×

Jangan Lewatkan Manfaat Sirsak Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Jangan Lewatkan Manfaat Sirsak Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil wajib memakan buah-buahan setiap hari. Buah-buahan sangat berperan penting terhadap kesehatan ibu dan janin. Makan buah dan sayur yang kaya vitamin serta mineral dapat membantu ibu hamil untuk mendapatkan keseimbangan nutrisi.

Nah bunda, ada buah yang harus bunda coba selama kehamilan karena memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, yaitu buah sirsak. Sirsak adalah buah yang mempunyai tekstur creamy serta rasa yang tidak kalah menyegarkan dengan jeruk, nanas, atau stroberi. Berikut adalah manfaat buah sirsak untuk ibu hamil yang sayang jika dilewatkan.

Manfaat Buah Sirsak

  1. Mengatasi rasa mual
    Mual atau morning sickness adalah kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil di trimester pertama. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan hormon, penciuman yang sensitif, hingga kurang nutrisi. Apabila memungkinkan, ibu bisa mengonsumsi sirsak untuk mengatasi rasa mual. Kandungan serat dalam buah sirsak bermanfaat untuk mengurangi produksi asam lambung pada ibu hamil. Lalu, ada pula kandungan seperti sodium juga kalium. Mengutip dari Mayo Clinic, kedua kandungan ini bermanfaat untuk menjaga asupan cairan yang hilang karena mual dan muntah bisa mengakibatkan dehidrasi.
  2. Melancarkan sistem pencernaan
    Sembelit saat hamil adalah hal yang cukup umum terjadi karena perubahan hormon, ukuran rahim yang membesar, serta kurangnya asupan serat. Kandungan air serta serat dalam buah sirsak juga bermanfaat untuk mengatasi susah BAB karena dapat membantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil.
    Bunda juga perlu menjaga asupan cairan untuk meningkatkan kemampuan serat dalam melunakkan kotoran yang terhambat. Ada juga komponen anti peradangan dalam buah sirsak seperti alkaloid dan kuinolon untuk membantu mengurangi parasit serta iritasi dalam perut.
  3. Menjaga keseimbangan gula darah
    Jika saat hamil mengalami diabetes gestasional, ini membuat Bunda membutuhkan makanan yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.
    Buah sirsak pada ibu hamil bermanfaat untuk mengatur serta mengurangi kadar gula darah. Ada kemungkinan, dapat mengurangi kadar gula hingga 75%. Akan tetapi, manfaat sirsak untuk ibu hamil yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap manusia.
  4. Mengurangi stres
    Kehamilan dapat menimbulkan berbagai perubahan suasana hati seperti rasa bahagia, cemas, hingga stres. Tidak perlu khawatir karena ini merupakan keluhan ibu hamil yang normal.
    Sebaiknya, hindari rasa cemas dan stres berlebihan karena berpengaruh buruk untuk kesehatan Anda. Salah satu cara menguranginya adalah dengan beristirahat serta mengonsumsi makanan sehat.
    Manfaat buah sirsak lainnya untuk ibu hamil adalah meredakan gelisah. Hal ini sesuai dengan penelitian berjudul Characterization of Anxiolytic Compounds from Annona muricata Leaf Extract. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa ada khasiat antiradang untuk menenangkan kecemasan di dalam buah sirsak.
  5. Menjaga kesehatan kandungan
    Antioksidan mempunyai manfaat untuk mendetoksifikasi sekaligus mencegah terjadinya penyakit kronis termasuk bagi ibu hamil. Tak hanya antioksidan, ada pula kandungan vitamin C dalam buah sirsak yang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun serta membantu tubuh ibu hamil menyerap zat besi. Ternyata, buah sirsak juga mempunyai kandungan folat yang juga penting pada masa kehamilan. Hal ini karena asam folat bermanfaat untuk menjaga perkembangan janin. Manfaat lainnya dari asam folat adalah untuk mencegah terjadinya cacat lahir serta keguguran.
  6. Membantu mengurangi kram
    Keluhan lainnya yang biasa ibu hamil rasakan adalah kelelahan serta kram pada sebagian area tubuh. Tak hanya cukup beristirahat, coba perhatikan asupan makanan yang mengandung kalium. Kalium adalah jenis mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan serta membantu otot berkontraksi dengan baik. Ternyata, buah sirsak mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi rasa kram saat hamil.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    Kelenjar Getah Bening

  • Oleh : Riri
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    Jarak hamil terlalu dekat. Melahirkan pertama sesar

  • Oleh : Silvia Agustin
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    Mau tanya anak saya masih usia 3 bulan jalan ke 4 bulan. Ini saya sdah hamil lagi. Lahiran anak pertama saya sesar.bayaha tidak ya buk? Trus Kapan waktu memeriksa kehamilan?

  • Oleh : Silvia Agustin
  • Pil Kontrasepsi

  • Oleh : zane65n04843
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau tanya setelah berhubungan intim dengan suami saya langsung meminum obat KB apakah masih bisa terjadi kehamilan? sedangkan sperma yang masuk sangan sedikit lebih baik minum obat KB atau pil kontrasepsi darurat?apakah tidak apa2 setelah minum pil KB langsung meminum pil kontrasepsi darurat mohon penjelasannya. karena saya dan suami menunda momongan

    Gangguan di rahim

  • Oleh : Rahmi megarina mega
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    selamat malam dokter saya mau tanyak saya pernah ke dokter kandungan dan dokter spesialis kandungan it bilang klu di rahim ada lemakx kenapa bisa terjadi seperti it? Bagaimana cara mengatasix agar bisa hamil? Tlong penjelasanx terimakasih

    Tanya Bidan