×

Tips Cara Untuk Mengurangi Gatal Pada Perut Selama Hamil

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Beberapa diantara ibu hamil tentu akan mengalami yang namanya peregangan kulit atau yang akrab kita sebut dengan streatchmark. Ibu hamil yang sedang memasuki usia kehamilan di trisemester ketiga pastinya sering mengalami gatal bahkan kesemutan pada bagian perut, sehingga ibu hamil melakukan gerakan yang tidak disadari yaitu menggaruk perut. Perlu diketahui menggaruk bagian tubuh yang mengalmi gatal saat anda sedang hamil terutama pada bagian perut ibu hamil dan juga payudara bukanlah sebuah solusi yang baik untuk mengurangi gatal.

Karena gatal yang dirasakan pada bagain perut ibu hamil, merupakan suatu gejala kehamilan yang umum dan hampir semua ibu hamil mengalaminya. Janin dalam perut mengalami perkembangan yang mengakibatkan perut membesar, kulit anda menjadi meregang dengan cepat, membuat anda semakin mengurangi kelembaban dan membuat anda gatal dan juga merasa tidak nyaman.

Rasa gatal yang terdapat pada perut bisa disebabkan oleh adanya perubahan hormon, yaitu yang berhubungan dengan peningkatan estrogen didalam tubuh anda. Selain rasa gatal tersebut disebabkan karena kulit kering atau disebabkan karena perkembangan eksim yang memburuk dimasa kehamilan.

Pada umumnya langkah ibu hamil dalam mengurangi rasa gatal tersebut biasanya hanya dengan menahannya atau dengan mengulas bagian perut yang mengalami gatal. Sebenarnya selain dengan cara demikian ada Tips Cara Untuk Mengurangi Gatal Pada Perut Saat Hamil, yang tentunya akan membantu ibu hamil dalam mengatasi gatal supaya tidak menimbulkan bekas dikemudian hari.

Tips Mengurangi Gatal Pada Perut Ibu Hamil

  1. Menggunakan Pakaian yang Longgar
    Pada saat hamil, menggunakan pakaian yang longgar tentunya sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, selain akan membuat nyaman ketika dikenakan, pakaian yang longgar juga akan membantu anda menguarngi rasa gatal pada bagian perut. Anda bisa memilih pakaian yang bisa mendukung kegitan sehari hari hari anda, atau anda juga bisa memilih pakaian yang berbahan katun sehingga mudah untuk bisa menyerap keringat anda.

  2. Gunakankan Minyak Lidah Buaya atau Olive Oil
    Oleskan saja minyak lidah buaya atau olive oil pada bagian tubuh yang biasa akan mengalami gatal, langkah ini sangat efektif untuk mencegah rasa gatal saat anda hamil, terutama pada bagian perut supaya tidak menimbulkan stretch mark. Cara ini bisa dilakukan setelah mandi, dan oleskan secara merata.
  3. Menghindari Air Hangat
    Bila anda mandi dengan air hangat, maka akan mengurangi kinerja dari minyak lidah buaya, selain itu menggunakan air hangat juga akan menyebabkan kulit menjadi kering dan bisa menambah rasa gatal tersebut.
  4. Menggunakan Bakin Soda dan Air
    Bakin soda yang dicampur dengan air hingga menjadi pasta bisa anda oleskan pada kulit yang memiliki bercak bercak iritasi. Hal ini akan membantu mengurangi rasa gatal. Setelah pasta yang dioleskan mengering anda dapat membilasnya dengan air sampai bersih.
  5. Penuhi Asupan Cairan yang Dibutuhkan Tubuh
    Mengkonsumsi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh merupakan salah satu cara terbaik dimasa kehamilan anda, selain akan memenuhi kebutuhan cairan juga bisa melembabkan kulit anda dan juga akan terhindar dari rasa gatal yang berlebih pada bagian perut.  Baca juga : Pentingnya Asupan Kalsium Saat Masa Kehamilan

  6. Jangan Menggunakan Sabun Mandi
    Memilih sabun mandi untuk menghilangkan rasa gatal pada bagian perut, bukanlah sebuah solusi yang tepat, dan sabun mandi yang tidak disarankan adalah sabun mandi yang memliki aroma sehingga akan menambah rasa gatal dan juga mengembangkan iritasi pada kulit perut anda.

Itulah beberapa diantaranya yang bisa kami sampaikan pada kesempatan
kali ini semoga informasi ini bisa membantu para ibu hamil dalam cara
dan langkah mengurangi serta menghilangkan gatal pada perut selama
kehamilan.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 4, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

  • Oleh : Obey Hungkul
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Pagi ibu bidan, saya mau tanya kenapa ibu hamil dilarang makan makanan pedas dan asam?

  • Oleh : Obey Hungkul
  • makanan

  • Oleh : arizka fabianti
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok mau tanya … sya hamil anak ke 2 ini kalau makan yang gizi gizi malah membuat mual tp kalau makan makanan tanpa kuah sama mie instan mau …kadang makan sayur keluar lagi….liat sayur aja mual….gmn mengatasinya dok biar saya gk bergantung makanan nggak sehat…sedangkan makanan tidak sehat tidak membuat nafsu makan sy …mohon jawabannya …trima kasih

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Jaga Produksi

  • Oleh : Miftahul Fikri
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya duda yang ingin tanya bagaimana cara jaga kesuburan sperma di masa duda?

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    Tanya Bidan