×

Tips Mengatasi Bad Mood Pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

CurhatBidan.Com,- Selamat datang kembali pada website kesayangan Bunda dimanapun Bunda berada:) Kali ini saya akan berbagi tips yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk Bunda. Tips kali ini akan mengangkat tema tentang Bad Mood yang kerapkali menyerang saat hamil.

Sepertinya sudah menjadi hal yang lazim jika seorang ibu hamil mengalami perubahan suasana hati (Mood Swing). Rasa cemas yang tiba-tiba hadir pada ibu hamil ini terjadi karena beberapa sebab. Penyebabnya tidak lain adalah perubahan dari hormon, kecemasan Bunda tentang kehamilan dan memikirkan bagaimana kelak proses persalinan dan masih banyak lainnya.

Walaupun kondisi ini terlihat sepele, akan tetapi menurut pakar kesehatan menjelaskan jika Bad Mood yang terjadi pada ibu hamil bisa membawa dampak buruk. Diantaranya adanya resiko untuk melahirkan bayi prematur dengan berat badan yang terlalu ringan, hingga mengalami gangguan kognitif. Dari hal tersebut sangat perlu untuk ibu hamil segera mengatasi Bad Mood yang dialami. Nah, bagaimana caranya agar ibu hamil tidak terjebak selalu dalam mood yang buruk dan tidak menyenangkan akibat pemikiran segala sesuatu yang membuat resah dan lainnya tersebut? Berikut ini adalah sedikit Tips Mengatasi Bad Mood Pada Ibu Hamil yang semoga saja bisa membantu.

  • Cobalah menarik napas dalam-dalam.

Untuk melakukan ini, cari posisi yang membuat Bunda nyaman. Bisa duduk, berdiri atau berbaring. Lalu kemudian tarik napas dan hembuskan dalam-dalam dengan perlahan. Nikmati dan lepaskan setiap helaan napas dengan perasaan lega. Tujuan melakukan ini untuk membuat hati Bunda terasa lebih tenang dan tak terbebani diri dengan apapun.

  • Tertawa.

Tertawa secara alami menyebabkan hormon stres berkurang dan hormon yang memberikan rasa senang dan bahagia akan meningkat. Hormon yang dapat memberi rasa bahagia ini disebut Endorfin, ternyata juga mampu mengurangi dan meredakan nyeri. Selain itu tertawa juga bermanfaat untuk merilekskan otot-otot tubuh, membantu kita merasa lebih optimis. Maka dari itu Bunda, sebaiknya cari hiburan atau apapun yang dapat memicu tawa saat sedang Bad Mood.

  • Melakukan sesuatu.

Daripada terus-menerus larut dalam perasaan Bad Mood yang tak tentu, coba sibukkan diri sendiri dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan. Buat atau kerjakan sesuatu yang membuat Bunda tenang dan nyaman, ataupun meluangkan waktu melakukan hal yang disuka, seperti baca buku atau jalan-jalan santai. Dengan begitu, Bunda bisa melepaskan emosi dan lebih mudah menstabilkan perasaan. 

  • Curhat ataupun berbagi apa yang dirasakan dengan orang terdekat.

Jika Bunda meraskaan sesuatu yang mengganjal di hati, cobalah untuk dengan orang di sekitar, terutama pasangan. Curahkan hati dan perasaan Bunda agar menjadi lebih nyaman. Kadang-kadang Bad Mood ini muncul saat Bunda merasakan kesepian. Jadi, untuk mengatasinya cobalah untuk menemui orang-orang yang paling membuat kita nyaman dan habiskan waktu mengobrol atau bersantai.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 28, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tanda awal persalinan

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • 3 minggu, 2 hari yang lalu

    Assalamualaukum, buk sya mau nanya tadi malam sya keluar cairan bening banyak sampe celana basah kayak ngompol gtu, trus subuh nya sya keluar cairan lagi beserta lendir kental tapi ngak ada darah itu lumayan banyak juga dri yang pertama, apakah itu tanda persalinan atau gimana yah buk?

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • Menjaga Kesehatan Sperma

  • Oleh : Alwia
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya adrian usia 27 tahun saya sudah menikah 1,5 tahun namun saat ini belum mempunyai momongan. Yang saya mau tanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan sperma agar saya cepat dapet momongan. Ditunggu jawabannya trims

    Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • Vitamin Kehamilan

  • Oleh : ruqiah qiah
  • 2 hari, 13 jam yang lalu

    selamat siang ibu bidan..
    sy mau bertanya tentang produk garden life Vitamin code Raw Prenatal apakah komposisinya aman dan halal..trimakasih

  • Oleh : ruqiah qiah
  • Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 4 tahun yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Tanya Bidan