×

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Inilah Bahaya Minuman Bersoda Jika Di Konsumsi Ibu HamilBidan Online,-
Pada masa kehamilan tentunya asupan makanan yang di konsumsi ibu akan
sangat berdampak pada janin. Makanan atau minuman yang di konsumsi ibu
hamil menjadi aspek penting yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan
dan perkembangan janin. Maka tidak heran bukan saat hamil calon ibu
sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi baik
itu sayuran, buah-bauahn, lauk pauk, hingga makanan lainnya yang
memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Namun apakah semua ibu hamil mengikuti anjuran tersebut? Memang tidak
sedikit ibu hamil yang tidak menjaga asupan makanan serta minumannya.
Entah karena tidak terlalu tahu ataupun memamng karena sudah suka makan
tidak bisa untuk menghindarinya. Minuman bersoda mungkin menjadi salah
satu minuman yang banyak di gemari semua orang tidak terkecuali oleh ibu
hamil. Rasa manis, asam, dengan sensasi soda tentunya menjadi daya
tarik tersendiri dari minuman bersoda atau sofdrink, apalagi jika di
konsumsi di saat cuaca sedang panas. Mungkin banyak para ibu hamil
pecinta kopi ataupun alkohol yang berpikiran jika minuman bersoda bisa
menjadi minuman pengganti yang lebih baik. Meskipun minuman bersoda
telah menjadi minuman yang sangat tidak asing lagi di konsumsis etiap
hari bahkan telah menjadi gaya hidup khususnya di perkotaan, faktanya
minuman bersoda memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan dan
sangat tidak di anjurkan di konsumsi ibu hamil.

Tahukah anda jika dalam setiap botol kecil minuman bersoda memiliki berbagai kandungan yang tidak baik bagi kehamilan. Beberapa kandungan yang ada pada satu kaleng kecil minuman bersoda yaitu asam fosfat atau soda, pengawet, kafein, juga kandungan gula yang tinggi. Tentunya dari beberapa kandungan tersebut anda sudah bisa menebak mengapa minuman bersoda sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi ibu hamil. Tentunya beberapa kandungan tersebut dapat menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin. Dan berikut ini bahaya minuman bersoda bagi ibu hamil yang wajib anda ketahui.

Related Posts :

    Obesitas dan diabetes
    Obesitas atau kelebihan berat badan memang sangat tidak baik bagi kesehatan termasuk ibu hamil. Kenaikan berat badan hingga 75% dari berat ideal bisa meningkatkan resiko berbagai penyakit salah satunya diabetes. Pada satu kaleng kecil minuman bersoda atau softdrink setidaknya memiliki kandungan gula 12 sendok teh, kandungan gula yang terlalu tinggi di dalam tubuh tentunya akan meningkatkan ibu hamil terkena penyakit diabetes hingga bobot bayi yang terlau besar. Dilansir dari Nbcnews ibu hamil yang mengkonsumsi minuman bersoda setiap hari maka anaknya 2x lebih besar dapat terkena obesitas atau kelebihan berat badan saat berusia 1 tahun. Tentunya gula yang di gunakan pada minuman bersoda yaitu pemanis buatan dan anda juga sudah tahu bahaya pemanis buatan bagi kesehatan. Maka dari itu lebih baik hindari mengkonsumsi minuman bersoda sangat di sarankan untuk minum air putih saat hamil.

    Hipertensi
    Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada saat hamil bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Nyatanya kandungan kafein pada minuman bersoda bisa menjadi pemicu yang sangat ampuh untuk meningkatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ibu hamil yang gemar mengkonsusi minuman bersoda juga dapat membuat imunitasnya lemah yang dapat membuat ibu hamil sangat mudah terserang penyakit.

    Osteoporosis
    Kandungan asam fosafat pada minuman bersoda nyatanya sangat tinggi dan memiliki dampak buruk bagi kesehatan tulang. Diketahui asam fosfat dapat meningkatkan kandungan fosfor di dalam tubuh. Kandungan fosfor yang tinggi di dalam tubuh dapat membuat penyerapan kalsium terhambat dan tentunya meningkatkan anda terkena osteoporosis. Apalagi saat hamil kekuatan tulang akan sangat penting bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester kedua dan ketiga.

    Itulah beberapa resiko mengkonsumsi minuman bersoda saat hamil, jika anda penggemar berat minuman bersoda sangat di sarankan untuk mengindarinya terlebih dahulu saat hamil. Lebih baik menggantinya dengan banyak minum air putih, sayur, buah, juga lauk pauk yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Serta jangan lupa imbangi dengan olahraga ringan agar tubuh tetap sehat dan segar saat hamil.

    Baca juga artikel lainnya:

    Daftar Makanan Ibu Hamil Agar Kulit Bayi Putih dan Bersih

    5 Alasan Yang Menyebabkan Ibu Hamil Cepat Lelah

    6 Tips Travellng Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 1, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Anak Reterdasi Mental

  • Oleh : Ocha Odang
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Anak reterdasi mental ini sekolahnya apa harus sekolah khusus, seperti: SLB?

  • Oleh : Ocha Odang
  • Benjolan di area miss v

  • Oleh : Erind Dwi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hallo, dok.
    Perkenalkan nama saya Erin, saya berusia 20 tahun, pelajar.
    Saya mau tanya dok, kenapa ya di area miss v saya ada benjolan sebelah kiri arah bawah yang kira-kira sebesar 1 butir kacang tanah, tapi saya tidak merasakan keluhan apapun dok, jika saya mengalami bisul di area miss v saya maka itu terasa sakit, tapi ini saya tidak merasakan apapun dok. Jika diraba agak terasa keras seperti bisul. Dan saya tidak pernah melakukan hubungan intim dok.
    Mohon bantuannya dok agar rasa cemas saya bisa sedikit terobati.
    Terimakasih, dokter.

    Kontrasepsi

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Saya mau tanya kemarin saya melakukan hubungan dengan suami saya tetapi kami berencana menunda momongan. yang jadi masalah tadi siang suami saya tidak sengaja mengeluarkan sperma setetes divagina(saya tidak terasa). lalu saya langsung minum pil KB ? apa pil KB bisa menunda kehamilan? atau pil kontrasepsi darurat jauh lebih manjur dan minum pil kb setelah berhubungan justru tidak berpengaruh dan kemungkinan kehamilan masih ada?
    mohon penjelassannnya

    Tentang haid

  • Oleh : Vina Pratiwi
  • 1 bulan yang lalu

    Saya mau konsul kan saya blm di bulan juni trus saya haid dibulan juli tnggal 1 trus darah coklat trus ga kluar di softek apa itu normal dok

  • Oleh : Vina Pratiwi
  • Tanya Bidan