×

Kenapa Yah Anakku Sering Menggigit Pakaian?

Bagikan Artikel :

Kenapa Yah Anakku Sering Menggigit Pakaian?

Jika usia di bawah 3 tahun menggigit benda termasuk pakaian mungkin bisa dibilang wajar karena anak sedang mengalami proses tumbuh kembang. Tapi bagaimana jika terjadi sampai usia lebih dari 5 tahun? Apakah masih normal? Yuk kita simak di bawah ini!

Faktor Penyebab Anak Suka Menggigit Pakaian

  1. Kebiasaan dari kecil
    Kebiasaan waktu kecil yang tidak dibetulkan akan terbawa hingga ia dewasa nanti. Oleh karena itu sebaaiknya jika hingga 2 tahun si Kecil masih suka gigit pakaian sebaiknya bunda melarangnya.
  2. Memenuhi Kebutuhan Sensorik
    Anak-anak balita akan rentan memiliki kebiasaan menggigiti pakaian yang sedang mereka gunakan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sensorik. Jangan melarang anak, sebaiknya alihkan perhatian anak dengan kegiatan sensorik lainnya agar anak dapat menghindari kebiasaan ini secara perlahan.
    Namun, perhatikan jika anak diatas usia lima tahun masih memiliki kebiasaan menggigiti pakaian. Melansir dari Griffin Occupational Therapy, kondisi ini bisa menandakan bahwa anak mengalami keterlambatan perkembangan sensoriknya. Anak-anak dengan keterlambatan perkembangan akan melakukan kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan sensoriknya, seperti menggigiti pakaian.
  3. Terdapat Masalah pada Gigi dan Mulut Anak
    Ibu, sebaiknya perhatikan kebiasaan anak yang suka menggigiti pakaian. Kondisi ini bisa menandakan adanya masalah pada gigi maupun mulut anak. Tidak ada salahnya untuk segera gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter jika kebiasaan ini disertai dengan gejala lain yang terkait dengan gangguan gigi dan mulut anak.
    Ada berbagai gangguan gigi dan mulut yang dapat dialami oleh anak-anak, seperti gigi yang patah, gigi retak, gigi berlubang, adanya erosi gigi, hingga sariawan pada gusi. Jangan sepelekan kondisi ini karena gangguan pada gigi dapat mengganggu proses tumbuh kembang pada anak.
  4. Anak Mengalami Gangguan Kecemasan
    Melansir dari Moms, kondisi stres dan cemas berlebih terkadang menjadi penyebab utama dari kebiasaan menggigiti pakaian yang kerap dilakukan anak-anak. Dengan menggigiti pakaian yang sedang mereka kenakan, mereka dapat memiliki perasaan yang lebih nyaman sehingga dapat membantunya mengontrol perasaan yang mereka alami.
    Namun, alasan ini tidak dapat diabaikan. Tentunya orangtua perlu segera memberikan perhatian dan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar kondisi kesehatan mental anak dapat segera pulih. Ada beberapa gejala yang bisa ibu perhatikan saat anak mengalami kondisi stres, seperti kehilangan nafsu makan, mengalami penurunan motivasi dalam melakukan hal yang mereka suka, penurunan nilai akademis, sulit berkonsentrasi, lebih mudah marah dan tersinggung, serta mengalami gangguan tidur.
  5. Anak ingin diperhatikan
    Jika anak tidak diperhatikan maka ia akan melakukan hal yang unik dan aneh sehingga bisa membuat orangtuanya menegurnya. Dengan menegurnya ia akan mengaggap bahwa orangtua memperhatikan ia.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 15, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    Kehamilan

  • Oleh : Laurencia
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    malam saya ingin bertanya apakah pada saat pertama kali berhubungan intim tetapi keluar diluar dan mr.p tidak seluruhnya masuk akan tetap memiliki resiko kehamilan ? dan apakah sperma yang menempel pada mulut vagina juga bisa masuk sendiri kedalam vagina ? lalu apakah resiko hamil cukup besar ? Terimakasih

  • Oleh : Laurencia
  • Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

  • Oleh : Iis ismayanti
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    Sperma encer

  • Oleh : Sarah Safitri
  • 2 tahun, 12 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr wb bu bidan saya ingin bertanya apakah pada wanita juga bisa terjadi sperma encer? Lalu jika memang bisa bagaimana cara mengatasi? Karena sebelumnya saya menyadari saat keluar seperti keputihan bentuknya kental lalu kedua kalinya bening seperti air

    Tanya Bidan