×

Bumil Jangan Lewatkan Makan Buah Sawo Ya!

Bagikan Artikel :

Bumil Jangan Lewatkan Makan Buah Sawo Ya!

Buah-buahan tidak hanya sekedar menyegarkan, tetapi memliki banyak sekali manfaat diseluruh kalangan usia termasuk ibu hamil. Salah satu buah-buahan yang memiliki segudang manfaat adalah buah sawo. Jarang diperbincangkan karena kurang popular. Tapi bagi ibu hamil buah ini sebainya rutin dikonsumsi.

Related Posts :

    Manfaat Buah Sawo Bagi Ibu Hamil

    1. Mengurangi meual muntah
      Mual muntah adalah hal yang biasa dialami ibu hamil. Banyak cara untuk mengurangi mual muntah ini. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah sawo. Rasa yang manis dan segar mampu menghilangkan rasa mual.
    2. Membantu memulihkan energi
      Perubahan tubuh yang terjadi saat hamil membuat Bunda mudah lelah. Nah, konsumsi sawo dapat membantu memulihkan energi sehingga rasa lelah yang Bunda rasakan dapat berkurang. Kandungan yang berperan dalam mengembalikan energi dengan cepat adalah fruktosa dan sukrosa.
    3. Memperkuat tulang
      Konsumsi sawo saat hamil dapat membantu pemenuhan kebutuhan kalsium harian perempuan hamil. Kalsium dibutuhkan perempuan hamil untuk menjaga kesehatan tulang sementara untuk janin dalam kandungan, kalsium memiliki peranan penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat, serta jantung, saraf dan otot yang kuat. Selain kandungan kalsium, kandungan zat besi dan fosfor yang terdapat pada sawo juga baik untuk memelihara kesehatant tulang.
    4. Meningkatkan kesehatan spencernaan
      Konsumsi sawo saat hamil baik untuk kesehatan saluran cerna karena sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Konsumsi sawo selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko alami sembelit selama kehamilan, yaitu salah satu keluhan yang umum dirasakan perempuan selama kehamilan.
    5. Mencegah infeksi
      Salah satu manfaat konsumsi sawo saat hamil yang tidak bisa disepelekan adalah membantu mencegah infeksi. Konsumsi sawo saat hamil diyakini mampu menjauhkan Bunda dari infeksi karena sawo kaya akan kandungan antioksidan polifenol.
    6. Mengurangi stres
      Beberapa perempuan mengalami stres saat hamil karena berbagai macam hal. Bunda yang mengalami stres saat hamil, dapat mengonsumsi sawo sebagai “obat” pereda stres.
    7. Mengurangi sakit kepala/pusing
      pusing juga menjadi keluhan yang umum muncul saat hamil. Nah, konsumsi sawo rupanya dapat membantu mengatasi pusing yang diderita selama kehamilan lho! Hal ini karena sawo mampu memberikan energi lebih sehingga mampu membantu mencegah munculnya pusing.
    8. Mengontrol tekanan darah
      Konsumsi sawo saat hamil juga mampu membantu mengontrol tekanan darah. Ini karena sawo mengandung magnesium dan kalium yang tinggi sehingga konsumsi sawo selama kehamilan mampu membantu mengontrol fluktuasi tekanan darah yang mungkin terjadi selama kehamilan.
    9. menjaga kesehatan jantung
      Dalam 1 buah sawo terdapat kalium sebanyak sekitar 330 miligram. Kalium berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung.
    10. Mencegah preeclampsia
      Berkat kandungan antioksidan dan manfaatnya untuk mengontrol tekanan darah, buah sawo baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil guna mengurangi risiko terjadinya preeklamsia.
    11. Meringankan kram kaki
      Kram kaki merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya perubahan hormon selama kehamilan, dehidrasi, atau kekurangan mineral penting saat hamil, seperti kalsium, kalium, atau magnesium.
      Tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, kalium pada buah sawo berkhasiat untuk meringankan kram kaki saat hamil.
    12. Mencegah dan meredakan sembelit
      Sembelit merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini bisa disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron selama kehamilan atau kurangnya asupan serat dan air putih. Untuk mengatasinya, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berserat, seperti buah sawo.
    13. Meningkatkan daya tahan tubuh
      Ibu hamil bisa lebih mudah jatuh sakit akibat sistem imunitas yang cenderung menurun. Untuk memperkuat saya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit, Bumil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, beristirahat yang cukup, dan mengurangi stres.
      Supaya daya tahan tubuh tetap kuat, Bumil bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, protein, serta vitamin dan mineral, misalnya vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan nutrisi ini bisa diperoleh melalui buah-buahan, termasuk buah sawo.
    14. Meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah anemia
      Selain bermanfaat untuk daya tahan tubuh, vitamin C pada sawo memiliki peranan untuk membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil. Kehadiran zat besi saat hamil sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.
      Dengan tercukupinya kebutuhan zat besi, Bumil bisa tercegah dari anemia atau kurang darah. Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan berbagai masalah pada kehamilan, seperti bayi terlahir secara prematur atau lahir dengan berat badan rendah.
    15. Mencegah bayi lahir cacat
      Selain manfaat di atas, kandungan folat pada buah sawo berguna untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegahnya mengalami kecacatan pada bayi yang baru lahir.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat haid

  • Oleh : Nov As
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan. Sebulan yg lalu saya minum obat promil herbal. Dan bulan ini saya sudah 10 hari telat haid. Dan saya testpack dihari ke 7 hasilnya garis 2 atau positif. Tapi saya tidak merasakan tanda2 kehamilan seperti mual dan muntah. Kira2 saya hamil atau hanya efek dari obat promil yg saya minum?

    Kesulitan hamil saat sdah kb

  • Oleh : Ulfha Arham
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok sya ingin bertnya

    Perbedaan Miom dan Kista Pada Wanita

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 7 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • Keputihan abnormal

  • Oleh : Ms. SS
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok saya mengalami keputihan, tidak gatal dan berbau, tapi tekstur nya sangat kental dan lengket. Saya Bingung apakah keputihan ini normal atau yang abnormal?

  • Oleh : Ms. SS
  • daerah kewanitaan

  • Oleh : eti mulyati
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    pagi,saya mau tanya,saya telat datang bulan.harusnya tanggal 12 saya sudah dateng bulan sampe skrng belom.tapi seminggu yg lalu saya keluar cairan kadang2 pekat berwarna putih tapi bau,Minggu skrng keluar lagi cairan warna kuning aga ke ijo2 gitu,kenapa yah dok?? trimakasih

  • Oleh : eti mulyati
  • Tanya Bidan