×

Jangan Berikan MPASI Pure Buah Dan Sayur Pada Si Kecil Yah Bun!

Bagikan Artikel :

Jangan Berikan MPASI Pure Buah Dan Sayur Pada Si Kecil Yah Bun!

Karena buah dan sayur memiliki gizi yang sangat bagus, tidak sedikit para ibu muda yang menganggap bahwa sayur dan buah cocok untuk dijadikan MPASI. Misalnya memberikan pure pisang, alpukat atau buah dan sayuran lainnya ketika anak mulai belajar makan. Kebiasaan ini terjadi turun-menurun seolah sudah menjadi warisan nenek moyang.

Padahal sebenarnya sayuran dan buah-buahan justru tidak seharusnya diberikan pada masa MPASI karena bayi dalam tahap ini membutuhkan zat besi dan zinc di luar ASI. Buah-buahan tidak termasuk makanan yang bisa memenuhi gizi tersebut.

Kebutuhan zat besi dan zinc hampir 100 persen itu di dalam ASI sudah tidak cukup lagi setelah 6 bulan. Jadi 100 persen kebutuhan zat besi dan zinc pada anak itu dicarinya di MPASI. Nah, buah itu tidak ada kandungan zat besi dan zinc.

Bagaimana Dengan Sayur?

Sayur memang termasuk makanan yang mengandung banyak zat besi. Tetapi, sayuran tidak disarankan pada bayi MPASI karena mengandung banyak serat. Kandungan serat yang tinggi inilah bisa membuat bayi MPASI kesulitan buang air besar karena pencernaannya belum sempurna.

Jadi, kalau bayi dikasih sayur, terus tidak bisa BAB. Nomer satu yang harus kita stop, ya jangan berikan sayur itu. Karena sayur itu serat yang masih sulit dicerna oleh bayi 6-12 bulan.

Related Posts :

    Berikan MPASI Yang Terdiri Dari Protein Hewani

    Untuk memenuhi zat besi dan zinc bayi selama MPASI berikan MPASI yang berasal dari protesin hewani. Ibu juga bisa memberikan protein hewani ini dengan karbohidrat rendah serat, seperti nasi putih atau kentang.

    Protein hewani ini sumber zat besi yang dibutuhkan oleh bayi ASI. Tapi tidak bisa diberi daging saja ke bayi ya! Tentunya ada temannya, yaitu karbohidrat. Ingat juga, jangan cari karbohidrat yang banyak serat. Misalnya beras putih kentang yang kandungan seratnya rendah.

    Jika anak tidak bisa atau enggan melahap nasi putih, ibu juga bisa menggantinya dengan kentang. Hal itu karena ada kemungkinan anak lebih menyukai rasa manis.

    Apabila anak masih mengalami kesulitan buang air besar meski menu MPASI sudah sesuai, ibu bisa mengurangi porsi makannya. Hal tersebut karena bayi MPASI sebetulnya tidak harus makan 3 kali seperti orang dewasa.

    Bayi usia 6 bulan itu baru belajar makan, kita boleh cuman ngasih makan sekali asal berat badannya naik.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 27, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Lutut sakit

  • Oleh : maya
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kok akhir akhir ini kenapa ya kaki saya ini seperti ada yang mengganjal di bagian belakang lutut, susah banget di lurusinnya, kaku dan bahkan kaya ada urat ya ikut dok. Kalau saya naik atau turun tangga, itu harus pelan banget, karena kalau misalkan berjalnnya cepat kaki itu terasa tersengkak dok, itu kira kira masalah kesehatan apa ya dok? Mohon penjelasannya dok :), Terimakasih

    Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 3 minggu, 1 hari yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sminggu sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • Benang IUD berada di luar vagina

  • Oleh : Maudy Mandey
  • 4 minggu, 1 hari yang lalu

    Saya mau tanya saya baru pasang iud seminggu, benang kayak keluar vagina. Apakah harus dipotong atau bagaimana yaa?

  • Oleh : Maudy Mandey
  • Tanya Bidan