×

Ketika Tubuh Bayi Kekurangan Vitamin D

Bagikan Artikel :

restless baby

Sering banget deh dapat pertanyaan dari pasien seperti ini ‘Bu bidan emang harus ya bayi itu rutin di jemur supaya mendapatkan vitamin D?’. sebetulnya vitamin D juga ada pada ASI, hanya kadarnya rendah. sedangkan bayi baru lahir saja membutuhkan 400 IU vitamin D perhari. Jika bayi kekurangan vitamin D maka akan berdampak pada kesehatan dan tumbuh kembang bayinya. Jadi alangkah baiknya jika cuaca bagus, tidak ada hujan badai, aman dari polusi udara maka bayi rutin di jemur di bawah sinar matahari.

Ciri-ciri Bayi Kekurangan Vitamin D

Memang, cukup sulit untuk menentukan apakah bayi sedang mengalami defisiensi vitamin D atau tidak. Bukan tanpa alasan, nyeri otot dan kelelahan pada tubuh menjadi gejala khas dari kondisi kekurangan vitamin D, sedangkan bayi belum bisa mengartikan apa yang sedang dialami oleh tubuhnya.

Dilansir dari Medpagetoday.org, sebuah penelitian yang dilakukan oleh James A. Taylor, M.D., dari University of Washington di Seattle, menemukan bahwa tidak ada bukti yang cukup kuat mengenai adanya kaitan antara defisiensi vitamin D dengan kelainan tulang pada bayi dan anak-anak. Meskipun ada kemungkinan bahwa beberapa bayi yang kekurangan vitamin D akan mengembangkan rakitis dalam waktu dekat atau memiliki penyakit tulang di masa depan.

Dr. Taylor juga menuliskan bahwa sebagian besar dampak asimptomatik yang terlihat pada hasil radiografi bayi dengan defisiensi besi dapat bersifat sementara dan akan hilang ketika paparan sinar matahari dan asupan vitamin D sang bayi meningkat.
Sementara itu, tanda lain dari defisiensi vitamin D bisa saja muncul selama beberapa bulan atau bahkan tahun setelahnya. Jadi, guna mengantisipasi kondisi tersebut, orangtua perlu melakukan pemeriksaan pada sang buah hati apabila terjadi tanda atau gejala seperti:

• Mengalami kejang-kejang
• Mengalami kardiomiopati (gangguan otot jantung)
• Rakitis
• Osteoporosis
• Gigi mudah keropos
• Pertumbuhan yang terhambat
• Lemah otot
• Mudah terserang penyakit
• Motoric kasar terlambat

Oleh karena itu yuk ajak si Kecil berjemur, selain manfaatnya untuk si Kecil, Bunda juga akan mendapatkan manfaat vitamin D alami ini lho! Selain pagi di bawah pukul 09.00 bisa berjemur sore hari juga lho Bun di atas pukul 16.00.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 20, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    menstruasi telat

  • Oleh : galuh pratiwi
  • 2 tahun yang lalu

    jadi gini ya dok,
    perkenalkan nama saya Galuh cahya umurku masi 15 tahun. langsung to the point ajaa ya.
    kenapa ya kok aku telat mens sampe 8 bulan padahal biasanya kalo telat cuma 1 bulan kok ini lama banget…
    terimakasih

  • Oleh : galuh pratiwi
  • Kelenjar Getah Bening

  • Oleh : Riri
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang dok, saya penderita masalah kesehatan kelenjar getah bening, apakah penyakit ini bisa mematikan?

    evidence base

  • Oleh : katjawilfred9
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Apa evidence base dari persiapan persalinan??

    pengen cepat hamil

  • Oleh : albertag59
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

    Cara mengatasi perut kembung dan mengeras pada bayi

  • Oleh : arinagustin
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau bertanya apa yang harus di lakukan ketika perut bayi kembung dan mengeras saat ini bayi saya usianya baru 20 hari mohon penjelasannya trims

    Tanya Bidan