×

Cara Membangun Inner Strength Pada Anak

Bagikan Artikel :

Cara Membangun Inner Strength Pada Anak

Setiap anak memiliki potensi yang unik dan berbeda-beda. Oleh karena itu mendidik anak di era milenial yang serba kreatif ini diperlukan adanya kebijaksanaan dari orang tua maupun guru. Sehingga anak memiliki potensi dari dalam yang perlu ditumbuhkan.

Setiap potensi yang tumbuh pada anak bermula dari inner strength. Inner strength merupakan kekuatan positif yang ada dalam diri setiap orang. Apabila diasah dan dilatih dengan baik, inner strength mampu menciptakan generasi yang kuat dan tangguh.

Sebagai orang tua, perlu membantu anak membangun inner strength di masa tumbuh kembangnya untuk dijadikan pijakan dalam kehidupan, baik individu maupun sosial.

Related Posts :

    Anak yang memiliki inner strength menunjukkan pertumbuhan fisik dan psikis yang baik, mampu mengatasi masalah, senang berbuat baik, dan percaya diri.

    Membangun Inner Strength Pada Anak

    1. Keselamatan dan keamanan
      Untuk membangun inner strenght, anak-anak perlu merasa dicintai dan aman. Mereka membutuhkan keluarga yang dekat, yang menghabiskan waktu bersama secara teratur, dan menawarkan tempat berlindung yang aman saat mereka tumbuh. Beri kesempatan eksplorasi untuk melatih keterampilan baru dan mengatasi masalah dengan cara kreatifnya sendiri.
    2. Kemampuan bersosialisasi
      Tanamkan nilai bermasyarakat yang baik, contohnya dengan tidak merendahkan orang lain dan menghargai perbedaan. Beri kesempatan bermain dengan teman-temannya untuk belajar berinteraksi sosial, bahasa, dan emosional.
      Kemampuan bersosialisasi juga bermanfaat untuk mengatasi konflik yang melibatkan lebih banyak orang karena memberinya perspektif baru.
    3. Percaya diri dan mandiri
      Ajarkan anak mengakui dan menerima segala perasaannya, validasi, dan carilah solusi bersama untuk mengatasinya. Berikan kesempatan anak untuk mandiri sesuai usianya, misalnya membereskan mainan dan memilih baju yang ingin dipakainya.
      Bantu kemampuan berpikir, ikuti perkembangan sekolahnya, serta tunjukkan ketertarikan pada hal yang dipelajari anak.
    4. Percaya diri dan mandiri
      Ajarkan anak mengakui dan menerima segala perasaannya, validasi, dan carilah solusi bersama untuk mengatasinya. Berikan kesempatan anak untuk mandiri sesuai usianya, misalnya membereskan mainan dan memilih baju yang ingin dipakainya. Bantu kemampuan berpikir, ikuti perkembangan sekolahnya, serta tunjukkan ketertarikan pada hal yang dipelajari anak.
    5. Ajarkan etika dan kontrol diri
      Buatlah aturan dengan alasan yang masuk akal, kemudian jelaskan pada anak terkait evaluasi dan konsekuensinya. Pastikan menerapkan teknik disiplin yang positif tanpa kekerasan yang sesuai dengan etika dan nilai keluarga. Ajarkan kontrol diri, misalnya saat mengalami konflik, marah, atau stres agar tidak mengumpat atau bersikap buruk terhadap orang lain.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mendapatkan anak laki laki

  • Oleh : Rizki Putra
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Program yg tepat

    Bingung hamil atau tidak

  • Oleh : Canti Cintia
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan. Saya mau nanya. Saya udah 6 lebih ngga haid. Saya tes hasilnya negatif terus. Saya usg di bidan juga samar2 bidannya gk mau mesmastikan entah itu apa katanya bukan kista bukan penggumpalan darah dan bukan penebalan dinding rahim. Saya binggung soalnya udah pindah2 bidan katanya juga ga hamil tp perut saya makin membesar sekarang kaki bengkak. Pas 4 bulan sering kedutan. perut saya sekarang beda lagi rasanya lebih kayak gerakan. Kadang suka kenceng. Itu knp ya bu soalnya kalo kata tukang urut saya memang hamil tp kok gitu ya

  • Oleh : Canti Cintia
  • Wasir / Ambeien Saat Hamil

  • Oleh : Opik Taufik
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Payudara nyeri, perut membesar, telat haid 3 hari, muncul flek coklat

  • Oleh : Chika Chikacici
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Bulan lalu saya haid tgl 26 sept. Bulan ini saya telat 3 hari, ada flek coklat tgl 28 okt. Sblm muncul flek, saya merasa perut saya membesar, pyudara saya nyeri, dan emosional saya meningkat. Apakah saya hamil ?

  • Oleh : Chika Chikacici
  • Tanya Bidan