×

Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bidan Online-, Bahayakah Tanda Lahir Berwarna Merah Pada Bayi -, Kelahiran si kecil menjadi anugerah yang sangat indah bagi Anda dan keluarga, kebahagiaan yang sulit untuk digambarkan bahkan sampai terus memantau tumbuh kembang si kecil dengan hal – hal yang menakjubkan di lakukan oleh bayi Anda. Setiap orang tua pasti menginginkan bayi yang dilahirkannya tumbuh sehat. Sehingga pada saat kelahiran tiba pemeriksaan kelengkapan organ tubuh bayi dilakukan oleh perawat yang membantu kelahiran bayi Anda. Namun bukan hanya sehat saja, terkadang ibu juga mengkhawatirkan adanya tanda yang melekat pada tubuh bayi.

Tanda yang ada di tubuh bayi ini dikenal dengan tanda lahir bayi yang memiliki perbedaan masing – masing pada bayi. Meskipun memang ada bayi yang memilikinya ada pula yang tidak. Meskipun demikian rata – rata 9-10 kelahiran bayi memiliki tanda kelahiran bahaya pada tubuh bayi. Hanya saja beberapa tanda lahir harus Anda kenali jadi jika tanda lahir tersebut membesar seiring waktu harus diperiksakan pada dokter.

Bayi memiliki tanda lahir yang berbeda – beda, baik bentuk, warna dan ukurannya. Salah satu tanda lahir bayi yang akan dibahas kali ini yaitu tanda lahir berwarna merah pada bayi. Tanda lahir yang bisa muncul langsung pada bayi pada saat dilahirkan atau baru dikenali setelah beberapa hari kelahiran. Anda bisa berkonsultasi pada dokter jika tanda lahir semakin membesar dan menganggu fungsi bagian tubuh bayi. Seperti tanda lahir bercak merah yang timbul disebut dengan tanda lahir strawberry Hemangioma.

Strawberry Hemangioma adalah kelainan secara vaskular yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan adanya pertumbuhan pada permukaan kulit yang berwarna merah dan timbul. Pada umumya tanda lahir strawberry hemangioma ini memiliki tepian yang halus dan jaringan yang berongga. Strawberry Hemangioma akan muncul pada bagian tubuh mana saja meskipun seringkali strawberry hemangioma ditemui pada bagian leher atau wajah. Pada masing – masing anak kasus strawberry hemangioma ini berbeda – beda.

Related Posts :

    Jika dibandingkan dengan bayi laki – laki, kasus strawberry hemangioma ini lebih banyak dialami oleh perempuan dan pada 10% bayi yang mendapatkan tanda lahir strawberry hemangioma dalam rentan waktu usia 13 buylan akan hilang sedangkan sissanya sebanyak 90% akan hilang setelah menginjak usia 10 tahun.

    Tanda lahir ini tidak akan menggaggu jalannya fungsi organ, jika menganggu sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Pengobatan yang biasanya digunakan yaitu laser atau kombinasi dengan laser dan operasi. Melakukan pemeriksaan dini bisa mengetahui tanda lahir anak dan membantu Anda untuk melakukan penanganan dini.

    Jadi bagi Anda yang menemukan tanda merah pada anak atau disebut dengan Strawberry  Hemangioma jangan terburu – buru khawatir karena masing – masing kondisi anak berbeda – beda. Begitu juga dengan strawberry hemangioma tidak semuanya harus dilakukan dengan cara laser atau operasi ada juga yang menghilang dengan sendirinya.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 21, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Menunda kehamilan

  • Oleh : Septiani Wilma
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Dok mau tanya,
    Saya baru menikah masih bisa dibilang perawan, saya ingin berhubungan intim tapi kepengen dulu menikmati masa berdua setelah menikah!! Pertanyaannya gmna cara menunda kehamilan yang benar pas malam pertama???

  • Oleh : Septiani Wilma
  • Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Telat haid

  • Oleh : Nur Halimah
  • 4 bulan, 1 minggu yang lalu

    Halo bu, saya seorang remaja umur 21 tahun belum menikah. Saya telat haid sekitar 3 bulan dan baru2 ini merasa badan lemas dan agak mual. Apa itu wajar?

  • Oleh : Nur Halimah
  • Pantangan ibu hamil

  • Oleh : FR
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Bolehkah ibu hamil usia 40 minggu banyak makan buah nanas ?

    Tanya Bidan