×

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Saat masa kehamilan, Anda harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan kesehatan bayi yang dikandung, karena kesehatan janin yang dikandung dipengaruhi oleh kesehatan ibu. Selain itu, asupan makanan ibu juga mesti diperhatikan kandungan gizinya.

Salah satu vitamin atau zat gizi yang perlu diperhatikan selama kehamilan diantaranya yaitu vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi ibu dan janin selama dalam kandungan. Selain itu, berikut ini ulasan artikel kesehatan mengenai pentingnya asupan vitamin B kompleks saat masa kehamilan.

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Produksi energi dalam tubuh
Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan kebutuhan energi tersebut dibagi-bagi dengan janin yang ia kandung. Maka dari itu, konsumsi makanan bervitamin B kompleks sangat cocok diberikan saat hamil untuk menambah energi. Karena, vitamin B kompleks dalam tubuh akan bekerja mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa inilah yang nantinya akan menghasilkan energi didalam tubuh.

Menurunkan risiko bayi cacat lahir
Vitamin B kompleks dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat, terutama yaitu fungsi dari vitamin B9 atau asam folat. Maka dari itu, ibu yang tengah hamil sebaiknya perbanyak asupan makanan bervitamin B kompleks, supaya kebutuhan vitamin B kompleks tersebut dapat terpenuhi dengan cukup.

Mengoptimalkan pertumbuhan janin
Janin yang tumbuh dengan baik akan melahirkan bayi yang sehat dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik pula. Maka dari itu, bagi ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi asupan makanan bervitamin B kompleks dengan cukup dan rutin.

Mengatasi masalah kolesterol
Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa kesehatan ibu bisa mempengaruhi kesehatan janin pula. Maka dari itu, untuk mencegah kolesterol naik pada ibu sebaiknya ibu seringlah mengonsumsi makanan bervitamin B kompleks untuk menyeimbangkan kolesterol didalam tubuh.

Meningkatkan sistem imun
Sistem kekebalan tubuh ibu hamil perlu lebih tinggi karena ibu yang sedang hamil lebih rentan terkena penyakit. Dengan mengkonsumsi vitamin b kompleks maka akan meningkatkan sistem imun ibu yang sedang hamil sehingga tidak mudah terserang penyakit dan calon bayi kesehatannya tetap terlindungi dengan baik.

Menjaga kerja sistem pencernaan
Vitamin B kompleks memiliki sifat larut dalam air sehingga akan membantu melancarkan kerja sistem pencernaan didalam tubuh. Vitamin B kompleks juga bekerja lebih aktif dalam hal melancarkan sistem pencernaan diantaranya yaitu vitamin B1, B2, B3 dan B6. Jika ibu hamil mengalami gangguan sistem pencernaan maka akan mengganggu kesehatan ibu atau pun yang ada dalam kandungan.

Meningkatkan memori dan konsentrasi otak
Vitamin B kompleks yang bekerja dalam fungsi ini diantaranya vitamin B6, B9 serta B12. Hal ini sangat baik juga untuk ibu yang sedang hamil sehingga akan semakin meningkatkan kesehatan janin serta ibu.

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku
Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Jika kesehatan ibu hamil baik dan terjaga sehingga ibu juga bisa lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa lahir dengan lebih sehat.

Menjaga sistem saraf dalam tubuh

Sistem saraf adalah hal yang berhubungan dengan otak dan jiwa. Jika sistem saraf sampai menyerang organ-organ penting dalam tubuh maka dapat berbahaya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi asupan vitamin B kompleks maka Anda dapat terhindar dari gangguan sistem saraf dalam tubuh dan menjaga sistem saraf tetap bekerja dengan baik. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil karena berhubungan dengan janin yang dikandungnya. Karena, jika sistem saraf ibu terganggu maka kesehatan janin pun ikut terganggu.

Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi selama masa kehamilan. Jika Anda berniat untuk berkonsultasi pada curhat bidan. Silahkan berkomentar disini yah.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    kehamilan

  • Oleh : Gek Anik
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    selamat siang,
    saya dwik ingin menanyakan dulu saya kista,sekarang kista saya di nyatakan layu
    terus saya berhubungan badan karna saya menginginkan kehamilan,
    apakah mungkin bisa jadi kehamilan bila kista sudah layu
    mohon di bantu infonya,,
    terima kasih

    Bolehkah ibu yang sedang hamil dipijat?

  • Oleh : Alesha Zahra
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Istri saya tengah mengandung usia 7 bulan, dan dia sering mengeluh pegal-pegal dibagian leher, kaki dan tangan, sehingga dia selalu minta untuk dipijat. Apakah boleh ibu hamil dipijat?

    Apa boleh makan bebek goreng

  • Oleh : Alvino Dinova
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Mau nanya apa boleh makan bebek goreng setelah sunat

    Apa Obat Nyeri Tulang Belikat Kanan untuk Ibu Menyusui

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saya seorang ibu menyusui dan saat ini saya sering mengeluh nyeri tulang belikat sebelah kanan ketika mengambil napas dalam-dalam. Dan akhir-akhir ini kebetulan saya juga memiliki masalah pada lambung. Apakah nyeri tulang belikat tersebut disebabkan karena masalah lambung? Dan apa obat yang aman untuk ibu menyusui saat ini?

    Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan