×

Fakta Gerakan Bayi Di Dalam Kandungan Yang Harus Bunda Ketahui

Bagikan Artikel :

Bunda, saat hamil Anda akan merasakan beragam sensasi yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Mulai dari sindrom morning sickness, ngidam, perubahan pada perut yang kian membesar, bengkak di kaki, mudah lelah dan mengantuk, semuanya terasa menyebalkan sekaligus menyenangkan.

Related Posts :

    Ada satu lagi yang membuat Bunda merasakan hal yang baru pertama kali dirasakan saat jadi wanita hamil. Yaitu gerakan bayi di dalam perut. Gejakan-gerakan yang muncul biasanya mulai di usia kehamilan trimester kedua. Ibu hamil di usia ini sudah bisa merasakan gerakan-gerakan yang dibuat bayi.

    Gerakan yang dibuat bayi ini terasa seperti tendangan di perut Bunda. Tapi, apakah Bunda tau apa sih sebenarnya arti dari tendangan dan pergerakan bayi yang sering terjadi seiring usia kehamilan bertambah? Nah, untuk itu disini CurhatBidan.com akan berbagi sedikit fakta mengenai arti dari gerakan-gerakan bayi yang terjadi di perut Bunda. Apa saja? Berikut selengkapnya.

    • Saat kehamilan usia 13 minggu, bayi dalam kandungan sudah bisa menendang.

    Dilansir Boldsky, pada ibu yang sebelumnya sudah pernah hamil, maka di masa kehamilan berikutnya mereka akan mengalami sensasi tendangan bayi yang bisa dirasakan lebih awal. Saat usia kandungan yang baru berusia 13 minggu, ibu sudah dapat merasakan gerakan tendangan bayi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata ada kaitannya dengan kesiapan seorang ibu untuk hamil yang sudah jauh lebih besar dibandingkan dengan masa kehamilan yang sebelumnya.

    • Tendangan janin juga akan terasa di minggu ke 18 – 24.

    Saat pengalaman untuk pertama kalinya menjalani kehamilan, tendangan bayi biasanya mulai terasa pada saat memasuki minggu ke-18 hingga minggu ke24.

    • Gerakan bayi juga terjadi akibat pengaruh dari makanan yang dikonsumsi.

    Tendangan bayi terkadang menjadi begitu intens, kadang ia juga sangat pasif. Hal ini ternyata juga bisa disebabkan oleh pola makan dari calon ibu. Apa yang calon ibu konsumsi selama hamil, akan mempengaruhi keaktifan janin dalam rahim. Untuk itu, akan sangat penting bagi ibu hamil untuk terus secara rutin memonitor serta memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. 

    Dokter akan menyarankan ibu hamil untuk selalu mencatat dan mengingat waktu-waktu kapan saat bayi paling sering menendang di dalam kandungan. Ada kalanya saat gula darah ibu sedang rendah, bayi juga bisa saja menendang lebih sering. Atau saat ibu sedang melakukan sebuah aktivitas fisik, bayi bisa menjadi lebih aktif menendang di dalam kandungan.

    • Intensitas tendangan semakin menurun memasuki minggu ke 36.

    Intensitas tendangan bayi di dalam perut Anda bisa menurun saat usia kandungan sudah memasuki minggu ke 36. Hal ini wajar saja, jadi Bunda tidak perlu merasa khawatir saat merasakan perubahan seperti ini ketika sudah hamil tua.

    Semiga artikel diatas dapat bermanfaat untuk Bunda, salam sehat selalu!

    Jangan lupa baca artikel kami lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 27, 2017

    Pertanyaan Pengunjung :

    haid tidak lancar

  • Oleh : fiddina muthiahwari
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    assalamualaikum ka,, saya fiddina mau tanya faktor tidak lancarnya haid berpengaruh ga sama anemia??..makasih

    Lemas

  • Oleh : Risky nur
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi Dok. Saat ini saya sering kali merasakan berbagai jenis masalah seperti dada yang sakit, lemas, sakit pada bagian tangan, berkeringat berlebih, panas dingin, gemeteran dan sakit dada sebelah kiri. Awaslnya saya hanya menderita masalah kesehatan tuberculosis 1 Thn. Memang Dokter sudah bilang bahwa saya sudah sembuh dari tuberculosis ini. Tapi kenapa yang tiba tiba tubuh saya jadi merasakan hal hal tadi? Mohon penjelasannya

    Telat mens

  • Oleh : Aul Lia
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Mlm dok, sya mau tanya. Sya sdh lebih dari 2 minggu belum mens. Tp pernah ada keluar bercak darah sedikit, tapi gak mens dok.
    Sya hari pertama terakhir mens tgl 21 agustus. Sampai sekarang blm mens.
    Ini karna murni telat mens atau hamil ya dok ?
    Soalnya waktu sya berhubungan sex, tidak keluar di dalam dok.

  • Oleh : Aul Lia
  • Keputihan

  • Oleh : Habibah Aini
  • 1 bulan, 3 minggu yang lalu

    Bu Bidan, saya Habibah. Saya umur 21th.
    Saya sudah meninkah selama 7 bulan.. Tapi belum di kasih momongan. Nah, saya keputihan sudah lama, sejak waktu sekolah dulu. Keputihan saya setiap hari Bu Bidan, dan saya juga pernah usg rahim. Hasilnya baik baik saja tidak ada kista. Alhamdulillah sehat. Tapi kok saya keputihan terus gimana ya Bu solusinya.. Tapi seandainya saya habis kencing lalu saya lap sampai kering keputihan tidak pernah keluar, kalau keluar pun pasti cuma sedikit, namun seandainya saya pakai celana ketat atau habis kencing tidak saya lap sampai kering pasti keluar keputihan lumayan sihhh Bu. Mohon respons nya. Terimakasih

  • Oleh : Habibah Aini
  • tetang wanita hamil

  • Oleh : redi redi
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    ibu bidan mau tanya kemarin baru melakukan hubungan intim,kemarin itu kan penis dimasukan kevagina paling baru lima detik.karna siwanita kesakitan jadi penis saya keluarin ,akan terjadi hamil pada siwanita atau tidak ya bu?

    Tanya Bidan