan ibu dan janin, menunjang perkembangan janin, serta mencegah defisiensi (kekurangan) asam folat. Pada beberapa kondisi, Folavit juga bermanfaat untuk mencegah keguguran dan cacat lahir.
    10. Vitabiotics Pregnacare Plus
      Vitabiotics Pregnancare dikembangakan khusus untuk calon ibu sehingga dapat menjaga asupan makanan tambahan mereka. Produk ini menyediakan dukungan nutrisi komprehensif dengan 19 nutrisi dan Omega-3 DHA.
      Multivitamin ini bermanfaat untuk perkembangan otak dan mata janin. Kandungan minyak ikan dengan kemurnian tinggi di dalamnya telah disertifikasi oleh Friend of the Sea.
      Vitabiotics Pregnacare Plus diformulasikan oleh para ahli sehingga semua bahan yang digunakan aman untuk kehamilan dan teruji efektif memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Hindari mengonsumsi produk ini dalam keadaan perut kosong.
      Nah, itulah 10 vitamin ibu hamil yang direkomendasikan untuk Anda selama masa kehamilan. Pastikan untuk memperhatikan izin edar, komposisi, maupun aturan pakai yang tertera pada kemasan.
      Konsultasikan pada dokter sebelum mulai mengonsumsi vitamin untuk mengetahui jenis suplemen yang benar-benar dibutuhkan oleh Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 22, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tentang haid

  • Oleh : Putri Amelia
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Aku umur 11 thn aku udh dapet haid saat aku haid pertama kalinya itu lancar dan banyak darahnya, lalu setelah haid berikutnya hanya muncul percikan darah sedikit. Bulan seterusnya aku ga dapet lagi, 4 bulan ga datang bulan apapenyebab nya yah???

  • Oleh : Putri Amelia
  • Mengatasi lelah saat hamil

  • Oleh : priscillaledoux
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya Dila usia 32 tahun. Saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Namun akhir-akhir ini saya cepat sekali merasa lelah bu bidan, tidak bersemangat dan pengennya tiduran terus. Ada tips ga bu bidan buat mengatasi rasa lelah saat hamil. Mohon jawabannya

    Menggunakan kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan ,
    Saya dengan Ainy , saya ingin menanyakan masalh kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • Haid

  • Oleh : Baim Pia
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mahu tahu kenapa bulan ni Sya inda datang bulan,pada bulan seterusnya Sya DTG flek coklat sja

  • Oleh : Baim Pia
  • Nyeri Sendi kaku dan bengkak saat hamil

  • Oleh : Aryanto Id
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

    Tanya Bidan