×

Ini Hal Yang Disuka Bayi Dalam Kandungan

Bagikan Artikel :

Ini Hal Yang Disuka Bayi Dalam Kandungan

Kesehatan dan kecerdasan bayi dimulai dari saat di dalam kandungan. Sehingga tidak jarang para ayah menuruti semua keinginan/ngidam istrinya yang sedang hamil. Karena kebahagiaan ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan, kebahagiaan dan kecerdasan janinnya. Kok bisa ya?

Pasalnya ikatan antara ibu dan bayi secara alami sudah terjalin sejak bayi masih dalam kandungan. Menurut studi ilmu psikologi, janin dapat merasakan keadaan psikologis ibu. Oleh sebab itu, jadilah ibu hamil yang bahagia maka janin juga ikut bahagia. Dan inilah 8 hal yang paling disukai janin di dalam kandungan. Simak di bawah ini ya!

Related Posts :

    Hal Yang Membuat Bayi Dalam Kandungan Bahagia

    1. Makanan manis
      Janin mulai membedakan rasa pada minggu 13-15 kehamilan. Cairan ketuban rasanya seperti makanan yang kamu makan. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengonsumsi makanan sehat dan disukai janin. Nah, ternyata janin sangat menyukai makanan yang cenderung manis karena bayi juga suka ASI.
    2. Mandi air hangat
      Ketika janin sudah cukup besar, mereka bisa merasakan perubahan suhu. Mandi air hangat akan membuat mereka merasa nyaman dan tenang. Suara air yang mengalir juga dapat meningkatkan kesehatan janin. Tuangkan air hangat ke perut dan rasakan reaksi si janin.
    3. Perut dielus
      Reseptor sentuhan janin mulai berkembang sekitar minggu ke-8 dan sekitar minggu ke-20 janin cukup besar untuk merasakan sentuhan dari luar. Selama masa ini, janin dapat menikmati elusan lembut di perut. Jadi untuk para ayah, jangan lupa elus perut istri saat hamil ya. Ini adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan antara ayah dan anak.
    4. Mendengarkan suara ibunya
      Pada minggu ke-25 sampai 26, janin mulai bisa menanggapi suara dari luar rahim. Suaramu adalah suara yang paling jelas mereka dengar sehingga janin akan belajar mengenalinya. Suaramu juga akan memberikan kenyamanan pada mereka dan membuktikan bahwa semuanya baik-baik saja.
      Cara paling efektif untuk mengembangkan hubungan dan membuat janin terbiasa dengan suara kamu adalah dengan membaca atau berbicara dengan suara keras. Suara anggota keluarga lain, terutama ayah juga perlu mereka dengar.
    5. Mendengarkan musik
      Mendengar musik selama kehamilan memberikan beberapa manfaat. Untuk ibu, musik akan menghasilkan hormon serotonin yang mempromosikan pelepasan endorfin atau hormon bahagia. Endorfin ini lantas akan ditransfer ke janin sehingga mereka juga ikut merasakan bahagia.
    6. Olahraga teratur
      Kunci untuk memilih latihan yang tepat untuk kehamilan adalah harus aman dan disetujui dokter. Latihan kardio adalah jenis olahraga terbaik yang disarankan. Jantung bayi berkembang lebih baik dan lebih kuat jika ibu mereka secara teratur berolahraga. Latihan kardio juga membuat denyut jantung lebih lambat dan itu bagus karena detak jantung yang cepat menyebabkan gangguan janin.
    7. Waktu istirahat
      Waktu istirahatmu adalah kebahagiaan untuk janin. Saat istirahat tidur, janin akan sibuk melakukan gerakan baru di dalam perut. Karena kamu tidak beraktivitas, mereka tidak akan terganggu.
    8. Ibu tertawa
      Ultrasound telah menemukan bahwa janin akan bergerak ke atas dan ke bawah saat kamu tertawa. Hormon kebahagiaan yang kamu lepaskan ternyata juga ikut dirasakan janin di perut. Semakin kamu bahagia, semakin sehat dan bahagia pula janin di dalam kandungan. Jadi selama hamil, ciptakan kebahagiaan sebanyak mungkin dengan melakukan hal-hal yang disukai janin ya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 15, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    cara menjaga kehamilan

  • Oleh : nana sutyana
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    bu bidan, bagaimana cara menjaga kehamilan supaya baik dan tetap sehat hingga tiba waktu kelahiran?

    pengen cepat hamil

  • Oleh : albertag59
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

    Alat kelamin

  • Oleh : Hero Putra
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo dok saya mau tanya saya sehari bisa buang air kecil 10 kali lebih dan setelah buang air kecil kaya ada yang menetes seperti air kencing tapi agak kental dikit terus setelah saya basuh rasanya kemaluan saya dingin dan ingin buang air kencing lagi bisa sampai 5 kali terus di ujung kemaluan saya mulutnya bengkak dok.dan waktu tidur entah itu malam atau siang keluar caira seperti mani tapi berwarna putih kental waktu keluarnya kemaluan tegang dok.lalu di ujung kemaluan kaya ada airnyaterus ggitu dok..mohon dibantu dok sekian terimakasih. Wasalamuala’ikum WR.WB

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Cara Mencegah Virus Zika

  • Oleh : Hasya
  • 5 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

  • Oleh : Hasya
  • Tanya Bidan