×

Orang Tua Bisa Jadi Bullying Anak Sendiri

Bagikan Artikel :

Orang Tua Bisa Jadi Bullying Anak Sendiri

Yang kita ketahui bullying anak hanya terjadi di sekolah antara anak dengan anak. Tapi selain di sekolah bullying juga bisa dialami oleh anak-anak di mana saja, di media social, teman organisasi, teman less dan termasuk di rumah oleh orang tua mereka sendiri.

Memang sedikit aneh jika kita berpikir bahwa orang tua membully anaknya sendiri baik dengan sengaja atau tidak sengaja. Namun, inilah yang tanpa disadari terjadi pada kebanyakan anak di luar sana. Bully, yang biasanya berupa ancaman, intimidasi bahkan kekerasan, orang tua lakukan untuk mengontrol anak agar mengikuti kemauannya, terus-terusan meremehkan kemampuan anak, mengendalikan segala aspek kehidupan anak dan berusaha menegakkan aturan dengan agresif. Persoalan akademik atau pendidikan memang sering mendorong orang tua bersikap keras terhadap anaknya.

Semoga bunda bukan termasuk orang tua yang membully anak bunda sendiri ya. Sebaliknya kita harus selalu mendukung anak-anak kita selama itu baik. Mensupportnya, bukan malah membuat anak menjadi tidak percaya diri.

Cara mendidik anak yang bernuansa bully ini sudah menjadi perhatian Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak). Pasalnya, menurut Ketua Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait, di Indonesia pun korban mulai berjatuhan, bahkan sudah dikategorikan darurat. Lantaran kasus bunuh diri di di kalangan anak Indonesia terus meningkat. Tahun 2014 saja, Arist menyebutkan, ada sebanyak 89 anak meninggal sia-sia karena kasus bunuh diri.

Bully Orang Tua Terhadap Anaknya Berupa…

  1. Memberikan hukuman secara fisik
  2. Merekmehkan kemampuan anak
  3. Mengendalikan segala aspek kehidupan anak
  4. Membandingkan anak dengan saudaranya
  5. Menyebut anak dengan istilah/kata yang menyakiti
  6. Selalu membentak dan menyalahkan anak

Stop Bully Anak Sendiri

Bunda, mari kita sama-sama sadar untuk bisa menghargai pendapat anak. Selalu dukung anak dan berikan kepercayaan selagi dalam batasan yang wajar. Yang terpenting adalah perhatikan saja anak- anak Anda di rumah. Bullying pada anak paling besar disebabkan karena masalah ekonomi dan keharmonisan keluarga. Jika diantara keluarga kita belum harmonis, tidak terlambat untuk membangun keharmonisan keluarga. Hadirkan rasa saling menyayangi, rasa hormat menghargai. Jangan jadikan masalah ekonomi penghanucur keluarga, kedamaian orang tua berpengaruh besar untuk perkembangan otak anak- anaknya. Dapat dibuktikan anak- anak yang cerdas biasanya orang tuanya tak suka melakukan perdebatan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 15, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • 2 tahun yang lalu

    Halo dok ,Maaf saya mau tanya , Saya berhubungan pas masa subur , nah pas 6 hari setelah behubungan itu , saya coba testpack hasilnya positif samar , sengaja gak saya test lagi nungguin sampai tgl haid .. Tapi pas 2 setelah hasil positif samar itu saya ngrasain kram perut yg gak kek biasanya saya mau haid dok , punggung bagian bawah sakit , itu terus sampe tgl haid telat 2 hari baru keluar darah , darahnya agak merah , hari pertama biasanya saya haid itu ga banyak tp ini hari pertama udah banyak ,pas hari ke 2-3 keluar gumpalan dok , dan masih keluar banyak sampe hari ke 6 . Itu saya keguguran dini apa gimana ya dok ?? Terima kasih ..
    Harap kasih dijawab ya dok 🙂

  • Oleh : Eka Eka pangestu
  • daerah kewanitaan

  • Oleh : eti mulyati
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    pagi,saya mau tanya,saya telat datang bulan.harusnya tanggal 12 saya sudah dateng bulan sampe skrng belom.tapi seminggu yg lalu saya keluar cairan kadang2 pekat berwarna putih tapi bau,Minggu skrng keluar lagi cairan warna kuning aga ke ijo2 gitu,kenapa yah dok?? trimakasih

  • Oleh : eti mulyati
  • Benjolan di area miss v

  • Oleh : Fina Noermayanti
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Terdapat benjolan area miss v , terasa gatal dan sakit.saya tidak tahu apakah itu kutil atau bukan, Itu berbahaya atau tidak? Apakah saya harus pergi ke dokter? Atau ada cara lain untuk mengobatinya?

    Masalah vagina

  • Oleh : Anda Ari
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Saya mau bertanya pada saat saya melakukan olah raga seperti kegel atau peregangan mengangkat kaki ada bunyi sprti bunyi becek dan queefing. Saya sdh mnikah dan berumur 28. Apakah itu tanda penyakit?
    Karena saya merasa vagina saya jga sll becek. Bagaimana mengobatinya bu? Makasiih

    Durasi haid lama

  • Oleh : Kiky Meritha
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Hallo, nama saya Kiky Meritha 24 tahun. Beberapa bulan ini durasi menstruasi saya lebih lama dari biasanya. Biasanya durasi menstruasi saya berkisar antara 4 – 5 hari dengan darah yang keluar lancar. Namun akhir akhir ini durasinya bertambah 2 hingga 4 hari. Dimana hari pertama dan kedua biasanya hanya muncul flek flek darah kemudian baru dihari ke 3 dan 4 darah keluar banyak dan kemudian kembali lagi hanya muncul flek flek.
    Sebagai catatan saya siklus haid saya salu normal dengan rata2 31 sampai 32 hari

    Apakah durasi menstruasi saya masih terbilang normal? Apakah ada yang harus saya lakukan agar durasi menstruasi saya kembali normal seperti dulu?

  • Oleh : Kiky Meritha
  • Tanya Bidan