×

Ikuti Gerakan Senam Hamil Untuk Menghindari Bayi Sungsang

Bagikan Artikel :

Memang banyak ibu hamil yang mengalami bayi sungsang yang berarti kepala bayi terletak diatas rahim, seharusnya posisi yang baik yaitu kepala bayi berada dibawah rahim. Hal ini membuat para ibu hamil menjadi khawatir karena harus melakukan persalinan caesar jika bayi dalam kandungan keadaan sungsang.

Lalu bagaimana cara mengembalikan posisi bayi sungsang? kali ini curhat bidan akan membantu menghindari posisi bayi sungsang pada bayi dengan gerakan sehat untuk wanita hamil yang harus dilakukan beberapa gerakan seperti berikut ini:

1. Berenang. Salah satu olahraga yang sangat baik untuk ibu hamil yang dapat mengembalikan posisi bayi sungsang karena dengan berenang tubuh dan panggul menjadi longgar.

2. Gerakan Senam Hamil. Dengan posisi menungging kearah samping, tapi jangan sampai menekan perut terlalu kuat, lalu anda dapat mengatur nafas sebanyak 10 kali. Lakukan gerakan ini berulang-ulang sesuai kemampuan anda.

3. Yoga Downward. Posisi senam hamil yang mengangkat perut dan pantat menggunakan kedua kaki dan tangan hingga membentuk posisi melengkung dengan pantat berada diatas.

4. Yoga Headstand. Senam hamil yang sedikit extrim jika anda ingin melakukan gerakan ini harus mendapat bantuan dari orang lain. Bagi ibu hamil yang menderita anemia dan hipertensi dilarang untuk melakukan gerakan ini.

Related Posts :

    5. Merangkak. Gerakan yang seperti kucing yang sedang merangkak yaitu mulai dari gerakan merangkak kemudian secara perlahan ambil nafas sambil lengkungkan punggung.

    Itulah beberapa gerakan senam hamil untuk menghindari bayi sungsang yang dapat anda lakukan di rumah, sangat lebih baik jika mendapatkan intruksi dari instruktur senam yang berpengalaman. Jadi bayi sungsang bukan halangan bagi anda untuk tetap melakukan persalinan secara normal.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 3, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 6 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Apa obat diare yang aman untuk anak usia 3 tahun ?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

    Menghilangkan kebiasaan menghisap tangan

  • Oleh : Ramadhan
  • 11 bulan, 1 minggu yang lalu

    Obat apa yg di gunakan untuk menghilangkan kebiasaan menghisap tangan pada anak

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan