×

Jangan Berikan MPASI Pure Buah Dan Sayur Pada Si Kecil Yah Bun!

Bagikan Artikel :

Jangan Berikan MPASI Pure Buah Dan Sayur Pada Si Kecil Yah Bun!

Karena buah dan sayur memiliki gizi yang sangat bagus, tidak sedikit para ibu muda yang menganggap bahwa sayur dan buah cocok untuk dijadikan MPASI. Misalnya memberikan pure pisang, alpukat atau buah dan sayuran lainnya ketika anak mulai belajar makan. Kebiasaan ini terjadi turun-menurun seolah sudah menjadi warisan nenek moyang.

Padahal sebenarnya sayuran dan buah-buahan justru tidak seharusnya diberikan pada masa MPASI karena bayi dalam tahap ini membutuhkan zat besi dan zinc di luar ASI. Buah-buahan tidak termasuk makanan yang bisa memenuhi gizi tersebut.

Kebutuhan zat besi dan zinc hampir 100 persen itu di dalam ASI sudah tidak cukup lagi setelah 6 bulan. Jadi 100 persen kebutuhan zat besi dan zinc pada anak itu dicarinya di MPASI. Nah, buah itu tidak ada kandungan zat besi dan zinc.

Bagaimana Dengan Sayur?

Sayur memang termasuk makanan yang mengandung banyak zat besi. Tetapi, sayuran tidak disarankan pada bayi MPASI karena mengandung banyak serat. Kandungan serat yang tinggi inilah bisa membuat bayi MPASI kesulitan buang air besar karena pencernaannya belum sempurna.

Related Posts :

    Jadi, kalau bayi dikasih sayur, terus tidak bisa BAB. Nomer satu yang harus kita stop, ya jangan berikan sayur itu. Karena sayur itu serat yang masih sulit dicerna oleh bayi 6-12 bulan.

    Berikan MPASI Yang Terdiri Dari Protein Hewani

    Untuk memenuhi zat besi dan zinc bayi selama MPASI berikan MPASI yang berasal dari protesin hewani. Ibu juga bisa memberikan protein hewani ini dengan karbohidrat rendah serat, seperti nasi putih atau kentang.

    Protein hewani ini sumber zat besi yang dibutuhkan oleh bayi ASI. Tapi tidak bisa diberi daging saja ke bayi ya! Tentunya ada temannya, yaitu karbohidrat. Ingat juga, jangan cari karbohidrat yang banyak serat. Misalnya beras putih kentang yang kandungan seratnya rendah.

    Jika anak tidak bisa atau enggan melahap nasi putih, ibu juga bisa menggantinya dengan kentang. Hal itu karena ada kemungkinan anak lebih menyukai rasa manis.

    Apabila anak masih mengalami kesulitan buang air besar meski menu MPASI sudah sesuai, ibu bisa mengurangi porsi makannya. Hal tersebut karena bayi MPASI sebetulnya tidak harus makan 3 kali seperti orang dewasa.

    Bayi usia 6 bulan itu baru belajar makan, kita boleh cuman ngasih makan sekali asal berat badannya naik.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 27, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan pada vagina

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum perkenalkan saya zahra, saya ingin curhat divagina saya ada benjolan dan rasanya itu nyeri kalo di pegang , awalnya sih kecil tapi tmbah hari semakin agak membesar .. itu saya kenapa ya? Solusi untuk mengatasinya gimana ya ??

  • Oleh : Zahra Zulfatma
  • Ngilu sendi dan sekitar vagina

  • Oleh : willianbyrnes6
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

    Kehamilan

  • Oleh : Novia Vidiyana
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Sya terakir haid tgl 28 juni 2019 , dan skrang saya mengalami tanda” , mual” , perut kram , payudara sakit apakah bisa di katakan sya hamil… tpi tgl menstruasi blum tiba …

    Hamil Dengan Haid Yang Tak Normal

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Ejakulasi

  • Oleh : Surya Putra gani
  • 1 minggu, 5 hari yang lalu

    Malam bu bidan, ijin bertanya, apakah tetap bisa terjadi kehamilan, jika setelah pria ejakulasi, tetap digerakkan M.P nya/tetap terus di maju mundurkan?
    Terimakasih,

  • Oleh : Surya Putra gani
  • Tanya Bidan