×

Atasi Vagina Yang Terasa Longgar Dan Nyeri Saat Melakukah Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Bagikan Artikel :

Atasi Vagina Yang Terasa Longgar Dan Nyeri Saat Melakukah Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Vagina yang longgar setelah melahirkan sering menjadi keluhan wanita dalam melakukan hubungan seksual. Selain itu vagina kering dan gejala nyeri ketika bersenggama menjadi kendala bagi wanita sehingga enggan untuk melakukanya. Setelah melahirkan vagina akan terlihat lebih lebar dari sebelumnya dan akan terasa lebih kendur, longgar, halus dan terbuka. Hal ini normal dan akan berkurang beberapa hari setelah bayi lahir.

Selain terasa longgar, rasa nyeri yang dialami wanita saat melakukan hubungan seksual   setelah melahirkan yaitu akibat luka jahitan dan vagina yang kering. Kekeringan pada vagina ini disebabkan oleh penurunan hormon estrogen pada tubuh dibandingkan saat hamil. Pada wanita yang menyusui, kadar estrogen akan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak meyusui, sehingga kekeringan akan lebih terasa. Ketika Anda sudah berhenti menyusui dan siklus menstruasi Anda kembali normal, maka kekeringan vagina biasanya tidak akan dialami lagi.

Related Posts :

    Kekeringan pada vagina akan menyebabkan rasa nyeri ketika bersenggama, sehingga wanita biasanya menunda-nunda untuk memulai hubungan seksual. Padahal tidak ada waktu yang tepat atau tidak tepat untuk kembali memulai hubungan seks. Hubungan seksual bisa dimulai kapan saja. Jika Anda merasakan nyeri saat berhubungan seks karena vagina yang kering, Anda dapat membantu dengan menggunakan lubrikan. Nyeri pada area vagina umum dialami setelah melahirkan dan biasanya akan membaik 6-12 minggu setelah melahirkan.

    Vagina Kendor Akibat Robekan yang Tidak di Jahit

    Beda hal jika vagina kendor akibat robekan yang tidak di jahit. Hal ini terjadi akibat persalinan yang dilakukan bukan oleh tenaga kesehatan seperti dukun beranak.  Jika persalinan dilakukan oleh tenaga kesehatan, maka setiap robekan atau bekas episiotomi akan dilakukan penjahitan untuk menyatukan jaringan yang putus. Oleh karena itu robekan yang tidak dijahit sebagian besar akan membuat vagina menjadi longgar dan tidak akan mengencang kecuali dilakukan operasi vaginoplasty.

    Cara Mengatasi Vagina Kendor Setelah Melahirkan

    Keluhan vagina terasa longgar sebetulnya selain karena otot vagina yang meregang, juga karena otot dasar panggul menurun kekuatannya (melemah). Ada beberapa hal untuk mengencangkanvagina dan otot panggul yaitu :
    1. Senam kegel.
    2. Fisioterapi dengan vaginal cone.
    3. Stimulasi listrik (NMES – neuromuscular electrical stimulation)
    4. Tindakan operatif, seperti vaginoplasty (perbaikan otot, hampir seperti bedah kosmetik).

    Faktor yang Mempengaruhi Pulihnya Otot Vagina

    Otot vagina yang merenggang pasca persalinan umumnya akan merapat kembali beberapa hari setelah bayi lahir. Namun kondisinya belum tentu sama seperti saat sebelum persalinan. Hal ini bergantung pada beberapa hal, seperti ukuran dan jumlah bayi yang telah lahir sebelumnya, faktor genetik, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk mengejan, apakah Anda memiliki persalinan yang dibantu forcep dan apakah Anda melakukan olahraga secara teratur, misalnya melakukan senam kegel dan lain-lain.

    Vagina Bersifat Elastis

    Vagina memang diciptakan bersifat elastis dan dapat meregang karena selain untuk mengakomodasi penis pada saat hubungan seksual, juga untuk mengakomodasi keluarnya bayi pada saat persalinan. Setelah persalinan, sebetulnya vagina seperti otot yang akan mengencang kembali, tapi tentunya tidak akan kembali persis seperti pada saat anda masih perawan.
    Keelastisan vagina ini dapat teregang hingga 10cm lebih lebar untuk memungkinkan bayi Anda lewat dan kemudian kembali mengerut dengan sendirinya. Vagina akan lebih cepat mengerut jika Anda sering melakukan mobilisasi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Warna seperma kuning dan ejakulasi dini

  • Oleh : Saepudin
  • 3 bulan, 1 minggu yang lalu

    Maaf dok mau tanya saya udah lama mengalami warna sperma kuning itu kurang lebih setengah taun awalnya sih gk curiga cuma kesini kesini jadi kepikiran karena keseringan mengalaminya … Untuk cara mengatasinya gimana mohon kasih saran dok mau itu dengan obat atau konsultasi dulu agar lebih terperinci agar tau awalnya datang dari mana ,, makasih dok di tunggu bls’an nya

  • Oleh : Saepudin
  • Nyeri saat buang ari kecil

  • Oleh : Iszmy Mukhayarin
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit saat buang air kecil seperti tersendat-sendat kira2 itu penyakit apa ya bu? mohon penjelasannya trims

    Penggunaan test pack

  • Oleh : Julia Sarah
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    Apa penggunaan testpack jika posisi miring dan melebihi batas maximal bisa tidak akurat?

    menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Peggy Shintya
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Hallo dok, perkenalkan nama saya peggy.usia saya 22 tahun.saya mengalami menstruasi yang tidak lancar.saya tidak menstruasi paling lama selama 6 bulan. sekarang sayang sudah tidak menstruasi selama 4 bulan.saya ingin menanyakan apa itu bahaya atau tidak?dan apa yang saya harus lakukan.sedang kan saya lihat dan baca info di media internet selalu yang sudah menikah.sedangkan saya belum menikah.terima kasih

    Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Tanya Bidan