×

Besarnya Manfaat Tidur Siang Bagi Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Besarnya Manfaat Tidur Siang Bagi Ibu Hamil

Untuk menunjang kesehatan ibu hamil, selain pola makan yang sehat, kualitas tidur juga harus dijaga. Banyak ibu hamil yang sulit tidur di malam hari karena rasa ketidaknyamanan di area perut dan kaki. Selain itu rasa panas yang disebabkan oleh hormone juga bisa mengganggu kualitas tidur ibu hamil. Jika kualitas tidur di malam hari masih kurang, ada baiknya memang meluangkan waktu untuk tidur di siang hari.

Kualitas tidur yang cukup mampu memberikan efek baik dan manfaatnya untuk ibu hamil dan janinnya. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk tidur siang. Selain memenuhi durasi tidur karena tidak nyenyak di malam hari, tidur siang bagi ibu hamil memiliki banyak manfaatnya. Yuk simak di bawah ini!

Manfaat Tidur Siang Untuk Ibu Hamil

  1. Meningkatkan konsentrasi
    Saat mengandung si Kecil pasti akan ada perubahan-perubahan yang terjadi ya. Mudah lupa dan sulit berkonsentrasi biasanya bisa terjadi saat masa-masa kehamilan. Untuk itu, ibu hamil tidak boleh terlalu lelah. Sebisa mungkin harus punya cukup waktu untuk beristirahat.
    Dengan menyempatkan diri untuk melakukan tidur siang, Bunda bisa meningkatkan konsentrasi, lho. Ketika tidur, aliran oksigen akan menuju ke otak sehingga bisa tetap berlangsung secara maksimal. Aliran oksigen yang mengalir ini akan memberikan nutrisi yang baik nih ke otak Bunda, sehingga mampu mengembalikan konsentrasi.
    Tingkat konsentrasi yang Bunda dapatkan dari tidur siang ini bisa digunakan dari sore hingga malam hari. Namun, ada baiknya Bunda bisa menyesuaikan waktu tidur siang dengan kondisi fisik yang sedang dirasakan ya. Jika memang benar-benar merasa lesu dan lelah, jangan terlalu memaksakan diri untuk berativitas. Ada baiknya Bunda bisa lebih banyak beristirahat dengan tidur siang.
  2. Mengurangi rasa lelah
    Ibu hamil itu memiliki tugas yang berat lho. Selain harus menjaga kondisi fisik dan mental, dirinya juga harus punya kewajiban untuk menjaga si Kecil yang berada di dalam kandungan. Biasanya penyebab kelelahan pada ibu hamil yaitu karena harus membawa beban berat, apalagi jika berat badannya juga terus bertambah.
    Diperlukan banyak energi hanya untuk berativitas saja. Untuk mengurangi kelelahan akibat beban tubuh dan aktivitas yang cukup banyak, memang disarankan untuk tidur siang dengan kadar yang tepat ya.
  3. Memperbaiki mood
    Kehamilan terkadang membuat kondisi mood ibu hamil naik turun dan semakin sensitif. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, ada yang dikarenakan perubahan hormon di dalam tubuh atau mungkin efek dari morning sickness.
    Ketidakstabilan mood atau terkesan baper pada ibu hamil jika dibiarkan bisa menyebabkan depresi lho. Tidur siang pada ibu hamil memiliki manfaat dalam memperbaiki mood. Kondisi mood yang bagus, tidak akan memudahkan ibu hamil mengalami stres atau depresi selama masa kehamilannya.
  4. Mengembalikan stamina tubuh
    Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan terkadang membuat ibu hamil merasa mudah lelah. Apalagi kalau di malam hari suka terbangun dan sulit tertidur kembali. Pasti kondisi tubuh jadi kurang enak ya di pagi harinya. Kekurangan jam tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin.
    Untuk itu. salah satu manfaat lain yang bisa dirasakan ibu hamil setelah tidur siang yaitu dapat mengembalikan jam tidur dan stamina tubuh. Anggap saja tidur siang itu digunakan untuk membayar hutang karena tidak bisa tidur di malam hari. Kembalinya stamina tubuh ketika bangun tidur bisa berefek baik bagi ibu maupun si Kecil di dalam kandungan. Selain itu tidur siang juga bisa mempertajam memori lho, sehingga jadi tidak mudah lupa.
  5. Menyeimbangkan kondisi kandungan
    Kondisi si Kecil saat masih di dalam kandungan memang harus diperhatikan. Tanggung jawab yang begitu besar harus benar-benar dijaga karena si Kecil akan menjadi salah satu bagian di rumah nantinya.
    Setiap kali bangun tidur, tubuh akan terasa lebih segar dari sebelumnya. Tak hanya itu, kondisi janin juga akan merasakan hal yang serupa. Tidur siang di masa kehamilan dapat membantu keseimbangan ibu beserta janin dalam kandungan.
    Untuk tidur Bunda lebih nyenyak, ada baiknya lakukan beberapa hal penting seperti banyak minum air putih, rutin berolahraga, tetap melakukan kegiatan yang menyenangkan tanpa perlu stres menghadapi masalah hingga buat posisi bantal yang senyaman mungkin.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 6, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Membujuk Anak Mau Minum Obat

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

  • Oleh : Dayat Ya Hidayat
  • Ciri ciri ke guguran

  • Oleh : wildalaughlin5
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

    diare pada bayi 2 bulan

  • Oleh : Luluk mukarromah
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Seputar kehamilan

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok,og di trimester prtama anehnya jarang mual”(morning sickness),knp ya dok?

  • Oleh : Iim Nasikhah
  • Tanya Bidan