×

Boleh Gak Sih Menerapkan Pola Asuh “Tiger Mom” Pada Anak?

Bagikan Artikel :

Boleh Gak Sih Menerapkan Pola Asuh "Tiger Mom" Pada Anak?

Bunda ingat yah, tidak ada anak yang berprestasi dalam semua bidang. Sebagai orang tua yang baik, Anda harus memahami bakat seorang anak dan tidak terlalu memaksakan kemampuannya. Jika anda terlalu memaksakan anak anda untuk berprestasi dalam semua bidang maka anda termasuk pada golongan “Tiger mom”. Tiger mom adalah ibu yang menerapkan prinsip ‘keras’ dan tegas dalam membesarkan anak-anaknya.

Ada satu kasus yang terjadi pada ibu yang bernama Amy Chua. Beliua adalah seorang tiger mom yang lewat bukunya ‘Battle Hymn of the Tiger Mother’ menceritakan pengalaman membesarkan dua putrinya, Sophie dan Lulu. Dalam membesarkan putrinya, Amy mengedepankan prinsip tegas dan ‘keras’. Dia nggak segan meminta putrinya latihan piano dua jam sehari.

Amy juga mengharuskan anaknya mendapat nilai nggak lebih rendah dari A. Bagi Amy tidak ada alasan putrinya untuk tidak bisa berprestasi. Dia pun tanpa segan menyebut anaknya sampah dan berteriak di depan wajah anaknya kalau mereka tidak mendapat hasil yang baik dalam kegiatannya.

Dengan sikap keras dalam pengasuhan, anak diyakini akan terbantu menyadari potensinya. Dengan begitu, anak akan termotivasi untuk mendapat nilai-nilai yang baik dan aneka piagam penghargaan.

Baguskah Didikan Tiger Mom Itu?

Didikan tiger mom memang menerapkan beberapa pola pengasuhan positif. Tapi tidak seperti orang tua yang suportif, tiger mom juga banyak melakukan dimensi negatif dalam pengasuhan. Ini berarti pola pengasuhan positif dilakukan berbarengan dengan pola asuh negative. Lalu bagaimana sih pola asuh yang ideal terhadap anak?
Nah pola asuh yang ideal adalah yang sensitif dan responsif. Pola asuh sensitif artinya kita sensitif sama kebutuhan anak kemudian responsif adalah kita bisa merespons dengan tepat apa yang dialami anak dan yang jadi kebutuhan anak.

Perbedaan Didikan Tiger Mon Dengan Orang Tua Kasar

Tiger mom berbeda sama orang tua yang kasar karena orang tua yang kasar nggak menerapkan pola asuh positif sama sekali. Ketika kita jadi tiger mom, apa dampak yang bisa dialami anak? Sebuah studi yang dilakukan peneliti di Queen Mary Universitry, London menemukan tiger mom bisa bikin anak-anak merasa stres dan nggak bahagia ketika di rumah.

Pola Asuh Tiger Mom Tidak Disarankan

Bagaimanapun Anak masih membutuhkan dunia bermain. Jangan terlalu sibukkan dalam belajar dan jangan terlalu keras dalam sebuah prestasi. Apabila hal ini terjadi, maka anak akan mengalami stress, mudah depresi, mudah sakit, dan tidak jarang anak akan memiliki rasa dendam pada orang tuanya.

Related Posts :

    Beberapa Macam Pola Asuh Pada Anak

    Seperti kita tahu, ada empat macam pola asuh yaitu uninvolved atau kurang terlibat (anak cenderung dibebaskan), indulgent atau permisif (mengikuti kemauan anak), authoritarian atau otoriter (anak harus mengikuti apa kata orang tua), dan authoritative atau demokratis (segala sesuatu didiskusikan dengan anak). Nah sekarang Anda mau pilih yang mana?.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 5, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Galau tanda Hamil atau akan Haid

  • Oleh : Ovi Oktav
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamualaikum..
    Bu bid, saya ada tanda-tanda seperti badan hangat, setiap malam mau tidur dan pagi setelah bangun tidur badan panas, sering buang air kecil, payudara nyeri, sering mengantuk, setelah menyapu saja kelelahan, ada keputihan tapi tidak berlebihan, tapi saya masih seminggu lagi jadwal haidnya, saya berhubungan sama suami pada masa mendekati subur dan waktu masa subur, tanda-tanda itu saya rasakan setelah 5 hari berhubungan di masa subur, itu pertanda hamil atau bukan ya bu bid ? Saya tunggu jawabannya, terima kasih.

    Tentang alat vagina

  • Oleh : Grace Dina
  • 3 bulan, 4 minggu yang lalu

    Bu, saya kan sudah lama tidak datang bulan, tiba2 vagina saya gatal sekali , keputihan, dan saya baru menyadari bahwa di lubang vagina saya ada benjolan .dan itu terasa perih..

  • Oleh : Grace Dina
  • Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Cara mengatasi demam yang disertai diare pada anak 1 tahun

  • Oleh : Riri
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang, Maaf sebelumnya saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi demam yang disertai pada anak usia 1 tahun. Karena sudah 3 hari anak saya mengalami demam yang disertai dengan diare. Anak juga tidak mau makan dan sering rewel. Kemarin diperiksa ke dokter dan demam sempat turun setelah diberikan obat penurun demam, namun esoknya suhu tubuhnya kembali naik dan intensitas diare semakin sering. Mohon penjelasannya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Tanya Bidan