×

Bayi Sering Terkaget – Kaget Saat Tidur

Bagikan Artikel :

Hai calon ibu dan calon ayah atau sudah ada yang menjadi ibu dan ayah selamat datang di webiste Bidan Online. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai Bayi Sering Terkaget – Kaget Saat Tidur. Bayi sendiri memiliki berbagai macam cara untuk menunjukan kondisi yang sedang dirasakannya. Ada kondisi normal yaitu kondisi yang umum dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi serta yang selanjutnya kondisi abnormal dimana kondisi yang satu ini menunjukan adanya perbedaan dari pertumbuhan bayi pada umumnya. Dengan mengetahui normal dan abrnormal maka Anda harus mengenali ciri – ciri yang terjadi sebelum berkonsultasi dengan ahli medis.

Bayi memiliki perkembangan yang berbeda dan hal ini terkadang membuat para orang tua khawatir, seperti kenapa bayi saya tidak sama dengan bayi dia dan ini adalah hal yang wajar jadi perlu Anda ketahui, perkembangan bayi dipengaruhi oleh berbagai macam faktor sehingga Anda tidak perlu terburu – buru khawatir pada bayi Anda.

Perkembangan bayi juga bisa dilihat ketika saat tidur, kondisi bayi sendiri pada saat sedang tertidur ada berbagai macam – macam, salah satunya sering kaget saat sedang tidur. Mungkin sebagian orang tua pernah memergoki bayi yang kaget saat sedang tertidur, padahal bayi tidak mendengar suara apapun dan apakah hal ini normal?

Bayi yang baru lahir dan mengalami kaget – kaget saat sedang tidur adalah hal wajar, terlebih lagi jika bayi Anda mendengar suara – suara yang dianggapnya masih asing. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan bayi yang sering kali mengalami kaget ketika tidur saat usianya 4-5 bulan. Kondisi seperti ini bisa disebut dengan refleks primitive yang menjadi bagian dari adaptasi dan refleks ini dikenal dengan refleks moro sehingga membantu bayi Anda dalam menyesuaikan dengan lingkungan baru.

Bayi yang mengalami kaget pada saat sedang tidur adalah pertanda bahwa indera pendengaran pada bayi berfungsi. Hal ini menandakan adanya otot refleks yang bekerja dan Anda tidak perlu khawatir karena justru jika bayi kurang peka dengan perubahan lingkungan dan tidak adanya refleks moro yang perlu dikhawatirkan. Pada saat bayi dilahirkan maka pada saat itu juga bayi sudah memiliki refleks moro dan secara perlahan akan menghilang. Bahkan refleks moro akan mencapai titik sempurna pada usia kehamilan 34 minggu.

Bunda memang tidak perlu khawatir dengan bayi yang tiba-tiba kaget saat tidur dan jika bayi memasuki usia 6bulan seringkali kaget dan tidak bisa memiliki waktu tidur yang berkualitas maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari solusi pada kondisi bayi Anda.

Dengan demikian bahwa bayi yang kaget saat sedang tertidur bukan merupakan hal tidak wajar tapi jika Anda membutuhkan tindak lanjut dalam pemeriksaan dan meyakinkan kondisi bayi Anda maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter agar dokter mengetahui perkembangan serta pertumbuhan bayi Anda sesuai dengan kondisinya.

Related Posts :

    Baca Juga:

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 28, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Trie Astiaraningrum
  • 11 bulan yang lalu

    Saya sudah telat haid, tepat hr ini sudah telat 1 minggu. Tp saya cb tespek hasilna negatif,,
    Apakah itu tandanya saya tidak hamil bubidan ?

  • Oleh : Trie Astiaraningrum
  • Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 7 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Kehamilan

  • Oleh : Rival Khaeru
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Klo berhubungan 1-2 setelah haid itu bener ga bisa tidak terjadinya hamil?

  • Oleh : Rival Khaeru
  • hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Tanya Bidan