×

Virus Zika Dapat Mempengaruhi Kesuburan Pria

Bagikan Artikel :

Kesuburan pria menjadi faktor penting untuk menunjang program kehamilan jika Anda sedang merencanakan untuk mendapatkan buah hati atau bahkan menunda untuk memiliki momongan. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan baik pria atau wanita. Salah satunya adalah virus zika dapat mempengaruhi kesuburan pria.

Related Posts :

    Bidan Online -, Virus zika merupakan keluarga dari Flaviviridae yang ditularkan ke manusia melalui nyamuk. Gejala virus zika yaitu merasakan sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas dan bisa menyebar ke telapak tangan dan kaki serta merasa demam dan nyeri di punggung.

    Virus Zika masih mengintai kesehatan manusia dan fokus pencegahan untuk penyebarannya masih pada ibu hamil karena jenis virus yang satu ini bisa menyebabkan janin cacat serta terinfeksi. Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang virus yang satu ini dan padahal bahayanya virus zika menyerang pria bisa mengganggu kondisi kesehatan orang yang terserang virus zika.

    Beberapa peneliti menghubungkan virus zika dengan masalah neurologis mulai dari kehilangan penlihatan sementara, depresi, Alzheimer, kelumpuhan yang berisifat sementara dan masalah kognitif lainnya. Pada dasarnya bukannya hanya bisa menyebabkan kondisi kesehatan terganggu tapi juga pada pria jenis virus zika ini bisa mengakibatkan kesuburan pria terganggu.

    Para peneliti sudah melakukan percobaan dengan menyuntikkan virus ke tubuh tikus jantan dan hasilnya dalam kurun waktu tiga minggu, virus bukan hanya menyerang ke testis mereka tapi juga menghancurkan struktur internal dan testis serta menyusut organ hingga 1/10 keukuran normal. Jika struktur dari testis terganggu maka mereka tidak bisa menghasilkan sperma dan testosteron.

    Maka dari itu tikus yang sudah terinfeksi virus zika hanya akan menghasilkan sperma 10 kali lebih sedikit dari pada tingkat rendah testosteron. Jadi bisa disimpulkan virus ini bisa mempengaruhi dan menghambat cara kerja kesuburan pria.

    Walaupun percobaan dilakukan pada tikus jantan tapi bukan berarti hal ini tidak berefek pada menusia, seperti yang dikatakan oleh Michael Diamon. “Sementara studi kami merupakan tikus dan peringan yang belum kita tahu apakah virus zika memiliki dampak yang sama pada pria, itu mungkin menunjukan pria menghadapi testosteron yang rendah dan kadar sperma yang sedikit setelah terinfeksi virus zika.”

    Memang masih membutuhkan waktu lebih lama dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui persisnya bagaimana virus zika bisa mempengaruhi kesuburan pria yang terjadi pada tikus jantan meskipun belum ada buktinya tapi para pria tetap harus waspada terhadap nyamuk yang membawa virus zika.

    Pengobatan Virus Zika

    Virus zika memang jenis yang sudah ditemukan cukup lama tapi hingga sekarang masih belum ada pengobatan yang pasti untuk menyembuhkan penyakit ini. Sedangkan pengobatan yang dilakukan tim medis ketika si penderita dibawa ke rumah sakit atau dokter hanya difokuskan untuk mengurangi gejala yang dirasakan oleh pasien sehingga pasien akan merasa sedikit baik.

    Pengobatan yang biasa diberikan oleh dokter pada penderita adalah cairan untuk mencegah timbulnya dehidrasi obat pereda sakit, mengurangi demam dan obat untuk meredakan sakit kepala yang dirasakan. Biasanya pasien akan diminta untuk beristirahat cukup dengan memberikan aspirin serta obat peradangan yang diberikan untuk mengindari pasien terkena dengue.

    Meskipun terdengar cukup berat tapi untuk menghindari penyebaran penyakit yang lebih parah maka sebaiknya penderita menjalankan saran yang diberikan oleh dokter.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 26, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • Keputihan

  • Oleh : Lina Desiyanti
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu saya ko keputihannya kaya kecampur darah ya,kentel lagi cairannya

    kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Tentang gatal dan panas ditempt yg gatal saat sedang hamil

  • Oleh : Dwi saputro
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam
    Istri saya mengalami gatal gatal dan bintik merah dan di sekitar gatal itu terasa panas apa itu bawaa n bayi??

    Kehamilan

  • Oleh : Diah Kusuma
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya. hari mens pertama saya tgl 13 maret, dan tgl 15 maret harusnya suntik kb 1 bulan. tapi sampai sekarang saya blum kb lagi dan sudah berhubungan. sekarang apa saya hamil ya, dan kapan bisa mulai di testpack nya, trmakasih.

    Tanya Bidan