×

Penyebab Bayi Baru Lahir Kekurangan Oksigen yang Harus Anda Ketahui

Bagikan Artikel :

Tahukah Anda bahwa bayi yang baru lahir kekurangan oksigen akan berakibat fatal jika telat dalam menanganinya. Maka dari itu hal tersebut merupakan kasus yang serius. Bayi baru lahir kekurangan oksigen dikenal dengan nama hipoksia janin atau hipoksia perintal. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan autisme, epilepsi, dan adanya cedera pada otak yang nantinya akan membuat sel-sel pada otak menjadi mati sehingga dapat mengakibatkan kecacatan bahkan kematian.

Kekurangan oksigen pada janin dapat terjadi pada setiap kehamilan. Oleh karena itu sangat penting bagi paramedis dalam menangani bayi baru lahir mengalami kekurangan oksigen. Hal terpenting yang perlu kita ketahui supaya bayi baru lahir tidak mengalami kondisi tersebut sehingga terhindar dari resikonya.

Berikut beberapa penyebab bayi baru lahir kekurangan oksigen, diantaranya :

1. Tali pusat terbelit

Ketika proses persalinan berlangsung, tali pusat akan terpelintir sehingga akan berkaitan dengan posisi bayi. Karena terbelitnta tali pusat tersebut maka akan mempengaruhi nutrisi kedalam janin, dan salah satunya yaitu asupan oksigen menjadi terhambat. Jika tali pusat terbelit selama proses persalinan maka akan membahayakan posisi sang janin.

2. Tali pusat mencekik leher

Kondisi ini biasa terjadi pada saat bayi hendak dalam posisi turun sehingga menyebabkan tali pusat melilit di leher. Dalam hal tersebut tentu sangat diperlukan pemantauan dari tim medis karena tali pusat yang melilit dibagian leher akan mengakibatkan jani menjadi kesulitan dalam memperoleh oksigen.

3. Ketuban pecah sebelum persalinan

Salah satu akibat oleh kehamilan melewati waktu yaitu pecahnya ketuban sebelum waktu persalinan. Jika ketuban pecah sebelum waktu persalinan makan akan membuat plasenta menjadi terganggu sehingga dapat menjadi hambatan dalam proses terjadinya pertukaran oksigen.

4. Bayi sulit lahir

Terdapat kasus yang dimana bayi mengalami kesulitan untuk keluar pada waktu lahir tiba. Terjebaknya janin yang ada didalam kandungan dan posisi ketuban sudah pecah akan sangat beresiko menyebabkan kekurangan oksigen. Didalam hal tersebut sangat diperlukan tindakan lebih cepat untuk menyehatkan bayi serta sang ibu.

5. Riwayat penyakit

Pada ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, atau penyakit tertentu lainnya akan berpengaruh pada kondisi bayi sehingga akan menjadi pemicu utama bayi baru lahir mengalami kekurangan oksigen. Apalagi jika kondisi pada ibu hamil yang semakin buruk karena penyakit tertentu saat menjelang proses persalinan.

6. Konsumsi obat-obatan

Telah kita ketahui bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan kecuali dengan resep dokter. Hal tersebut akan berdampak buruk pada perkembangan serta kesehatan sang bayi. Dari hal tersebut yang akan menjadi penyebab bayi mengalami kekurangan oksigen pada waktu lahir.

Adapun tanda-tanda bayi kekurangan oksigen, sebagai berikut :

  • Memiliki PH rendah dalam tali pusat yang menandakan bayi kekurangan oksigen.
  • Memiliki Skor Agar rendah. Skor Agar berfungsi untuk membantu dalam melihat oksigen didalam bayi. Dengan melakukan serangkaian test untuk melihat respon sang bayi.
  • Kesulitan ketika menelan susu dan kesulitan untuk tidur.
  • Mengalami nafas yang terhenti pada beberapa waktu, atau bahkan akan mengalami kejang pada bayi baru lahir.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan dalam mengetahui penyebab dari kekurangan oksigen pada bayi baru lahir beserta tanda-tandanya. Maka dari itu Bunda dapat menghindari hal tersebut dengan cara memantau posisi bayi saat menjelang persalinan tiba pada ahli medis sehingga dapat terhindar dari bayi kekurangan oksigen. Semoga bermanfaat !

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 18, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • Makanan sehat untuk ibu hamil trimester 1

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 7 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi
    Saat ini saya tengah hamil anak pertama, sehingga saya belum memiliki banyak pengalaman di kehamilan ini. Untuk menjaga kehamilan saya tetap sehat dan tumbuh kembang janin saya tetap terjaga. Nutrisi baik apa saja yang dibutuhkan selama kehamilan dan menu makanan apa yang bisa memenuhi asupan nutrisi tersebut? Terimakasih.

    Tentang haid

  • Oleh : Devi Dwi hidayanti Devi
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu bidan ini say mau nanya saya devi umur 21 baru menikah dpt 1 tahun saya punya keluhan Bu tentang haid ,haid saya tidak teratur kadang telat 3 bulan tidak haid tapi saat tanggal haid selalu ada gumpalan warna coklat gelap Bu tapi tidak keluar darah SMA Skali saat 3 bulan itu trs sya sempat pijat dlu hbis pijat tu sya lncar haid setelah lancar itu sekarang saya tidak haid lagi 2 bulan dan sama 2 bulan itu sya keluar gumpalan coklat kehitaman tapi gumpalan itu tidak keluar Bu saya bersihkan pake telunjuk dan sya keluarkan ada gumpalan itu tiap tanggal haid itu gimana ya Bu bidan sya minta tolong sarannya dan knp kok seperti itu karena saya ingin hamil 😥 tapi haid saya seperti itu

  • Oleh : Devi Dwi hidayanti Devi
  • Payudara laki laki besar sebelah

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Gimana cara mengobati nya ?

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • Anak Batuk

  • Oleh : Lutfi Maharani
  • 5 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

    Tanya Bidan