×

Perkembangan dan Perawatan Bayi Usia 3 Bulan

Bagikan Artikel :

Merawat bayi yang sudah masuk pada bulan ketiga memang akan memberikan pengalaman yang khusus bagi semua orang tua. Sesudah memulai untuk belajar dalam penyesuaian terhadap bulan pertama dan kedua, maka pada bulan ketiga juga tidak akan kalah menariknya. Pada tubuh bayi yang sudah mulai besar serta menggemaskan. Tetapi pada beberapa orang tua juga akan merasakan rasa cemas saat terjadi tanda-tanda yang kurang normal pada bayi.

Related Posts :

    Berikut informasi yang dapat Anda ketahui dalam melihat perkembangan bayi 3 bulan :


    Pertumbuhan Fisik Bayi

    1. Pada masa ini si kecil sudah semakin kuat terutama pada otot leher dan kepala. Saat kepala bayi tegak sendiri, bayi hanya perlu didukung gerakan tangan dari jauh.

    2. Otot bagian bawah bayi dan kaki semakin kuat sehingga bayi memiliki kemampuan yang baik untuk menendang atau meluruskan kaki saat sedang dalam posisi tengkurap atau telentang.

    3. Otot bagian atas yang sudah semakin kuat terutama untuk tangan dan dada. Ketika membuat bayi tengkurap maka akan sudah mulai bisa menahan berat badan diperut. Pada beberapa bayi juga sudah bisa mulai menahan berat badan.

    4. Kemampuan pada kaki bayi untuk menendang atau melakukan gerakan yang keras akan semakin baik. Pada koordinasi otot tangan dan kaki dapat bekerja dengan baik.

    5. Tangan yang sudah berkembang dengan baik sehingga dapat memasukkan beberapa benda pada mulut.

    6. Bayi yang sudah mulai membuka atau menutup telapak tangan dengan baik terutama saat terdapat mainan yang menarik. Dan bayi sudah mulai bisa menarik benda-benda yang ada di sekitarnya.

    Kebutuhan Makan Bayi Usia 3 Bulan

    Pada pola makan bayi 0-12 bulan masih sangat tergantung pada ASI atau susu formula. Saat bayi sudah masuk usia 3 bulan, maka membutuhkan nutrisi yang sangat penting seperti protein, lemak dan karbohidrat. Dari semua nutrisi tersebut penting dalam mendukung perkembangan bayi 3 bulan, baik pada organ tubuh maupun pada otak bayi, menjaga sistem kekebalan tubuh serta membuat tubuh mendapatkan energi untuk bergerak. Tetapi saat pada usia tersebut juga belum perlu memberikan nutrisi tambahan selain susu, karena juga berbahaya memberikan makanan dibawah usia 6 bulan, sehingga ASI masih tetap menjadi makanan yang paling penting bagi bayi karena didalamnya memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

    Tips Perawatan Bayi Usia 3 Bulan

    1. Bayi membutuhkan waktu istirahat tidur yang lama dalam setiap sesi. Oleh karena itu perhatikan nutrisi bayi supaya mereka lebih nyaman saat sedang tidur. Terlalu sering menangis bisa menyebabkan penurunan berat badan.

    2. Dalam mengembangkan kemampuan sosial sang bayi, ajaklah bayi Anda keluar rumah seperti perjalan-jalan pada pagi hari. Bayi akan merasa senang saat melihat objek-objek di sekitarnya, dan hal ini juga berfungsi untuk mengenalkan berbagai warna yang nyata.

    3. Apabila bayi sering rewel, Anda dapat memberikan hiburan pada bayi dengan cara bermain.

    4. Bayi menjadi sangat sensitif atau memiliki banyak keinginan, saat bayi sudah masuk dalam tahap ini. Untuk itu cobalah untuk selalu memberikan kontak mata yang hangat. Karena cara tersebut dapat membantu si kecil menjadi lebih tenang.

    5. Ajaklah si kecil berbicara meskipun baru bisa mengucapkan celotehan yang belum jelas. Karena cara ini juga mendukung pada perkembangan komunikasi bayi.

    Ketahui tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi, diantaranya jika bayi sudah berusia 3 bulan dan masih belum bisa melakukan hal-hal berikut :

    • Kepala belum tegak.
    • Belum bisa menggenggam benda.
    • Belum bisa memerhatikan benda yang bergerak.
    • Tidak bereaksi terhadap suara keras.
    • Rewel ketika bertemu dengan orang atau lingkungan baru.
    • Jari masih mengepal.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 22, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    puasa dan berat badan janin

  • Oleh : tickanevianti
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Makanan Pemicu Keguguran

  • Oleh : Dessi Yudha Arisandy
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil 3 bulan dan ini merupakan pengalaman pertama saya. Saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan bagi ibu hamil muda yang memicu keguguran, takutnya saya salah makan mohin di jawab bu bidan terimakasih

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 2 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

    Jari Dan Persendian

  • Oleh : Mbak aty
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang dok, saya kan sering membunyikan bagian jari dan juga persendian saya saat sedang pegal. Apakah hal ini berbahaya dok bagi kesehatan?

    Botol asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan