×

Karakter Si Kecil Bisa Dilihat Dari Gaya Tidurnya

Bagikan Artikel :

Karakter Si Kecil Bisa Dilihat Dari Gaya Tidurnya

Di balik gayanya yang menggemaskan, ternyata posisi tidur bayi bisa mengungkapkan karakter si kecil saat dewasa nanti, lho! Nah lho kalau posisi tidur favorit si Kecil yang mana nih Mom? Tengkurap kah atau terlentang? Yuk kita bahas satu-satu!

  1. Posisi tengkurap
    Ketika melihat anak Anda tertidur dalam posisi tengkurap atau posisi dadanya mengenai kasur, tentu Anda tak ingin mengganggu tidur nyenyak si kecil. Dikutip dari laman Goodtimes(dot)my, anak yang tidur dalam posisi ini menunjukkan bahwa ia akan tumbuh menjadi anak yang selalu merasa aman, tenang, dan tentunya bahagia.
    Namun sebenarnya, posisi tidur ini tidak dianjurkan karena tidak baik untuk sirkulasi darah dan alasan keamanan mereka. Ya, risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) umumnya akan mengintai si kecil jika ia tidur dengan posisi tengkurap. SIDS pun lebih sering terjadi pada bayi di bawah 1 tahun. Maka dari itu, jika melihat anak tidur dengan posisi tengkurap, orang tua pun disarankan untuk mengubah posisi tidurnya ke yang lebih aman, seperti telentang.
  2. Tidur tenang atau tidur tanpa banyak gerakan
    Anak yang tidur nyenyak sepanjang malam dengan tangan berada di dada, hanya sedikit bergerak tanpa mengubah posisinya, dipercaya akan tumbuh menjadi anak baik yang selalu menuruti perkataan orang tua. Meski begitu, mereka juga cenderung menjadi anak yang pendiam dan tertutup, Moms. Hal ini pun membuat dirinya merasa tidak nyaman dan mudah cemas.
    Nah Moms, jika anak Anda termasuk yang pendiam dan mudah cemas, Anda bisa memberikannya stimulasi untuk lebih berani dan memotivasi si kecil untuk lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
  3. Posisi starfish (tangan dan kaki terbuka)
    Kenapa dinamakan posisi starfish? Karena posisi ini digambarkan dengan posisi kedua tangan diletakkan di sisi kepala dan kedua kakinya terbuka. Anak yang tidur dengan posisi ini menunjukkan bahwa dirinya adalah pribadi yang ramah. Selain itu, mereka adalah anak yang aktif dan disukai banyak orang.
    Tak ada yang perlu Anda khawatirkan jika si kecil senang tidur dengan posisi ini.
  4. Tidur dengan banyak gerakan
    Anak yang tidur dengan banyak gerakan atau berpindah-pindah posisi ke kanan-kiri atau sebaliknya sering kali membuat orang tua khawatir. Tak jarang, hal ini membuat orang tua harus terus mengawasi tidurnya karena khawatir si kecil terjatuh dari tempat tidur.
    Tapi tenang saja, Moms. Gerakan aktifnya ketika tidur, sebenarnya menunjukkan tanda bahwa ia akan tumbuh menjadi orang yang ceria dan menyenangkan banyak orang.
  5. Posisi tidur meringkuk
    Gemas memang melihat anak yang gaya tidurnya meringkuk. Bahkan, ada anak-anak yang suka mempertahankan sesuatu saat tidur, memeluk guling misalnya, agar tidurnya lebih nyenyak.
    Kebiasaan si kecil yang suka tidur dengan posisi ini menunjukkan bahwa diri mereka merasa kurang aman. Ya Moms, jangan biarkan anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang tertutup. Anda mungkin perlu menghabiskan waktu lebih banyak lagi bersamanya agar si kecil merasa aman.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 1, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ngilu sendi dan sekitar vagina

  • Oleh : willianbyrnes6
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

    Terlambat haid

  • Oleh : Ani Kumala
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mau tanya bu bidan saya haid Biasany tgl 19 sudah cek HCG 3 kali tp negatif??
    Tetapi saya belum haid juga apakah hasil HCG yg negatif bisa hamil?????

    Apakah KB aman untuk wanita yang baru menikah?

  • Oleh : Alfiyah
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

    Cara Mencegah Virus Zika

  • Oleh : Hasya
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Sekarang ini lagi heboh penyebaran virus zika yang tengah masuk ke Singapura dan ditakutkan juga bisa masuk ke Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita, terutama ibu hamil bisa terhindar dari virus zika tersebut ? Katanya yang dengar, virus zika bisa mengganggu perkembangan otak bayi dan membuatnya cacat otak. Mohon penjelasannya bu, terimakasih

  • Oleh : Hasya
  • Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan