×

Ini Lho Penyebab Ibu Menyusui Jarang BAB

Bagikan Artikel :

Ini Lho Penyebab Ibu Menyusui Jarang BAB

Selain ASI seret, masalah yang kerap dijumpai ibu menyusui adalah sulit BAB. Bahkah ibu menyusui bisa tidak BAB sampai 1 minggu. Bahayakah ? apakah akan mempengaruhi produksi ASI?

Sembelit memang bisa menyebabkan proses menyusui Si Kecil terganggu. Rasa tidak nyaman dengan perut bisa menyebabkan produsi ASI terganggu apalagi jika Bunda stress karena BAB yang tidak lancar. Untuk informasi lebih lengkap simak di bawah ini ya!

Penyebab Ibu Menyusui Susah BAB

  1. Tubuh Anda masih dalam masa pemulihan
    Rasa sakit akibat melahirkan mungkin terlupakan setelah melihat senyuman lucu Si Kecil. Namun, sebenarnya tubuh Anda masih dalam masa pemulihan.Bekas jahitan episiotomi atau operasi caesar pun masih tertanam. Kondisi ini dapat membuat Anda kesakitan saat buang air besar. Hasilnya, Anda tidak bisa mengejan maksimal sehingga feses sulit dikeluarkan. Pengencangan otot sfingter di bokong juga bisa terjadi tanpa Anda sadari. Reaksi alami ini dapat menyebabkan ibu menyusui susah BAB.Di samping itu, mengejan saat sedang melahirkan dapat merusak otot dasar panggul atau otot sfingter anus. Lagi-lagi, kondisi ini dapat membuat Anda sulit BAB.
  2. Perubahan pola tidur
    Perubahan pola tidur setelah memiliki bayi merupakan hal yang sulit dihindari. Jadwal tidur malam menjadi tidak beraturan karena Anda harus menyusui bayi beberapa kali di tengah malam atau dini hari.Perubahan pola tidur ini dipercaya dapat memicu stres sehingga sulit BAB pun terjadi. Rasa lelah akibat kurang tidur juga berkontribusi dalam mengubah pola buang air besar Anda.
  3. Stres
    Mengalami stres saat baru punya anak adalah hal yang wajar. Saat stres menyerang, terjadi peningkatkan hormon kortisol yang dipercaya bisa mengganggu sistem pencernaan sehingga menyebabkan diare atau sembelit.
  4. Pola makan yang buruk
    Meskipun Si Kecil adalah prioritas utama, bukan berarti Anda boleh melupakan kesehatan sendiri. Sebab, kebugaran tubuh Anda sangat dibutuhkan untuk menjaga dan merawat bayi.Anda disarankan untuk makan dan minum secara teratur saat menyusui bayi. Pola makan yang teratur dapat mencegah terjadinya berbagai masalah, salah satunya susah BAB.Anda juga bisa mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi, seperti buah dan sayuran, untuk membantu mengatasi sembelit.
  5. Kurang aktif bergerak
    Sangat wajar jika Anda merasa lelah setelah menyusui dan merawat bayi. Inilah alasan mengapa Anda disarankan untuk mendapatkan istirahat yang cukup.Namun, jangan sampai Anda tidak aktif bergerak karena bisa memperlambat sistem pencernaan. Selain itu, kurang bergerak setelah melahirkan juga dipercaya dapat menyebabkan susah BAB.
  6. Obat-obatan
    Terkadang ibu menyusui membutuhkan obat-obatan pereda nyeri untuk mengatasi rasa sakit akibat bekas jahitan persalinan. Namun, tahukah Anda kalau obat-obatan pereda nyeri memiliki efek samping berupa susah BAB atau sembelit? Jika ini kasusnya, bicarakan dengan dokter untuk meminta obat lain yang minim efek samping.
  7. Vitamin
    Dokter biasanya akan memberikan berbagai macam vitamin untuk menunjang kesehatan Anda setelah melahirkan.Akan tetapi, beberapa vitamin ini mengandung zat besi dan berbagai nutrisi lain yang terkadang dapat menyebabkan sembelit. Jika hal ini terjadi, diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan vitamin lain yang tidak menimbulkan efek samping.
  8. Ambeien
    Ambeien atau wasir juga bisa menjadi penyebab ibu menyusui susah BAB. Umumnya, hal ini terjadi pada Anda yang melahirkan normal.Jangan khawatir, ambeien setelah melahirkan akan hilang dalam waktu beberapa minggu. Meski begitu, datanglah ke dokter untuk memeriksakan diri.

Cara Mengatasi Susah BAB Pada Ibu Menyusui

• Menjaga pola makan
Cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi, seperti gandum, kacang-kacangan, sayuran, serta buah. Makanan tinggi serat dapat membantu mengatasi sembelit atau susah BAB.
• Minum air lebih teratur
Selain mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi, Anda juga disarankan untuk minum air putih lebih teratur.Nantinya, makanan tinggi serat yang sudah masuk ke dalam tubuh akan menyerap air yang Anda minum sehingga feses akan lebih lunak dan mudah dikeluarkan.
• Jangan menahan BAB
Meskipun BAB setelah melahirkan bisa terasa sakit, sebaiknya Anda jangan menahannya. Semakin lama ditahan, semakin keras tekstur fesesnya. Kalau sudah begitu, sembelit akan semakin menjadi-jadi.
• Aktif bergerak
Usahakan untuk tidak bermalas-malasan selama masa pemulihan setelah melahirkan. Cobalah untuk berolahraga ringan seperti jalan kaki. Aktivitas menyehatkan ini dapat membantu Anda melancarkan BAB.Namun, bagi Anda yang baru menjalani operasi caesar, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter sebelum berolahraga ringan.
• Makan makanna yang mengandung serat
Makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran bisa membuat BAB menjadi lancar. Ibu menyusui dianjurkan makan buah-buahan dan sayuran setiap hari dan harus bervariasi.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 5, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Penanganan herpes zoster

  • Oleh : puji
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Menstruasi

  • Oleh : Eka Lestari
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu bidan umur saya 18 tahun dan saya menstruasi sudah 24 hari apakah itu berbahaya?

  • Oleh : Eka Lestari
  • Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Hamil atau tidak

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamuallaikum ibu bidan ..
    Saya mau tanya ..
    Saya sudah telat haid satu Minggu dan di keputihan saya ada bercak darah tapi cuma sedikit dan hanya terjadi dalam 2 hari .. setelah itu keputihan saya jadi banyak dan warnanya agak bening .. saya pikir saya hamil karna ciri2nya menuju ke arah tanda kehamilan tapi pas saya respek hasilnya negatif ..

    Apakah ada yang salah pada saya Bu ?

  • Oleh : Khanifah Syafira
  • Tanya Bidan