×

Mewaspadai Terjadinya Pregobesity pada Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan – Asupan nutrisi ketika hamil merupakan salah satu modal utama ibu hamil dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan janin. Asupan nutrisi yang tepat juga akan membantu Bunda dalam mempertahankan stamina selama kehamilan. Banyak yang beranggapan bahwa makan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya akan membantu Bunda dalam memberikan asupan nutrisi untuk janin.

Related Posts :

    Benarkah selama kehamilan Bunda harus menambah porsi makan sehingga membuat berat badan Bunda naik secara drastis? hal inilah yang membuat kebanyakan Bunda yang sedang hamil kebingungan, yang dimaksudkan untuk menambah nilai gizi yaitu dengan variasi nutrisi yang didapatkan dari bahan makanan, bukan berarti Bunda harus menambah porsi yang banyak tanpa memperhatikan kualitas nutrisinya. Banyak Bunda yang sedang hamil beranggapan  asupan makanan dan pola makan yang salah sehingga menyebkan kenaikan berat badan yang salah sehingga menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan/Pregobesity. Pregobesity adalah kondisi ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan yang drastis saat kehamilan, keadaan ini dipicu oleh asupan dan pola makan yang salah.

    Pregobesity atau kelebihan berat badan saat hamil akan menimbulkan masalah kesehatan. Gangguan kesehatan yang sering dipicu karena berat badan yang berlebih yaitu diabetes mellitus tipe 2, hipertensi, jantung stadium dini. Tidak hanya selama kehamilan, Pregobesity juga beresiko menggangu persalinan. Gejala asma dan persalinan dengan menggunakan bedah caesar. Pemicu bedah caesar adalah kenaikan berat badan janin yang dikandung akan ikut naik ketika Bunda sedang hamil memiliki berat badan yang lebih. Dengan mengetahui resiko Pregobesity maka sebaiknya Bunda melakukan pencegahan dengan asupan dan pola makan yang benar selama kehamilan.

    Beberapa Cara Pencegahan Pregobesity pada Ibu Hamil

    1. Mengatur porsi asupan larbohidrat, Bunda bisa memilih karbohidrat yang tepat seperti nasi putih yang digantikan dengan nasi merah.
    2. Mengurangi asupan garam dalam pengolahan makanan. Kandungan garam yang tinggi bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti kaki bengkak dan memicu kenaikan berat badan. Kurangi juga makanan yang mengandung garam seperti ikan asin, telur asin, kornet dll.
    3. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Makanan yang mengandung air dan serat akan membantu pencernaan Bunda yang sedang hamil , selain itu Bunda sebaiknya mengganti cemilan saat hamil dengan menu yang sehat berbaha dasar sayur dan buah.
    4. Merencakanan kehamilan sehingga mendapatkan posisi tubuh yang ideal. Bagi Bunda yang akan merencanakan hamil sebaiknya mendapatkan berat badan yang ideal terlebih dahulu sehingga mengurangi resiko Pregobesity.
    5. Melakukan senam atau berolahraga untuk Bunda yang sedang hamil dalam menjaga kebugaran selama kehamilan.

    Untuk itu sangatlah penting bagi Bunda yang sedang hamil untuk mengetahui dan memberikan pencegahan supaya selama kehamilan terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kenaikan berat badan yang berlebih. Hal ini tidak hanya mempengaruhi penampilan Bunda tetapi juga akan menyebabkan gangguan kesehatan selama hamil dan menjelang persalinan. Jadi Bunda, terapkanlah pola hidup sehat selama Bunda sedang hamil.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 2, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pentingkah Pemeriksaan TORCH Pada Ibu Hamil ?

  • Oleh : Sherly davies
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu Bidan nama saya Adinda Laras dan sekarang ini saya sedang hamil untuk yang pertama kali jadi perasaan antara khawatir, takut dan cemas dan senang bercampur. Apa saya perlu melakukan tes torch bu ? Tapi saya tidak memiliki riwayat pelihari kucing dan kehamilan saya juga baik – baik saja tapi tetap saja saya merasa takut. Menurut bu bidan saya harus bagaimana ?

    Agar tidak hamil.

  • Oleh : Sumarni
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Mat mlm dok.sya sdah mlahirkan anak pertama.cara agar untuk mnunda kehamilan saya,bagaimna dok

    Kehamilan

  • Oleh : stepanie6022
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat pagi,

    saya hidayat,
    istri saya haid tanggal 5 Juni berkahir 16 Juni 2018
    lalu saya berhubungan dengan istri saya terakhir 25 Juni
    lalu apakah istri saya dapat hamil jika saya berhubungan di tanggal tersebut?

    karena saya saat ini sedang keluar kota
    dikhawatirkan terjadi kejadian yang tidak menyenangkan oleh istri saya

    mohon jawabannya Ibu Bidan

    salam,
    hidayat

    Hamil

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang dok saya mau bertanya, saya telat haid 4hari tapi setelah di test pack hasilnya negatif dok, apa ada kemungkinan untuk saya hamil ? Atau bagaimana ya dok. Terimakasih

    Payudara nyeri sebelah kiri

  • Oleh : firda apriani
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Saya seorang ibu menyusui,tapi beberapa hari terakhir payudara sebelah kiri nyeri sekali beda rasa nyerinya dr biasanya.saya ingin periksa payudara melalui SADARI tp tidak mengerti.mohon bantuannya bu

    Tanya Bidan