×

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bidan Online-, Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi -, Kelahiran si kecil menjadi anugerah yang sangat indah bagi Anda dan keluarga, kebahagiaan yang sulit untuk digambarkan bahkan sampai terus memantau tumbuh kembang si kecil dengan hal – hal yang menakjubkan di lakukan oleh bayi Anda. Setiap orang tua pasti menginginkan bayi yang dilahirkannya tumbuh sehat. Sehingga pada saat kelahiran tiba pemeriksaan kelengkapan organ tubuh bayi dilakukan oleh perawat yang membantu kelahiran bayi Anda. Namun bukan hanya sehat saja, terkadang ibu juga mengkhawatirkan adanya tanda yang melekat pada tubuh bayi.

Tanda yang ada di tubuh bayi ini dikenal dengan tanda lahir bayi yang memiliki perbedaan masing – masing pada bayi. Meskipun memang ada bayi yang memilikinya ada pula yang tidak. Meskipun demikian rata – rata 9-10 kelahiran bayi memiliki tanda kelahiran bahaya pada tubuh bayi. Hanya saja beberapa tanda lahir harus Anda kenali jadi jika tanda lahir tersebut membesar seiring waktu harus diperiksakan pada dokter.

Bayi memiliki tanda lahir yang berbeda – beda, baik bentuk, warna dan ukurannya. Salah satu tanda lahir bayi yang akan dibahas kali ini yaitu tanda lahir berwarna merah pada bayi. Tanda lahir yang bisa muncul langsung pada bayi pada saat dilahirkan atau baru dikenali setelah beberapa hari kelahiran. Anda bisa berkonsultasi pada dokter jika tanda lahir semakin membesar dan menganggu fungsi bagian tubuh bayi. Seperti tanda lahir bercak merah yang timbul disebut dengan tanda lahir strawberry Hemangioma.

Strawberry Hemangioma adalah kelainan secara vaskular yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan adanya pertumbuhan pada permukaan kulit yang berwarna merah dan timbul. Pada umumya tanda lahir strawberry hemangioma ini memiliki tepian yang halus dan jaringan yang berongga. Strawberry Hemangioma akan muncul pada bagian tubuh mana saja meskipun seringkali strawberry hemangioma ditemui pada bagian leher atau wajah. Pada masing – masing anak kasus strawberry hemangioma ini berbeda – beda.

Related Posts :

    Jika dibandingkan dengan bayi laki – laki, kasus strawberry hemangioma ini lebih banyak dialami oleh perempuan dan pada 10% bayi yang mendapatkan tanda lahir strawberry hemangioma dalam rentan waktu usia 13 buylan akan hilang sedangkan sissanya sebanyak 90% akan hilang setelah menginjak usia 10 tahun.

    Tanda lahir ini tidak akan menggaggu jalannya fungsi organ, jika menganggu sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Pengobatan yang biasanya digunakan yaitu laser atau kombinasi dengan laser dan operasi. Melakukan pemeriksaan dini bisa mengetahui tanda lahir anak dan membantu Anda untuk melakukan penanganan dini.

    Jadi bagi Anda yang menemukan tanda merah pada anak atau disebut dengan Strawberry  Hemangioma jangan terburu – buru khawatir karena masing – masing kondisi anak berbeda – beda. Begitu juga dengan strawberry hemangioma tidak semuanya harus dilakukan dengan cara laser atau operasi ada juga yang menghilang dengan sendirinya.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 21, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Terlambat haid

  • Oleh : Yuni Arra
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bu saya terakhir menstruasi tanggal 1 februari, siklus menstruasi saya 28 hari dan tidak pernah terlambat,
    Kemaren saya tespek hasil negatif, hari ini perut saya kram seperti mau haid tp lebih sakit lagi dan pegel2 juga itu kenapa ya ? Mohon di jawab . Terimakasih bu …

    Perut gaenak

  • Oleh : Reska Siti
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Perut saya bagian bawahnya mengeras sering sendawa sering kentut terus sering keram gitu di area perut atas dan bawah dan biasa nya kalo mau tiba menstruasi suka keputihan atau keluar lendir bening tapi sekarang kok jadi gaada ini tanda kehamilan apa begah disebabkan makanan?

  • Oleh : Reska Siti
  • Masalah keputihan

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanyak pasangan saya mengalami keputihan kayak air gitu terus gk haid² dia nya terlambat 3 minggu

  • Oleh : Ahmad Ahmad
  • Keputihan

  • Oleh : Adelia Safa
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Mau tanya nih, bagaimana ya cara alami mengobati keputihan yang terus menerus, padahal saya juga sudah mengganti celana dalam setiap hari, membasuh miss v setelah BAK, dan pokoknya mengikuti langkah seperti di internet. Soalnya kadang kadang keputihannya juga menimbulkan bau. Minta bantuannya ya. Terima kasih.

    Rambut Anak Susah Tumbuh

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 6 tahun yang lalu

    Saya mau tanya nih bu bidan seputar rambut bayi, anak saya berumur 1,5 tahun tapi pertumbuhan rambut nya kok sedikit sekali yah. Kira-kira penyeba nya apa saja yah ? saya lihat teman sebayanya rambutnya bagus semua bu bidan. saya khawatir sekali terlebih anak saya itu perempuan.

    Tanya Bidan