×

Karakter Si Kecil Bisa Dilihat Dari Gaya Tidurnya

Bagikan Artikel :

Karakter Si Kecil Bisa Dilihat Dari Gaya Tidurnya

Di balik gayanya yang menggemaskan, ternyata posisi tidur bayi bisa mengungkapkan karakter si kecil saat dewasa nanti, lho! Nah lho kalau posisi tidur favorit si Kecil yang mana nih Mom? Tengkurap kah atau terlentang? Yuk kita bahas satu-satu!

  1. Posisi tengkurap
    Ketika melihat anak Anda tertidur dalam posisi tengkurap atau posisi dadanya mengenai kasur, tentu Anda tak ingin mengganggu tidur nyenyak si kecil. Dikutip dari laman Goodtimes(dot)my, anak yang tidur dalam posisi ini menunjukkan bahwa ia akan tumbuh menjadi anak yang selalu merasa aman, tenang, dan tentunya bahagia.
    Namun sebenarnya, posisi tidur ini tidak dianjurkan karena tidak baik untuk sirkulasi darah dan alasan keamanan mereka. Ya, risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) umumnya akan mengintai si kecil jika ia tidur dengan posisi tengkurap. SIDS pun lebih sering terjadi pada bayi di bawah 1 tahun. Maka dari itu, jika melihat anak tidur dengan posisi tengkurap, orang tua pun disarankan untuk mengubah posisi tidurnya ke yang lebih aman, seperti telentang.
  2. Tidur tenang atau tidur tanpa banyak gerakan
    Anak yang tidur nyenyak sepanjang malam dengan tangan berada di dada, hanya sedikit bergerak tanpa mengubah posisinya, dipercaya akan tumbuh menjadi anak baik yang selalu menuruti perkataan orang tua. Meski begitu, mereka juga cenderung menjadi anak yang pendiam dan tertutup, Moms. Hal ini pun membuat dirinya merasa tidak nyaman dan mudah cemas.
    Nah Moms, jika anak Anda termasuk yang pendiam dan mudah cemas, Anda bisa memberikannya stimulasi untuk lebih berani dan memotivasi si kecil untuk lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.
  3. Posisi starfish (tangan dan kaki terbuka)
    Kenapa dinamakan posisi starfish? Karena posisi ini digambarkan dengan posisi kedua tangan diletakkan di sisi kepala dan kedua kakinya terbuka. Anak yang tidur dengan posisi ini menunjukkan bahwa dirinya adalah pribadi yang ramah. Selain itu, mereka adalah anak yang aktif dan disukai banyak orang.
    Tak ada yang perlu Anda khawatirkan jika si kecil senang tidur dengan posisi ini.
  4. Tidur dengan banyak gerakan
    Anak yang tidur dengan banyak gerakan atau berpindah-pindah posisi ke kanan-kiri atau sebaliknya sering kali membuat orang tua khawatir. Tak jarang, hal ini membuat orang tua harus terus mengawasi tidurnya karena khawatir si kecil terjatuh dari tempat tidur.
    Tapi tenang saja, Moms. Gerakan aktifnya ketika tidur, sebenarnya menunjukkan tanda bahwa ia akan tumbuh menjadi orang yang ceria dan menyenangkan banyak orang.
  5. Posisi tidur meringkuk
    Gemas memang melihat anak yang gaya tidurnya meringkuk. Bahkan, ada anak-anak yang suka mempertahankan sesuatu saat tidur, memeluk guling misalnya, agar tidurnya lebih nyenyak.
    Kebiasaan si kecil yang suka tidur dengan posisi ini menunjukkan bahwa diri mereka merasa kurang aman. Ya Moms, jangan biarkan anak Anda tumbuh menjadi pribadi yang tertutup. Anda mungkin perlu menghabiskan waktu lebih banyak lagi bersamanya agar si kecil merasa aman.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 1, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Bintik di vagina

  • Oleh : Icha Icha
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya remaja umur 16 thn, belum pernah hub sexual. Tdi saya pipis dan pas cebok kok kerasa ada bintik gtu pas saya cek dn senterin emg ada. Warnanya kayak kulit gtu agak gatel tpi g bgt. Itu kenapa y dok saya panik bgt dri tadi. Kebetulan tdi sya blm mandi dn blm ganti celana dalam yg kemaren. Kelupaan jga. Trs jga saya kalo pipis jrg cebok pke tgn jri pke air selang gtu dan biasanya g saya keringin pke tisu jdi kadang basah gtu celana dalemnya. Itu kenapa y dok?

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    sudah lebih dari satu bulan tidak menstruasi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    saya mau tanya ni bu bidan, sudah lebih dari satu bulan ini saya tidak menstruasi, apakah ini awal mula tanda-tanda kehamilan ?

    Penanganan herpes zoster

  • Oleh : puji
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    Tanya Bidan