×

Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Inilah 6 Tips Travelling Yang Tepat Untuk Ibu Hamil Muda – Bidan Online,- Saat mengandung tentunya berbagai kegiatan harus di kurangi agar ibu hamil tidak mengalami kelelahan berlebih. Pada masa kehamilan tentunya banyak pantangan yang harus di hindari tentu saja itu semua bertujuan agar calon ibu dan janin tetap sehat. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bukan jika ibu hamil juga butuh travelling. Travelling saat hamil tentunya akan lebih menyenangkan dan suasana baru akan membuat pikirin ibu hamil lebih segar juga tenang.

Related Posts :

    Bukan hanya orang biasa saja yang perlu liburan, ibu hamil juga sangat butuh liburan agar tidak merasa jenuh. Tidak hanya itu travelling tentunya akan membuat perasaan ibu hamil lebih bahagia sehingga stres dapat di minimalisir. Ya tidak sedikit ibu hamil yang merasakan stres, dan anda juga tahu jika stres memiliki efek buruk bagi janin. Travelling saat hamil tentunya harus di persiapkan secara matang muali dari penentuan tempat, waktu, hingga persiapan fisik ibu hamil. Dan berikut ini beberapa tips travelling saat hamil yang harus di perhatikan.

    Usia kehamilan
    Jika amnda ibu hamil yang memiliki rencana untuk travelling waktu yang sangat tepat yaitu memasuki trimester kedua. Bukan tanpa alasan trimester kedua dinilai menjadi usia kehamilan yang paling aman untuk melakukan travelling atau perjalanan jauh. Usia kandungan antara 18 sampai 24 minggu dinilai menjadi usia kehamilan yang paling tepat jika anda ingin berlibur. Bayangkan saja jika anda melakukan travelling trimester pertama selain ibu hamil sering mengalami keluhan seperti pusing dan mual. Trimester pertama juga dianggap menjadi usia kehamilan yang rawan untuk melakukan perjalan jauh ataupun kegiatan berat.

    Pemilihan tempat
    Untuk travelling saat hamil tentunya tidak harjus jauh-jauh memilih tempat wisata hingga luar negeri. Ya meskipun aman ada baiknya anda lebih memilih tempat wisata lokal yang jaraknya tidak terlalu jauh. Jika anda berniat ingin travelling ke luar negeri pastikan untuk memilih negara yang tidak terlalu jauh dan menghabiskan jam terbang yang lama.

    Travelling naik mobil
    Mobil menjadi alat transfortasi yang paling tepat untuk para ibu hamil yang ingin melakukan travelling. Bukan tanpa alasan ibu hamil tentunya harus selalu nyaman dan butuh bergerak. Yang harus di perhatikan ibu hamil saat naik mobil yaitu penggunaan seatbelt. Untuk para ibu hamil sangat di sarankan untuk memakai seatbealt tepat di bawah perut dan hindari bepergian jauh menggunakan mobil lebih dari 6 jam per hari.

    Banyak minum dan konsumsi camilan sehat
    Saat ibu hamil melakukan perjalanan jauh tentu saja asupan cairan menjadi hal yang utama. Apalagi untuk ibu hamil yang travelling menggunakan pesawat. Pastikan untuk memenuhi asupan cairan saat hamil setidaknya 8 sampai 12 gelas per hari. Tidak lupa untuk mengkonsumsi camilan sehat seperti buah agar kadar gula darah tidak turun.

    Lakukan peregangan
    Selama kehamilan tentunya para ibu harus melakukan banyak peregangan tidak terkecuali saat travelling. Jika travelling menggunakan mobil anda bisa berhenti sesekali untuk menghirup udara segar dan melakukan peregangan. Namun jika menggunakan pesawat ibu hamil dapat melakukan peregangan dengan cara berjalan-jalan kecil ke kamar mandi. Gerakan dan peregangan dapat melancarkan sirkulasi darah pada ibu hamil.

    Bawa catatan medis kehamilan
    Untuk para ibu hamil yang berniat untuk melakukan traveliing baik jauh ataupun dekat sangat di sarankan untuk selalu membawa catatan medis kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan jika terjadi sesuatu pada kehamilaan anda saat travelling.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 12, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menunda kehamilan

  • Oleh : Septiani Wilma
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok mau tanya,
    Saya baru menikah masih bisa dibilang perawan, saya ingin berhubungan intim tapi kepengen dulu menikmati masa berdua setelah menikah!! Pertanyaannya gmna cara menunda kehamilan yang benar pas malam pertama???

  • Oleh : Septiani Wilma
  • Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 7 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    gatal gatal saat hamil

  • Oleh : heidi8931881
  • 7 tahun, 3 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau tanya tentang penyebab dan cara menghilangkan gatal yang berlebihan saat hamil itu bagaimana yah ? gatal yang timbul itu terlalu mengganggu dan saya merasa lebih nyaman pada saat gatal itu langsung di garuk tapi kalo kelamaan di garuk badan saya gampang terluka. itu saja bu, ditunggu jawabannya.

    Tentang haid

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Kak saya mau tanya saya kan sudah haid tapi kok keluar seperti putih telur lendir kak tapi tidak bau apa itu haid atau keputihan kak saya takut terjadi apa-apa

  • Oleh : TASYA Ayah : sabihu ibu: indi heryanti
  • Bolehkan ibu hamil facial?

  • Oleh : jerrigibson293
  • 7 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    Tanya Bidan