×

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Saat masa kehamilan, Anda harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh dan kesehatan bayi yang dikandung, karena kesehatan janin yang dikandung dipengaruhi oleh kesehatan ibu. Selain itu, asupan makanan ibu juga mesti diperhatikan kandungan gizinya.

Related Posts :

    Salah satu vitamin atau zat gizi yang perlu diperhatikan selama kehamilan diantaranya yaitu vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi ibu dan janin selama dalam kandungan. Selain itu, berikut ini ulasan artikel kesehatan mengenai pentingnya asupan vitamin B kompleks saat masa kehamilan.

    Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks Saat Masa Kehamilan

    Produksi energi dalam tubuh
    Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih besar dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan kebutuhan energi tersebut dibagi-bagi dengan janin yang ia kandung. Maka dari itu, konsumsi makanan bervitamin B kompleks sangat cocok diberikan saat hamil untuk menambah energi. Karena, vitamin B kompleks dalam tubuh akan bekerja mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa inilah yang nantinya akan menghasilkan energi didalam tubuh.

    Menurunkan risiko bayi cacat lahir
    Vitamin B kompleks dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat, terutama yaitu fungsi dari vitamin B9 atau asam folat. Maka dari itu, ibu yang tengah hamil sebaiknya perbanyak asupan makanan bervitamin B kompleks, supaya kebutuhan vitamin B kompleks tersebut dapat terpenuhi dengan cukup.

    Mengoptimalkan pertumbuhan janin
    Janin yang tumbuh dengan baik akan melahirkan bayi yang sehat dan memiliki tingkat kecerdasan yang baik pula. Maka dari itu, bagi ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengonsumsi asupan makanan bervitamin B kompleks dengan cukup dan rutin.

    Mengatasi masalah kolesterol
    Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa kesehatan ibu bisa mempengaruhi kesehatan janin pula. Maka dari itu, untuk mencegah kolesterol naik pada ibu sebaiknya ibu seringlah mengonsumsi makanan bervitamin B kompleks untuk menyeimbangkan kolesterol didalam tubuh.

    Meningkatkan sistem imun
    Sistem kekebalan tubuh ibu hamil perlu lebih tinggi karena ibu yang sedang hamil lebih rentan terkena penyakit. Dengan mengkonsumsi vitamin b kompleks maka akan meningkatkan sistem imun ibu yang sedang hamil sehingga tidak mudah terserang penyakit dan calon bayi kesehatannya tetap terlindungi dengan baik.

    Menjaga kerja sistem pencernaan
    Vitamin B kompleks memiliki sifat larut dalam air sehingga akan membantu melancarkan kerja sistem pencernaan didalam tubuh. Vitamin B kompleks juga bekerja lebih aktif dalam hal melancarkan sistem pencernaan diantaranya yaitu vitamin B1, B2, B3 dan B6. Jika ibu hamil mengalami gangguan sistem pencernaan maka akan mengganggu kesehatan ibu atau pun yang ada dalam kandungan.

    Meningkatkan memori dan konsentrasi otak
    Vitamin B kompleks yang bekerja dalam fungsi ini diantaranya vitamin B6, B9 serta B12. Hal ini sangat baik juga untuk ibu yang sedang hamil sehingga akan semakin meningkatkan kesehatan janin serta ibu.

    Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku
    Vitamin B kompleks dapat membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Jika kesehatan ibu hamil baik dan terjaga sehingga ibu juga bisa lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa lahir dengan lebih sehat.

    Menjaga sistem saraf dalam tubuh

    Sistem saraf adalah hal yang berhubungan dengan otak dan jiwa. Jika sistem saraf sampai menyerang organ-organ penting dalam tubuh maka dapat berbahaya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi asupan vitamin B kompleks maka Anda dapat terhindar dari gangguan sistem saraf dalam tubuh dan menjaga sistem saraf tetap bekerja dengan baik. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil karena berhubungan dengan janin yang dikandungnya. Karena, jika sistem saraf ibu terganggu maka kesehatan janin pun ikut terganggu.

    Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi selama masa kehamilan. Jika Anda berniat untuk berkonsultasi pada curhat bidan. Silahkan berkomentar disini yah.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 17, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    hamil 1 bulan

  • Oleh : Chiika Jocom
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    dok saya mau tanya bulan lalu juni tanggal 13 saya berhubungan dan sempat turun haid tanggal 20an dan bulan juli ini saya tidak haid sudah di taspack hasil nya positif, apakah saya hamil karena berhubungan tanggal 13 bulan juni atau ?

  • Oleh : Chiika Jocom
  • Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Menggunakan kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • 1 tahun yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan ,
    Saya dengan Ainy , saya ingin menanyakan masalh kb suntik 1 bulan

  • Oleh : Fachriani Ainy
  • Menstruasi

  • Oleh : Ericka Putri
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    bu bidan, saya mau tanya tntg menstruasi. yg dimaksud siklus 27 hari, siklus 30 hari itu gimana ya bu bidan? saya blm paham.

    Tanya Bidan