Perkembangan dan Perawatan Bayi Usia 3 Bulan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Merawat bayi yang sudah masuk pada bulan ketiga memang akan memberikan pengalaman yang khusus bagi semua orang tua. Sesudah memulai untuk belajar dalam penyesuaian terhadap bulan pertama dan kedua, maka pada bulan ketiga juga tidak akan kalah menariknya. Pada tubuh bayi yang sudah mulai besar serta menggemaskan. Tetapi pada beberapa orang tua juga akan merasakan rasa cemas saat terjadi tanda-tanda yang kurang normal pada bayi.

    Berikut informasi yang dapat Anda ketahui dalam melihat perkembangan bayi 3 bulan :


    Pertumbuhan Fisik Bayi

    1. Pada masa ini si kecil sudah semakin kuat terutama pada otot leher dan kepala. Saat kepala bayi tegak sendiri, bayi hanya perlu didukung gerakan tangan dari jauh.

    2. Otot bagian bawah bayi dan kaki semakin kuat sehingga bayi memiliki kemampuan yang baik untuk menendang atau meluruskan kaki saat sedang dalam posisi tengkurap atau telentang.

    3. Otot bagian atas yang sudah semakin kuat terutama untuk tangan dan dada. Ketika membuat bayi tengkurap maka akan sudah mulai bisa menahan berat badan diperut. Pada beberapa bayi juga sudah bisa mulai menahan berat badan.

    4. Kemampuan pada kaki bayi untuk menendang atau melakukan gerakan yang keras akan semakin baik. Pada koordinasi otot tangan dan kaki dapat bekerja dengan baik.

    5. Tangan yang sudah berkembang dengan baik sehingga dapat memasukkan beberapa benda pada mulut.

    6. Bayi yang sudah mulai membuka atau menutup telapak tangan dengan baik terutama saat terdapat mainan yang menarik. Dan bayi sudah mulai bisa menarik benda-benda yang ada di sekitarnya.

    Kebutuhan Makan Bayi Usia 3 Bulan

    Pada pola makan bayi 0-12 bulan masih sangat tergantung pada ASI atau susu formula. Saat bayi sudah masuk usia 3 bulan, maka membutuhkan nutrisi yang sangat penting seperti protein, lemak dan karbohidrat. Dari semua nutrisi tersebut penting dalam mendukung perkembangan bayi 3 bulan, baik pada organ tubuh maupun pada otak bayi, menjaga sistem kekebalan tubuh serta membuat tubuh mendapatkan energi untuk bergerak. Tetapi saat pada usia tersebut juga belum perlu memberikan nutrisi tambahan selain susu, karena juga berbahaya memberikan makanan dibawah usia 6 bulan, sehingga ASI masih tetap menjadi makanan yang paling penting bagi bayi karena didalamnya memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

    Tips Perawatan Bayi Usia 3 Bulan

    1. Bayi membutuhkan waktu istirahat tidur yang lama dalam setiap sesi. Oleh karena itu perhatikan nutrisi bayi supaya mereka lebih nyaman saat sedang tidur. Terlalu sering menangis bisa menyebabkan penurunan berat badan.

    2. Dalam mengembangkan kemampuan sosial sang bayi, ajaklah bayi Anda keluar rumah seperti perjalan-jalan pada pagi hari. Bayi akan merasa senang saat melihat objek-objek di sekitarnya, dan hal ini juga berfungsi untuk mengenalkan berbagai warna yang nyata.

    3. Apabila bayi sering rewel, Anda dapat memberikan hiburan pada bayi dengan cara bermain.

    4. Bayi menjadi sangat sensitif atau memiliki banyak keinginan, saat bayi sudah masuk dalam tahap ini. Untuk itu cobalah untuk selalu memberikan kontak mata yang hangat. Karena cara tersebut dapat membantu si kecil menjadi lebih tenang.

    5. Ajaklah si kecil berbicara meskipun baru bisa mengucapkan celotehan yang belum jelas. Karena cara ini juga mendukung pada perkembangan komunikasi bayi.

    Ketahui tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi, diantaranya jika bayi sudah berusia 3 bulan dan masih belum bisa melakukan hal-hal berikut :

    • Kepala belum tegak.
    • Belum bisa menggenggam benda.
    • Belum bisa memerhatikan benda yang bergerak.
    • Tidak bereaksi terhadap suara keras.
    • Rewel ketika bertemu dengan orang atau lingkungan baru.
    • Jari masih mengepal.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - June 22, 2017
    Diskusi Dari:
    demetriusnies67

    sy sudah mau memasuki 40 minggu tp blm ada kontraksi sebenarnya cm kontraksi palsu aj trus ..gmn caranya bisa kontraksi asli dok sy jg takut klo dokter malah menyarankan secar… makasih

    Dijawab Oleh : demetriusnies67
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    salsa amelia

    selamat siang ibu bidan, adik saya sedang mengandung dan sekarang kehamilannya sudah mau 10 bulan, tapi kok belum ada tanda-tanda melahirkan ya? menurut ibu saya, katanya adik saya ini mungkin hamil anak laki-laki, saya tidak tau itu benar atau ngga, tapi saya ingin mengetahui kebenaran tentang kondisi menurut ibu bidan. apa ngga masalah atau ada hal yang perlu diperiksakan lagi? itu saja, saya tunggu jawabannya

    Dijawab Oleh : salsa amelia
    Diskusi Dari:
    Daniel

    Salam kenal,

    Saya ingin bertanya, usia kandungan istri saya masuk ke bulan 8, namun terjadi gatal gatal di kaki, dari pergelangan kaki sampai ke paha.
    sudah konsul ke dokter dan sudah dikasih obat juga, namun gatal nya belum sembuh2 juga, gatal gatal nya itu seperti biduran. Apakah ini hormon yg buruk dan apa solusi nya

    Mohon penjelasannya
    terima kasih

    Dijawab Oleh : Daniel
    Diskusi Dari:
    Salma Syarifah Latipah

    Hai mba bidan, saat ini saya sedang hamil besar dan kemungkinan sekitar 3-4 minggu lagi saya melahirkan. Kemarin saya sempat ngobrol ngobrol di forum tentang persalinan. Dan katanya, agar persalinan lancar, bisa pakai metode hipnosis. Apakah itu benar? Mohon pencerahannya ya. Thanks

    Dijawab Oleh : Salma Syarifah Latipah