×

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bidan Online-, Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi -, Kelahiran si kecil menjadi anugerah yang sangat indah bagi Anda dan keluarga, kebahagiaan yang sulit untuk digambarkan bahkan sampai terus memantau tumbuh kembang si kecil dengan hal – hal yang menakjubkan di lakukan oleh bayi Anda. Setiap orang tua pasti menginginkan bayi yang dilahirkannya tumbuh sehat. Sehingga pada saat kelahiran tiba pemeriksaan kelengkapan organ tubuh bayi dilakukan oleh perawat yang membantu kelahiran bayi Anda. Namun bukan hanya sehat saja, terkadang ibu juga mengkhawatirkan adanya tanda yang melekat pada tubuh bayi.

Tanda yang ada di tubuh bayi ini dikenal dengan tanda lahir bayi yang memiliki perbedaan masing – masing pada bayi. Meskipun memang ada bayi yang memilikinya ada pula yang tidak. Meskipun demikian rata – rata 9-10 kelahiran bayi memiliki tanda kelahiran bahaya pada tubuh bayi. Hanya saja beberapa tanda lahir harus Anda kenali jadi jika tanda lahir tersebut membesar seiring waktu harus diperiksakan pada dokter.

Bayi memiliki tanda lahir yang berbeda – beda, baik bentuk, warna dan ukurannya. Salah satu tanda lahir bayi yang akan dibahas kali ini yaitu tanda lahir berwarna merah pada bayi. Tanda lahir yang bisa muncul langsung pada bayi pada saat dilahirkan atau baru dikenali setelah beberapa hari kelahiran. Anda bisa berkonsultasi pada dokter jika tanda lahir semakin membesar dan menganggu fungsi bagian tubuh bayi. Seperti tanda lahir bercak merah yang timbul disebut dengan tanda lahir strawberry Hemangioma.

Strawberry Hemangioma adalah kelainan secara vaskular yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan adanya pertumbuhan pada permukaan kulit yang berwarna merah dan timbul. Pada umumya tanda lahir strawberry hemangioma ini memiliki tepian yang halus dan jaringan yang berongga. Strawberry Hemangioma akan muncul pada bagian tubuh mana saja meskipun seringkali strawberry hemangioma ditemui pada bagian leher atau wajah. Pada masing – masing anak kasus strawberry hemangioma ini berbeda – beda.

Jika dibandingkan dengan bayi laki – laki, kasus strawberry hemangioma ini lebih banyak dialami oleh perempuan dan pada 10% bayi yang mendapatkan tanda lahir strawberry hemangioma dalam rentan waktu usia 13 buylan akan hilang sedangkan sissanya sebanyak 90% akan hilang setelah menginjak usia 10 tahun.

Related Posts :

    Tanda lahir ini tidak akan menggaggu jalannya fungsi organ, jika menganggu sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Pengobatan yang biasanya digunakan yaitu laser atau kombinasi dengan laser dan operasi. Melakukan pemeriksaan dini bisa mengetahui tanda lahir anak dan membantu Anda untuk melakukan penanganan dini.

    Jadi bagi Anda yang menemukan tanda merah pada anak atau disebut dengan Strawberry  Hemangioma jangan terburu – buru khawatir karena masing – masing kondisi anak berbeda – beda. Begitu juga dengan strawberry hemangioma tidak semuanya harus dilakukan dengan cara laser atau operasi ada juga yang menghilang dengan sendirinya.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 21, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    kb

  • Oleh : astri novianti
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    dok kalau pingin ganti kb iud ke kb suntik 3bulan sekali gak apa” ta dok

  • Oleh : astri novianti
  • Ciri2 ibu hamil terkena rubella dan sejenisnya

  • Oleh : Rara Anteng
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok mau tanya. Pas hamil 5 bln saya masuk rumah sakit karna semua otot saya sakit dan panas juga setelah itu memasuki usia kandungan 30w jari kaki tengah saya sakit sprt kesemutan itu sampai 1bln tidak hilang2. Dan sekarang memasuki 37w saya malah flu atau sering keluar lendir di hidung dan mulut apakah itu ciri2nya virus rubella dok, secara kerja saya sering berinteraksi dgn anak2 yg terkena rubella dari kandungan . terimakasih

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Keluhan mestruasi

  • Oleh : Nurul Rohmah
  • 4 minggu, 1 hari yang lalu

    Halo dokter, saya mau tanya.
    Mens saya 2 bulan terakhir selalu telat, dan di mens kali ini perut saya bnrbnr sakit. Itu tanda apa ya dok?
    Mohon penjelasannya. Terima kasih

  • Oleh : Nurul Rohmah
  • Benjolan di vagina

  • Oleh : nadila ariska
  • 12 bulan yang lalu

    selamat malam ,saya perempuan umur 19 tahun belum menikah, di dalam lubang vagina saya terdapat benjolan yang menutupi lubang tersebut. Benjolannya tidak keras dan tidak juga lunak. Untuk siklus haid saya sangat teratur.saya baru menyadari adanya benjolan tersebut saat buang air kecil,dan disaat tumbuhnya pun saya tidak merasakan apa-apa,tidak ada gatal juga. Sudah hampir 2bulan saya mempunyai benjolan ini,dan tidak kunjung mengecil ataupun menghilang. Saya tidak pernah berhubungan badan,tetapi saya pernah mainin lubang saya dengan cara menusuk-nusuk nya dengan jari.Dan disaat itulah timbul rasa yang sangat nyeri .Untuk penyakit ini apakah berbahaya Bu? dan apakah bisa sembuh ?. Itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf,terima kasih sebelumnya Bu.

  • Oleh : nadila ariska
  • Tanya Bidan