×

Kenapa Selesai Menyusu Bayi Harus Disendawakan?

Bagikan Artikel :

Kenapa Selesai Menyusu Bayi Harus Disendawakan?

Hayoh siapa di sini bunda-bunda yang habis memberikan susu pada si Kecil langsung ditidurkan? Nah seharusnya tidak demikian Bunda. Bayi yang baru selesai menyusu harus disendawakan terlebih dahulu. Ini penting lho! Kenapa demikian?

Ketika bayi minum ASI baik perah, secera DBF atau susu formula dari botol, gelembung udara bisa saja turut masuk hingga terkumpul di lambung bayi. Jika tidak dikeluarkan dengan cara bersendawa, udara yang tertahan di lambungnya dapat menimbulkan beberapa gejala sehingga bayi bisa merasa tidak nyaman lantas rewel. Jam istirahat bayi pun bisa jadi terganggu karenanya.

Related Posts :

    Manfaat Menyedawakan Bayi Setelah Menyusu

    1. Mencegah Kembung
      Menurut Dr. Muzal Kadim, Sp.A (K) dalam laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyendawakan bayi sesudah menyusu dapat mengurangi gejala kembung. Perlu kita pahami, kembung pada bayi sering menyertai gejala gangguan pencernaan seperti muntah, diare, sakit perut, dan konstipasi. Bayi yang kembung biasanya mudah mengalami muntah.
      Perlu dipahami juga, bayi yang minum ASI perah atau susu formula dari botol dengan lubang dot terlalu besar atau terdapat kebocoran akan mudah kembung.
    2. Mengurangi Tekanan Saluran Cerna
      Bersendawa setelah menyusu juga membuat saluran cerna bayi lebih lega. Hasilnya, sistem pencernaan bayi pun jadi lebih lancar dan sehat. Jika pencernaan bayi lancar, maka si kecil pun akan jauh lebih tenang.
    3. Membuat Bayi Tenang
      Setelah lambung dan saluran cernanya tak lagi terbebani atau tertekan, bayi tentu bisa kembali tenang. Bayi yang tenang akan beraktivitas lebih baik juga akan tidur lebih nyenyak. Semua ini tentu berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Jadi sekali lagi, jangan lupa bantu bayi bersendawa setiap kali ia selesai disusui atau minum susu formula ya
    4. Bayi bisa tidak mengalami kolik
      Kolik pada bayi adalah kondisi ketika bayi menangis hingga berjam-jam dan sulit untuk ditenangkan. Nah kolik ini bisa dicegah dengan menyendawakan si Kecil setelah menyusu Bun.
    5. Berat badan bayi bertambah sesuai usia
      Jika pada pencernaan bayi tidak ada udara, bayi akan terhindar dari kolik yang membuat bayi rewel berjam-jam, tidur pun akan nyenyak. Maka proses menyusui akan lancar dan berat badan akan naik sesuai dengan usia.

    Cara Menyendawakan Si Kecil

    1. Posisi digendong tegak
      Duduklah tegak dan gendong Si Kecil menghadap Bunda. Posisikan dagu Si Kecil di atas pundak Bunda, dan topang badannya dari bawah dengan salah satu tangan. Lalu, gunakan tangan Bunda yang satunya lagi untuk mengusap atau menepuk punggung Si kecil secara pelan dan lembut.
    2. Posisi duduk
      Dudukkan Si Kecil di atas pangkuan Bunda. Topang badannya dengan memegang dagu dan menyangga dadanya dengan pangkal telapak tangan. Usahakan untuk memegang dagu Si Kecil saja ya, bukan memegang lehernya. Dengan tangan Bunda yang satunya lagi, tepuk atau usap perlahan punggung Si Kecil.
    3. Posisi tengkurap
      Tidurkan Si Kecil di lengan atau pangkuan Bunda pada posisi tengkurap. Sangga dan posisikan kepala lebih tinggi dari badannya, atau posisikan badan Si Kecil dengan kemiringan 45°, lalu tepuk atau usap punggungnya secara perlahan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 21, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Penanganan herpes zoster

  • Oleh : puji
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    menstruasi tidak lancar

  • Oleh : Peggy Shintya
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Hallo dok, perkenalkan nama saya peggy.usia saya 22 tahun.saya mengalami menstruasi yang tidak lancar.saya tidak menstruasi paling lama selama 6 bulan. sekarang sayang sudah tidak menstruasi selama 4 bulan.saya ingin menanyakan apa itu bahaya atau tidak?dan apa yang saya harus lakukan.sedang kan saya lihat dan baca info di media internet selalu yang sudah menikah.sedangkan saya belum menikah.terima kasih

    Menghadapi anak yang sulit diatur

  • Oleh : Cantika Rahayu
  • 5 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Cantika Rahayu
  • Tanya Bidan