×

Cara Mengatasi Mudah Cape dan Napas Sesak Saat Hamil Tua

Bagikan Artikel :

Tanya Bidan – Untuk naik tangga sedikit saja, nafas menjadi ngos ngosan mudah cape dan lelah, terlebih hal ini dialami diakhir kehamilan anda. Lantas apakah kondisi mudah lelah ini berbahaya bagi ibu hamil ? Dan seperti apa langkah yang harus Ibu lakukan untuk mengatasi napas yang ngos ngosan saat hamil tua ?

Pada dasarnya seorang ibu hamil tidak perlu untuk merasa khawatir dengan adanya kondisi seperti ini. Napas yang ngos ngosan ini merupakan hal yang umum untuk terjadi diakhir kehamilan anda. Dan mengapa kondisi ini bisa terjadi ? Pada akhir kehamilan , maka janin semakin berkembang dan mendorong rahim, dan menekan diafragma anda.

Serta adanya perubahan diafragma yang ikut mempengaruhi paru paru anda. Dan inilah yang akan membuat ibu sulit untuk menerima udara yang cukup setiap kali bernapas. Pada saat bersamaan juga adanya perubahan hormon pada masa kehamilan yang membuat ibu mengambil napas yang lebih lambat.

Cara Mengatasi Mudah Cape dan Napas Sesak Saat Hamil Tua

Maka dari itu, Ibu hamil perlu melakukan beberapa langkah mudah dalam mengatasi masalah ini. Dan cobalah untuk mengatur postur yang lebih baik seperti dengan berdiri tegak. Postur tubuh yang tepat ini akan memberikan paru paru sedikit ruangan untuk bernapas.

Related Posts :

    Mencoba untuk rileks setiap kali anda merasa kecapean terlebih saat merasa kesulitan untuk bernapas. Dan jangan memaksakan diri untuk melakukan kegiatan fisik yang berlebihan. Dan hal ini yang bisa membuat napas semakin parah dan bisa menyulitkan ibu semakin tidak nyaman untuk bernapas.

    Posisi tidur juga bisa menyebabkan masalah pada pernapasan anda. Dan usahakan untuk tidur kearah sisi kiri. Dan gunakan bantal yang cukup banyak, hal ini bisa sebagai penompang kepala supaya tidur terasa lebih nyaman. Saat mencoba untuk tidur, maka cobalah untuk mengatur posisi tidur yang nyaman. Pelan pelan saja, diusahakan jangan melakukannya dengan terburu buru dan panik, karena hal ini justru bisa membuat ibu semakin susah tidur.

    Meskipun kita tidak perlu untuk mengkhawatirkan masalah ini, namun ada baiknya apabila kita waspada jika mempunyai masalah mengenai pernapasan lain seperti halnya asma. Dan ini sebabnya hampir sekitar 30% perempuan dengan asma biasanya akan mengalami keadaan yang memburuk selama masa kehamilannya. Bahkan apabila kambuh dengan level yang cukup, dikhawatirkan bisa membahayakan ibu dan janin.

    Untuk perempuan hamil yang telah mengalami penyakit pernapasan maka sering kali dia juga mengalami sebuah kondisi yang serius dan mungkin bisa mengalami komplikasi seperti halnya pneumonia. Ibu memerlukan sebuah pemeriksaan dari bidan kandungan atau dokter apabila sesak napas dan asma anda semakin parah.

    Denyut nadi yang menjadi lebih cepat, dan juga detak jantung yang tidak teratur menjadi salah satu gejala yang cukup parah. Nyeri dada, kepucatan bahkan adanya bibir dan jari yang berubah menjadi biru ini bisa menjadi hal yang perlu untuk kita waspadai.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 28, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Miss v

  • Oleh : Firsty Ayu pratiwi
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Kenapa miss v longgar, padahal belum pernah melakukan hubungan intim dan saya.belum menikah

  • Oleh : Firsty Ayu pratiwi
  • Keputihan

  • Oleh : indah nian lestari
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya , saya slalu keputihan setiap hari , sebenernya yang keluar dr vagina itu keputihannya warna putih pekat tp kelamaan dicelana dalam berubah jd warna kuning tp entah lah sebenernya warna apa saya juga bingung . Dan kemaren vagina sayaa terasa gatal sekali dan akhirnya saya berobat kepuskesmas terdekat dan saya dikasih obat metronidazol dan chlorphenamine maleate . Saya merasa sudah baikan setelah minum obat itu sekali dan karena merasa sudah sembuh saya tidak melanjutkan meminum obat tersebut . Dan hari ini gatal nya kambuh lagi . Sebenernya saya tuh sakit apa ya dok ? Apakah saya terkena kanker servik?

    Kb

  • Oleh : Erna Wati
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Saya kb 3 bulan setelah kb 1 bulan saya haid ,udah hmpir 1 minggu haid nya belum brhenti” apakah bahaya ?

  • Oleh : Erna Wati
  • Menstruasi

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok saya masih 17 tahun, terakhir saya haid itu tanggal 24/25 februari dibulan lalu, diwaktu seharusnya haid malah keluar seperti flek saya gatau namanya, itu apa ya dok dan keluar nya sesekali sampe sekarang msh keluar tapi hanya sesekali,saya juga ada foto nya

  • Oleh : Shaqina Yunika Dewi
  • Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 7 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Tanya Bidan