×

Kenapa Yah Anakku Sering Menggigit Pakaian?

Bagikan Artikel :

Kenapa Yah Anakku Sering Menggigit Pakaian?

Jika usia di bawah 3 tahun menggigit benda termasuk pakaian mungkin bisa dibilang wajar karena anak sedang mengalami proses tumbuh kembang. Tapi bagaimana jika terjadi sampai usia lebih dari 5 tahun? Apakah masih normal? Yuk kita simak di bawah ini!

Related Posts :

    Faktor Penyebab Anak Suka Menggigit Pakaian

    1. Kebiasaan dari kecil
      Kebiasaan waktu kecil yang tidak dibetulkan akan terbawa hingga ia dewasa nanti. Oleh karena itu sebaaiknya jika hingga 2 tahun si Kecil masih suka gigit pakaian sebaiknya bunda melarangnya.
    2. Memenuhi Kebutuhan Sensorik
      Anak-anak balita akan rentan memiliki kebiasaan menggigiti pakaian yang sedang mereka gunakan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sensorik. Jangan melarang anak, sebaiknya alihkan perhatian anak dengan kegiatan sensorik lainnya agar anak dapat menghindari kebiasaan ini secara perlahan.
      Namun, perhatikan jika anak diatas usia lima tahun masih memiliki kebiasaan menggigiti pakaian. Melansir dari Griffin Occupational Therapy, kondisi ini bisa menandakan bahwa anak mengalami keterlambatan perkembangan sensoriknya. Anak-anak dengan keterlambatan perkembangan akan melakukan kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan sensoriknya, seperti menggigiti pakaian.
    3. Terdapat Masalah pada Gigi dan Mulut Anak
      Ibu, sebaiknya perhatikan kebiasaan anak yang suka menggigiti pakaian. Kondisi ini bisa menandakan adanya masalah pada gigi maupun mulut anak. Tidak ada salahnya untuk segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika kebiasaan ini disertai dengan gejala lain yang terkait dengan gangguan gigi dan mulut anak.
      Ada berbagai gangguan gigi dan mulut yang dapat dialami oleh anak-anak, seperti gigi yang patah, gigi retak, gigi berlubang, adanya erosi gigi, hingga sariawan pada gusi. Jangan sepelekan kondisi ini karena gangguan pada gigi dapat mengganggu proses tumbuh kembang pada anak.
    4. Anak Mengalami Gangguan Kecemasan
      Melansir dari Moms, kondisi stres dan cemas berlebih terkadang menjadi penyebab utama dari kebiasaan menggigiti pakaian yang kerap dilakukan anak-anak. Dengan menggigiti pakaian yang sedang mereka kenakan, mereka dapat memiliki perasaan yang lebih nyaman sehingga dapat membantunya mengontrol perasaan yang mereka alami.
      Namun, alasan ini tidak dapat diabaikan. Tentunya orangtua perlu segera memberikan perhatian dan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar kondisi kesehatan mental anak dapat segera pulih. Ada beberapa gejala yang bisa ibu perhatikan saat anak mengalami kondisi stres, seperti kehilangan nafsu makan, mengalami penurunan motivasi dalam melakukan hal yang mereka suka, penurunan nilai akademis, sulit berkonsentrasi, lebih mudah marah dan tersinggung, serta mengalami gangguan tidur.
    5. Anak ingin diperhatikan
      Jika anak tidak diperhatikan maka ia akan melakukan hal yang unik dan aneh sehingga bisa membuat orangtuanya menegurnya. Dengan menegurnya ia akan mengaggap bahwa orangtua memperhatikan ia.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 6 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Organ kewanitaan

  • Oleh : Asmi Ruswita
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, keluhan saya yaitu keputihan tapi bening dan sediki sedikit ingin pipis seperti anyang anyangan. Kalau buang air kecil sedikit panas jika setelah selesae buang air kecil. Apakah itu normal atau bagaimana dok solnya saya baru pertma kali mengalami seperti ini.
    Tlong jawabanya dok terimakasi

    Tanda2keperawanan

  • Oleh : Abdul Ghofar
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Buk dokter saya mau tanyak
    ketika puting buah dada seseorang menonjol besar dan pinggang agak membesar pula apakah itu tanda seseorang yg sudah pernah melakukan hubungan intim

    Tenggorokan terasa tidak enak seperti mau muntah setiap pagi

  • Oleh : septiihandayani
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Tanya Bidan