×

Fakta Gerakan Bayi Di Dalam Kandungan Yang Harus Bunda Ketahui

Bagikan Artikel :

Bunda, saat hamil Anda akan merasakan beragam sensasi yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Mulai dari sindrom morning sickness, ngidam, perubahan pada perut yang kian membesar, bengkak di kaki, mudah lelah dan mengantuk, semuanya terasa menyebalkan sekaligus menyenangkan.

Ada satu lagi yang membuat Bunda merasakan hal yang baru pertama kali dirasakan saat jadi wanita hamil. Yaitu gerakan bayi di dalam perut. Gejakan-gerakan yang muncul biasanya mulai di usia kehamilan trimester kedua. Ibu hamil di usia ini sudah bisa merasakan gerakan-gerakan yang dibuat bayi.

Related Posts :

    Gerakan yang dibuat bayi ini terasa seperti tendangan di perut Bunda. Tapi, apakah Bunda tau apa sih sebenarnya arti dari tendangan dan pergerakan bayi yang sering terjadi seiring usia kehamilan bertambah? Nah, untuk itu disini CurhatBidan.com akan berbagi sedikit fakta mengenai arti dari gerakan-gerakan bayi yang terjadi di perut Bunda. Apa saja? Berikut selengkapnya.

    • Saat kehamilan usia 13 minggu, bayi dalam kandungan sudah bisa menendang.

    Dilansir Boldsky, pada ibu yang sebelumnya sudah pernah hamil, maka di masa kehamilan berikutnya mereka akan mengalami sensasi tendangan bayi yang bisa dirasakan lebih awal. Saat usia kandungan yang baru berusia 13 minggu, ibu sudah dapat merasakan gerakan tendangan bayi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata ada kaitannya dengan kesiapan seorang ibu untuk hamil yang sudah jauh lebih besar dibandingkan dengan masa kehamilan yang sebelumnya.

    • Tendangan janin juga akan terasa di minggu ke 18 – 24.

    Saat pengalaman untuk pertama kalinya menjalani kehamilan, tendangan bayi biasanya mulai terasa pada saat memasuki minggu ke-18 hingga minggu ke24.

    • Gerakan bayi juga terjadi akibat pengaruh dari makanan yang dikonsumsi.

    Tendangan bayi terkadang menjadi begitu intens, kadang ia juga sangat pasif. Hal ini ternyata juga bisa disebabkan oleh pola makan dari calon ibu. Apa yang calon ibu konsumsi selama hamil, akan mempengaruhi keaktifan janin dalam rahim. Untuk itu, akan sangat penting bagi ibu hamil untuk terus secara rutin memonitor serta memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. 

    Dokter akan menyarankan ibu hamil untuk selalu mencatat dan mengingat waktu-waktu kapan saat bayi paling sering menendang di dalam kandungan. Ada kalanya saat gula darah ibu sedang rendah, bayi juga bisa saja menendang lebih sering. Atau saat ibu sedang melakukan sebuah aktivitas fisik, bayi bisa menjadi lebih aktif menendang di dalam kandungan.

    • Intensitas tendangan semakin menurun memasuki minggu ke 36.

    Intensitas tendangan bayi di dalam perut Anda bisa menurun saat usia kandungan sudah memasuki minggu ke 36. Hal ini wajar saja, jadi Bunda tidak perlu merasa khawatir saat merasakan perubahan seperti ini ketika sudah hamil tua.

    Semiga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Bunda, salam sehat selalu!

    Jangan lupa baca artikel kami lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 27, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    cara mengetahui lebih dini mengenai kehamilan anggur

  • Oleh : Ratu
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan, sodara saya kemarin mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kehamilan anggur atau kosong. Namun, hal itu sebelumnya tidak diketahui oleh keluarga kami dan sebelumnya juga kami menyangka sodara saya mengalami kehamilan normal.

    Nah, belajar dari pengalaman sodara saya, bagaimana cara mengetahui lebih dini mengenai hamil anggur itu? dan adakah gejala yang membedakannya?

    Asi

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan