×

Bayi Sering Terkaget – Kaget Saat Tidur

Bagikan Artikel :

Hai calon ibu dan calon ayah atau sudah ada yang menjadi ibu dan ayah selamat datang di webiste Bidan Online. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai Bayi Sering Terkaget – Kaget Saat Tidur. Bayi sendiri memiliki berbagai macam cara untuk menunjukan kondisi yang sedang dirasakannya. Ada kondisi normal yaitu kondisi yang umum dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi serta yang selanjutnya kondisi abnormal dimana kondisi yang satu ini menunjukan adanya perbedaan dari pertumbuhan bayi pada umumnya. Dengan mengetahui normal dan abrnormal maka Anda harus mengenali ciri – ciri yang terjadi sebelum berkonsultasi dengan ahli medis.

Bayi memiliki perkembangan yang berbeda dan hal ini terkadang membuat para orang tua khawatir, seperti kenapa bayi saya tidak sama dengan bayi dia dan ini adalah hal yang wajar jadi perlu Anda ketahui, perkembangan bayi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor sehingga Anda tidak perlu terburu – buru khawatir pada bayi Anda.

Perkembangan bayi juga bisa dilihat ketika saat tidur, kondisi bayi sendiri pada saat sedang tertidur ada berbagai macam – macam, salah satunya sering kaget saat sedang tidur. Mungkin sebagian orang tua pernah memergoki bayi yang kaget saat sedang tertidur, padahal bayi tidak mendengar suara apapun dan apakah hal ini normal?

Bayi yang baru lahir dan mengalami kaget – kaget saat sedang tidur adalah hal wajar, terlebih lagi jika bayi Anda mendengar suara – suara yang dianggapnya masih asing. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan bayi yang sering kali mengalami kaget ketika tidur saat usianya 4-5 bulan. Kondisi seperti ini bisa disebut dengan refleks primitive yang menjadi bagian dari adaptasi dan refleks ini dikenal dengan refleks moro sehingga membantu bayi Anda dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru.

Bayi yang mengalami kaget pada saat sedang tidur adalah pertanda bahwa indera pendengaran pada bayi berfungsi. Hal ini menandakan adanya otot refleks yang bekerja dan Anda tidak perlu khawatir karena justru jika bayi kurang peka dengan perubahan lingkungan dan tidak adanya refleks moro yang perlu dikhawatirkan. Pada saat bayi dilahirkan maka pada saat itu juga bayi sudah memiliki refleks moro dan secara perlahan akan menghilang. Bahkan refleks moro akan mencapai titik sempurna pada usia kehamilan 34 minggu.

Related Posts :

    Bunda memang tidak perlu khawatir dengan bayi yang tiba-tiba kaget saat tidur dan jika bayi memasuki usia 6bulan seringkali kaget dan tidak bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi pada kondisi bayi Anda.

    Dengan demikian bahwa bayi yang kaget saat sedang tertidur bukan merupakan hal tidak wajar tapi jika Anda membutuhkan tindak lanjut dalam pemeriksaan dan meyakinkan kondisi bayi Anda maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar dokter mengetahui perkembangan serta pertumbuhan bayi Anda sesuai dengan kondisinya.

    Baca Juga:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 28, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Konsultasi KB

  • Oleh : Tika
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Seputar vagina

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • 11 bulan, 2 minggu yang lalu

    “Setelah melahirkan sya sering kentut lewat vagina,tp gak berbau. Dan juga kenapa setelah melahirkan divagina saya kayak ada benjolan gitu. Rasanya juga kadang nyeri .Vagina juga agak kering,trus kalau buang air kecil sering gak tuntas . Dan kalau berhubungan intim nyeri kayak prawan lg gitu.
    Mau konsultasi sma bidan disini,rasa ya malu.
    Apakah berbahaya bu
    Maaf ya bu . Terimakasih

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • telur bebek+madu

  • Oleh : fadlan lamarundu
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    pertanyaan pertama:
    apakah dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan?

    pertanyaan kedua:
    kalo memang dgn meminum kuning telur bebek+madu baik untuk kesehatan atau bnyk khasianya, sebaiknya untuk mengkonsumsi kuning telur bebek+madu itu baiknya pagi hari atau malam hari?

    semoga jawaban ibu bisa bermanfaat

    Fungsi dari air ketuban

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya suliani. saya masih awam tentang kehamilan tapi penasaran dengan ketuban. apa sih sebenarnya fungsi dari ketuban itu? terima kasih saya tunggu jawabannya bu

    Hamil Dengan Haid Yang Tak Normal

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Tanya Bidan