Bahaya Memberikan Vitamin Berlebihan Pada Anak-anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Seperti yang telah diketahui,  banyak cara alternatif yang sering digunakan oleh para orang tua agar anak-anaknya tumbuh kembang dengan baik serta membuat nafsu makan anak meningkat adalah dengan memberikan vitamin. Vitamin memang sangat bermanfaat dan telah banyak dikonsumsi oleh banyak orang sebagai suplemen kesehatan sehari-hari. Apalagi bagi anak-anak yang sedang tumbuh aktif.

    Vitamin adalah senyawa organik kompleks yang esensial untuk pertumbuhan dan fungsi biologis yang lain bagi makhluk hidup.Vitamin tidak disintesis dalam tubuh,kecuali Vitamin K.Oleh karena itu,makanan yang dikonsumsi harus ada yang mengandung Vitamin.Jika tubuh  kekurangan vitamin akan mengakibatkan penyakit defiensi atau avitamiosis.

    Namun, meskipun baik jika dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan tetap akan menimbulkan hal negatif. Beberapa makanan yang dikonsumsi anak, mengandung terlalu banyak vitamin dan mineral dari yang dibutuhkan. Menurut penelitian baru yang dilakukan oleh Environmental Working Group (EWG), vitamin dan mineral yang terlalu banyak bisa jadi berbahaya daripada bermanfaat bagi tubuh anak.

    Berikut bahaya kelebihan mengkonsumsi suplemen vitamin, antara lain:

    • Vitamin C dapat menyebabkan Diare.
    • Seng atau zinc: Mencegah atau mengurangi penyerapan zat besi, dan bisa berkontribusi menimbulkan gangguan imunitas, anemia, dan masalah jantung.
    • Selenium. Menyebabkan kelelahan, gangguan pencernaan, kerusakan saraf ringan, dan rambut rontok.
    • Vitamin B6 : Kerusakan saraf.
    • Vitamin A : Gangguan hati, kulit, dan tulang.

    Crowe juga mengingatkan bahwa keracunan zat besi yang disengaja merupakan penyebab utama kematian pada anak-anak. Maka dari itu, jika ingin menjaga kesehatan tubuh, sebaiknya pilihlah cara yang alami salah satunya adalah dengan menerapkan pola makan nutrisi yang seimbang.

    Bunda bisa memenuhi kebutuhan vitamin anak-anak dengan memberikan makanan sehat tanpa harus memberikan anak-anak suplemen vitamin.

    Beberapa Sumber makanan yang baik untuk memenuhi vitamin anak.

    • Vitamin A berguna untuk membantu Anda melihat dalam gelap, vitamin ini terkandung dalam telur, daging, melon jingga (cantaloupe), wortel, dan bayam.
    • Vitamin C yaitu berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong organ lain. Banyak terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, tomat, semangka dan sayur-sayuran lainnya
    • Niasin adalah vitamin yang membantu tubuh kita untuk memproduksi energi. Vitamin ini ditemukan dalam ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, serta dalam biji-bijian seperti gandum dan beras merah.
    • Zinc membantu tubuh untuk melawan infeksi. Vitamin ini ditemukan dalam banyak makanan, termasuk produk makanan berbasis gandum, daging, dan kacang-kacangan.

    Sebenarnya tidak bahaya apabila anak-anak diberikan vitamin asal sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan sehingga anak-anak bisa mendapatkan manfaat dari vitamin tersebut untuk kesehatan tubuhnya. Semoga bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 6, 2017
    Diskusi Dari:
    Neng Atna Julianti

    selamat siang ibu bidan saya mau tanya, saya sedang hamil tapi ada benjolan di anus, tidak berdarah hanya terasa perih dan sering mulas saat babnya, ada ga obat yang bisa diminum tapi aman untuk ibu hamil? terima kasih, saya tunggu jawabannya 🙂

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih, apakah anak remaja yang sama sekali belum pernah melakukan hubungan seksual bisa terserang penyakit radang panggul? jika bisa, bagaimana solusi dan pencegahannya? Terimakasih bu bidan…

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    emilia

    Dok saya may tanya, kan saya punya ade yang masih berusia 2 bulan. Awalnya adik saya lahir dengan normal dan juga mata yang normal. Tapi setelah usia adik saya menginjak 1 bulan, tiba tiba saya perhatikan ada warna putih pada bagian mata bagian tengah yang biasanya hitam, itu kira kira kenapa ya dok? jenis penyakit apa kira kira?

    Dijawab Oleh : emilia
    Diskusi Dari:
    Hafis Alfarozi STm

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Dijawab Oleh : Hafis Alfarozi STm
    Diskusi Dari:
    Gek Anik

    Siang bu bidan.

    2 bulan lagi rencananya saya akan melangsungkan pernikahan dan saya beserta calon suami memilki keinginan untuk tidak menunda memiliki momongan. Yang saya mau tanyakan pada waktu kapankan masa subur ini terjadi? Dan kapan waktu yang pas untuk melakukan hubungan agar segera mendapatkan momongan ketika kelak kami menikah?

    Perlu Jawaban