×

Ketahui Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil Muda

Bagikan Artikel :

Ketahui Penyebab Lidah Terasa Pahit Pada Ibu Hamil MudaBidan Online,- Keluhan pada ibu hamil sering kali muncul di awal trimester pertama hingga trimester akhir. Keluhan pada ibu hamil memang bukan hal baru lagi meskipun tidak setiap ibu hamil mengalaminya. Yang pasti beberapa keluhan pada ibu hamil disebabkan akibat adanya perubahan hormon saat hamil. Beberapa perubahan yang sering di rasakan ibu hamil bisa secara fisik maupun psikis. Beberapa keluhan pada ibu hamil ada yang terbilang ringan dan dapat hilang dengan sendirinya namun dalam beberapa kasus tertentu keluhan pada ibu hamil dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin jika tidak diatasi dengan cepat.

Related Posts :

    Salah satu keluhan pada ibu hamil trimester awal yaitu lidah terasa pahit yang terkadang membuat ibu hamil tidak bernafasu untuk makan. Tentunya ibu hamil yang tidak bernafsu makan akan sangat berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan karena asupan nutrisi yang kurang. Tidak hanya itu saja nyatanya lidah yang terasa pahit biasanya di barengi dengan keinginan mual dan muntah. Keluhan seperti ini dapat terjadi pada ibu hamil di sebabkan oleh perubahan hormon.

    Namun apakah normal jika ibu hamil mengalami lidah pahit di awal trimester bahkan selama kehamilannya? Biasanya lidah yang terasa pahit banyak di alami orang yang sedang sakit dan tentunya akan sangat membuat anda tidak nyaman terutama saat mau makan. Sebenarnya lidah yang terasa pahit pada saat hamil dapat di rasakan beberapa ibu hamil dan penyebabnya pun berbeda-beda. Dan berikut ini beberapa penyebab mulut terasa pahit saat hamil yang wajib diketahui:

    Penyakit lambung

    Penyakit lambung sering kali menjadi penyebab lidah terasa pahit. Bukan tanpa alasan nyatanya penyakit lambung dapat menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan bahkan hingga mulut yang menyebabkan mual dan muntah. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab penyakit lambung ini diantaranya kebiasaan ibu hamil yang selalu mengkonsumsi makanan asam, pedas, berlemak, hingga faktor stress.

    Masalah pada mulut dan gigi

    Menjaga kebersihan gigi dan mulut tentunya sangat penting. Karena nyatanya jika terdapat adanya infeksi gusi hingga gigi berlubang tidak hanya membuat nafas menjadi tidak sedap namun juga dapat mnenyebabkan lidah terasa pahit. Untuk ibu hamil pastikan untuk membersihkan gigi secara rutin untuk mengurangi infeksi bakteri dan kuman di mulut sekaligus menghindari lidah terasa pahit.

    Kurang vitamin

    Lidah yang pahit juga dapat menjadi pertanda jika anda kekurangan vitamin. Vitamin yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit dan bau mulut yaitu B12 juga zinc. Sangat di sarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi makanan sehat penuh akan kandungan nutrisi seperti vitamin. Untuk mendapatkan manfaat dari B12 dan zinc anda bisa mendapatkannya dari beberapa makanan seperti ikan tuna, sarden, telur, keju, daging sapi, salmon, bayam, brokoli, wortel, kacang mete, dan kacang merah.

    Mengkonsumsi obat tertenu

    Sering kali ibu hamil diberi vitamin ataupun obat tertentu oleh dokter kandungan untuk mendukung kesehatan ibu dan janin. Namun dalam beberapa kasus mengkonsumsi jenis tertentu dapat membuat lidah terasa pahit. Namun hal ini tidak akan berlangsung secara terus-menerus dan dapat hilang dengan sendirinya.

    Hormon yang tidak seimbang

    Sudah di sebutkan sebelumnya jika lidah yang terasa pahit pada ibu hamil disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon. Pada saat hamil hormon estrogen mengalami penurunan yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit. Kondisi seperti ini memang sering kali di rasakan ibu hamil dan termasuk sebagai hal yang wajar.

    Itulah beberapa penyebab lidah terasa pahit saat hamil yang perlu anda tahu. Jika ibu hamil merasakan hal seperti ini pastinya membuat tidak nyaman bahkan dapat menghilangkan nafsu makan. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Ibu hamil dapat mengtasinya dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asam namun pastikan rasa asam yang alami bukan buatan. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mempunyai rasa asam seperti strawberry, jeruk, air lemon, juga mangga. Rasa asam dari buah-buahan dapat membantu menghilangkan rasa pahit pada lidah secara alami. Jangan lupa penuhi asupan vitamin dan mineral karena salah satu penyebab lidah terasa pahit pada ibu hamil akibat kekurangan vitamin terutama vitamin B12 dan zinc.

    Baca juga artikel lainnya:

    Tips Memilih Susu Ibu Hamil Yang Terbaik dan Bagus

    Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Pada Ibu Hamil

    Ketahui 5 Alasan Yang Membuat Ibu Hamil Cepat Lelah

    Pantangan Buah Yang Harus Di Hindari Ibu Hamil Muda

    Tips Solusi Mengatasi Kram Kaki Pada Ibu Hamil Yang Benar

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 21, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Persalinan Yang Di Lakukan Di Dalam Air

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 7 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • Kehamilan

  • Oleh : Atik Tika
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Assalamualaikum, maaf bu dokter saya mewakili teman saya mau bertanya, teman saya kan sudah tidak heid dari semenjak bulan mei 2019 setelah bulan juni akhir ternyata belum haid juga katanya, lalau pas tanggal 25 juni akhir teman saya melakukan test pack dan hasilnya negatif, tapi pas masuk bulan juli awal juga belum haid dan pas tanggal 9 juli di cek lagi hasilnya fositif, di tes lagi tanggal 12 juli juga masih fositif, dan di coba di tes lagi tanggal 23 juli juga masih fositif, tapi yg membuat anehnya kata teman saya dia sama sekalai tidak merasakan mual muntah atau tanda tanda hamil seperti biasanya yaitu perut buncit, sering pipis dll.hanya yg dirasakan yaitu tidak haid seperti biasanya saja. Yg mau di tanyakan jd sebenarnya teman saya itu sedang hamil atau tidak bu dokter, dan solusi nya apa untuk memastikan teman saya hamil atau tidak itu soalnya teman saya tidak mau di cek langsung ke dokter atau bidan dia orangnya penakut dokter. Terima kasih sekian pertanyaan saya mohon di jawab ya bu dokter.

    Kehamilan

  • Oleh : ANGGUN
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Usia sy saat ini 36 tahun. Dan berencana utk program kehamilan. Apakah beresiko dgn usia sy sekarang? Dua kali kehamilan tidak ada masalah. Terima kasih

    darah menstruasi

  • Oleh : anggun nabila
  • 1 tahun, 3 bulan yang lalu

    dok mau tanya kenapa ya darah menstruasi ya berwarna coklat seperti keputihan dari itu darah mens sudah 3 bulan dok seperti itu terus darah nya

  • Oleh : anggun nabila
  • kehamilan

  • Oleh : Putri
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    usg belum terlihat kantung janin

    Tanya Bidan