×

Beruntungnya Ibu Hamil Yang Sering Mengonsumsi Labu Siam

Bagikan Artikel :

Beruntungnya Ibu Hamil Yang Sering Mengonsumsi Labu Siam

Labu siam adalah salah satu makanan yang umumnya ada dalam hidangan sayuran. Semua orang bisa mendapatkan manfaat labu siam ini karena banyaknya kandungan mineral dan vitamin di dalamnya. Karena manfaatnya yang banyak, ibu hamil yang sering mengonsumsi labu siam ini sangat beruntung

Related Posts :

    Kandungan Labu Siam

    Labu siam ini mengandung air, serat, karbohidrat kompleks, folat, vitamin B, C, E, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, serat dan zinc. Melihat banyaknya kandungan labu siam, tentu jenis sayur ini baik dikonsumsi oleh semua orang terutama bagi ibu hamil. Sejumlah pakar kesehatan menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi buah-buahan agar tumbuh kembang janin tetap terjaga dengan baik.

    Manfaat Labu Siam Pada Ibu Hamil

    1. Mencegah konstipasi pada ibu hamil/sembelit
      Sebagian besar ibu hamil sering mengalami konstipasi. Nah dengan labu siam yang memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yakni sekitar 1,7 gram dalam setiap 100 gram sayuran tersebut sehingga bisa menyehatkan saluran pencernaan ibu hamil dan mencegah sembelit.
    2. Mencegah kelahiran bayi yang cacat
      Dalam labu siam ternyata terdapat asupan asam folat sebanyak 93 miligram untuk setiap 100 gram porsi sayuran ini. Kadar asupan asam folat ini sudah memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan harian ibu hamil. Dengan memenuhi asupan asam folat, maka ibu hamil pun akan menurunkan risiko bayi yang terlahir dengan kondisi cacat dengan signifikan. Tak hanya itu, asam folat juga mendukung perkembangan otak anak agar menjadi lebih cerdas sekaligus menurunkan risiko bayi terkena neural tube defects atau gangguan otak.
    3. Meningkatkan kebugaran ibu hamil
      Manfaat labu siam lainnya yang bisa didapatkan ibu hamil adalah karena kandungan kaliumnya. Kandungan kalium bisa membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap seimbang, mendukung kinerja otot dan juga simpul saraf yang normal. Kalium juga bisa membuat sirkulasi oksigen menuju otak dan jantung tetap lancar sehingga Anda bisa tetap bugar dan sehat.
    4. Mencegah anemia dan perdarahan pada persalinan
      Labu siam mengandung cukup banyak mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium.Terutama kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh perempuan hamil agar tidak anemia dan mencegah perdarahan saat persalinan. Kalsium dan magnesium berfungsi untuk menjaga tulang kuat dan kalium menyehatkan saraf dan fungsi otot.
    5. Mencegah kenaikan berat badan berlebih saat hamil
      Berat badan selama hamil akan bertambah seiring dengan usia kehamilan. Labu siam sangat cocok untuk menjaga berat badan tidak terlalu gemuk saat hamil. Satu buah labu siam mengandung 38.6 kalori dan 0.1 gram lemak. Meski rendah kalori, sayuran ini tetap bisa membuat Anda terasa kenyang lebih lama.
    6. Menstabilkan tekanan darah
      Ketika usia kehamilan memasuki masa trimester akhir, kondisi tekanan darah diupayakan tetap stabil. Jika tekanan darah tinggi, proses melahirkan membutuhkan waktu yang lebih panjang. Labu siam memiliki kandungan kalium yang berguna menstabilkan tekanan darah dan menghindarkan wanita hamil dari gejala anemia.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 4, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

  • Oleh : Wiwin Kusmawati
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan… nama saya Rara Farahtain usia saya sekarang 17 tahun. Akhir-akhir ini saya sering mengalami keputihan yang sepertinya tidak normal. Karena jumlah keputihannya yang banyak dan mengeluarkan bau serta gatal pada vagina. Saya khawatir karena kondisi ini, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi keputihan yang tidak normal yang bisa saya lakukan sendiri sebelum saya periksa ke dokter? Terimkasih bu bidan, saya tunggu jawabannya…

  • Oleh : Wiwin Kusmawati
  • Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

  • Oleh : arinagustin
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

    Telat datang bulan

  • Oleh : richamayati
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Penyakit Radang Panggul Pada Remaja

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Keputihan selama kehamilan berbahayakah

  • Oleh : Vina
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Halo dok.. Sy tuti, skrg sy sdg hamil dg uk 24w. S mengalami keputihan selama kehamilan. Apakah itu wajar? Awalnya keputihan normal berwarna putih sperti lendir, tp masuk trimester 2 kehamilan menjadi sperti bubur berwarna putih.. Sy takut apakah membahyakan janin sy?
    Trims yaa

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan