×

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Saat masa kehamilan, Anda harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan kesehatan bayi yang dikandung, karena kesehatan janin yang dikandung dipengaruhi oleh kesehatan ibu. Selain itu, asupan makanan ibu juga mesti diperhatikan kandungan gizinya.

Salah satu vitamin atau zat gizi yang perlu diperhatikan selama kehamilan diantaranya yaitu vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi ibu dan janin selama dalam kandungan. Selain itu, berikut ini ulasan artikel kesehatan mengenai pentingnya asupan vitamin B kompleks saat masa kehamilan.

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Produksi energi dalam tubuh
Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan kebutuhan energi tersebut dibagi-bagi dengan janin yang ia kandung. Maka dari itu, konsumsi makanan bervitamin B kompleks sangat cocok diberikan saat hamil untuk menambah energi. Karena, vitamin B kompleks dalam tubuh akan bekerja mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa inilah yang nantinya akan menghasilkan energi didalam tubuh.

Menurunkan risiko bayi cacat lahir
Vitamin B kompleks dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat, terutama yaitu fungsi dari vitamin B9 atau asam folat. Maka dari itu, ibu yang tengah hamil sebaiknya perbanyak asupan makanan bervitamin B kompleks, supaya kebutuhan vitamin B kompleks tersebut dapat terpenuhi dengan cukup.

Mengoptimalkan pertumbuhan janin
Janin yang tumbuh dengan baik akan melahirkan bayi yang sehat dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik pula. Maka dari itu, bagi ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi asupan makanan bervitamin B kompleks dengan cukup dan rutin.

Mengatasi masalah kolesterol
Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa kesehatan ibu bisa mempengaruhi kesehatan janin pula. Maka dari itu, untuk mencegah kolesterol naik pada ibu sebaiknya ibu seringlah mengonsumsi makanan bervitamin B kompleks untuk menyeimbangkan kolesterol didalam tubuh.

Related Posts :

    Meningkatkan sistem imun
    Sistem kekebalan tubuh ibu hamil perlu lebih tinggi karena ibu yang sedang hamil lebih rentan terkena penyakit. Dengan mengkonsumsi vitamin b kompleks maka akan meningkatkan sistem imun ibu yang sedang hamil sehingga tidak mudah terserang penyakit dan calon bayi kesehatannya tetap terlindungi dengan baik.

    Menjaga kerja sistem pencernaan
    Vitamin B kompleks memiliki sifat larut dalam air sehingga akan membantu melancarkan kerja sistem pencernaan didalam tubuh. Vitamin B kompleks juga bekerja lebih aktif dalam hal melancarkan sistem pencernaan diantaranya yaitu vitamin B1, B2, B3 dan B6. Jika ibu hamil mengalami gangguan sistem pencernaan maka akan mengganggu kesehatan ibu atau pun yang ada dalam kandungan.

    Meningkatkan memori dan konsentrasi otak
    Vitamin B kompleks yang bekerja dalam fungsi ini diantaranya vitamin B6, B9 serta B12. Hal ini sangat baik juga untuk ibu yang sedang hamil sehingga akan semakin meningkatkan kesehatan janin serta ibu.

    Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku
    Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Jika kesehatan ibu hamil baik dan terjaga sehingga ibu juga bisa lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa lahir dengan lebih sehat.

    Menjaga sistem saraf dalam tubuh

    Sistem saraf adalah hal yang berhubungan dengan otak dan jiwa. Jika sistem saraf sampai menyerang organ-organ penting dalam tubuh maka dapat berbahaya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi asupan vitamin B kompleks maka Anda dapat terhindar dari gangguan sistem saraf dalam tubuh dan menjaga sistem saraf tetap bekerja dengan baik. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil karena berhubungan dengan janin yang dikandungnya. Karena, jika sistem saraf ibu terganggu maka kesehatan janin pun ikut terganggu.

    Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi selama masa kehamilan. Jika Anda berniat untuk berkonsultasi pada curhat bidan. Silahkan berkomentar disini yah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Program Hamil

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok. Saya sudah menikah kurang lebih 2 tahunan. Sampai saat ini saya belum hamil juga. Memang dulu saya sempat merasakan haid yang tidak biasanya saya rasakan. Saat ini, saya sedang bekerja di pabrik dan meraskan haid yang tidak biasanya saya rasakan yang membuat saya lemas dan bahkan mengeluarkan gumpalan darah sebesar ati aya. Yang saya mau tanyakan itu berpengaruh tidak dengan masalah kehamilan? soalnya sampai sekarang saya belum hamil juga, padahal sami saya sudah ingin segera memiliki keturunan

    Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    Hamil

  • Oleh : reagantozier95
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    saya melakukan onani, kemudian saya mandi, ganti baju memakai sepatu lalu berkendara 15 menit kemudian tangan kanan saya jari telunjuk dan tengah menyentuh bagian atas vagina istri saya dan istri saya baru haid dapat 3 hari apakah bisa hamil ?

    Ingin hamil lagi

  • Oleh : Erna Manurung
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Gini buk bidan, saya habis melahirkan sekitar bulan 12 kemarin, tapi anak saya meninggal begitu lahir, dan saya belum mendapat haid sampai saat ini, tapi saya sudah berhubungan sama suami saya sekitar 2 minggu yang lalu dan rutin karna memang kami tidak menunda untuk kehamilan selanjut nya tapi sekarang saya merasakan sakit perut dibagian bawah, saya bingung ini gejala tanda kehamilan atau mau PMS y buk bidan,? Soal ny sudah saya tespek hasil nya negatif tapi sakit perut nya sudah berlangsung beberapa hari ini dan tidak ada keluar darah yang ada keluar keputihan terus menerus dan bagaimana cara agar bisa cepat hamil lagi sebelum datang haid setelah melahirkan?

    Vagina

  • Oleh : opit nobita
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya, belakangan ini saya sering sekali mengalami seperti keputihan.. Dari vagina saya itu keluar cairan encer putih seperti susu.. Maaf dok saya penasaran kira* itu apa ya? Saya sudah menikah sekitar 9bulanan dan skrg sedang menjalani promil sendiri

    Terima kasih dok

    Tanya Bidan