×

Kram Perut Pada Ibu Hamil Apakah Berbahaya?

Bagikan Artikel :

Kram Perut Pada Ibu Hamil Apakah Berbahaya?

Kram perut bagian kiri pada ibu hamil umum terjadi. Memang bagi sebagian bumil kram perut bisa membuat was-was karena takut berdampak pada janin. Meskipun salah satu penyebab kram perut adalah tanda keguguran, tapi kram perut juga bisa menjadi hal yang lumrah lho Bun. Lalu apa saja penyebab kram perut bagian kiri pada bumil dan bagaimana cara mengatasinya? yuk simak di bawah ini!

Related Posts :

    Penyebab Kram Perut Bagian Kiri

    1. Sembelit
      Konstipasi atau sembelit bisa menjadi penyebab perut sebelah kiri sakit seperti kram. Namun, masalah kesehatan tersebut memang umum dialami oleh bumil di trimester awal dan trimester tiga.
    2. Perut yang membesar
      Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, membesarnya perut saat hamil juga bisa menyebabkan rasa nyeri, terutama di 12 minggu awal kehamilan.
      Hal ini disebabkan karena otot-otot pada perut atau ligamen yang awalnya rapat menjadi renggang dan melebar. Rasa sakit ini dapat berkurang dengan menyesuaikan posisi duduk ataupun tidur serta istirahat yang cukup.
    3. Infeksi saluran kemih
      Infeksi saluran kemih atau UTI (Urinary Tract Infections) biasanya ditandai dengan sakit perut sebelah kiri bawah dan dibarengi rasa nyeri saat buang air kecil.
      Bunda perlu waspada jika keluar darah saat buang air kecil disertai dengan demam. Biasanya rasa sakit karena infeksi ini bisa meluas hingga kedua sisi perut bawah.
    4. Keguguran
      Bunda perlu segera ke rumah sakit jika kram perut yang dirasakan semakin parah apalagi hingga mengalami pendarahan. Hal ini bisa saja menjadi tanda-tanda keguguran.
      Biasanya gejala keguguran seperti di atas dialami pada usia kehamilan dibawah 24 minggu. Jika ditangani lebih cepat dan tepat, mungkin saja kehamilan masih bisa berlanjut dengan perawatan ekstra.
    5. Kehamilan ektopik
      Kehamilan ektopik adalah kondisi di mana sel telur dibuahi di luar rahim. Pembuahan umumnya terjadi di tuba falopi sehingga janin tidak bisa tumbuh dengan sempurna.
      Kehamilan jenis ini tidak dapat dilanjutkan, sehingga terpaksa janin harus dikeluarkan menggunakan obat atau metode medis lain.
      Gejala yang menyertai perut sakit sebelah kiri ini antara lain terjadi pendarahan, nyeri pada bahu serta merasa sakit saat buang air besar maupun kecil.
    6. Orgasme
      Melakukan hubungan seksual saat hamil muda dapat menyebabkan nyeri perut di sebelah kiri lho. Hal ini terjadi ketika Anda mengalami orgasme sehingga otot pada uterus berkontraksi.

    Cara mengatasi sakit perut sebelah kiri

    1. Jangan mengangkat beban yang terlalu berat
    2. Cobalah tidur dengan bantal kehamilan yang diselipkan di antara lutut dan menopang punggung
    3. Bergerak secara perlahan, namun lebih sering
    4. Menggunakan bantal pemanas tetapi beri jarak setelah 10 menit penggunaan
    5. Istirahat secara cukup
    6. Melakukan olahraga kegel
    7. Memakai sabuk kehamilan untuk membantu tubuh menopang perut
    8. Jika Mom merasa akan bersin atau batuk, membungkuklah lalu lemaskan bagian panggul
    9. Mengubah pola makan menjadi porsi kecil tetapi lebih sering
    10. Memperbanyak konsumsi serat alami seperti sayur, biji-bijian dan buah
    11. Olahraga ringan yang dikhususkan untuk ibu hamil secara teratur
    12. Memperbanyak minum air putih

    Segera Ke Dokter Jika

    1. Mengalami demam tinggi atau merasakan dingin yang tidak wajar
    2. Terjadi pendarahan pada vagina
    3. Merasa pusing hingga pingsan
    4. Sakit yang semakin parah
    5. Kesulitan untuk bergerak
    6. Terdapat cairan yang keluar dari vagina
    7. Merasa gerakan bayi berkurang atau bahkan tidak merasakan pergerakannya di dalam kandungan
    8. Merasa mual hingga muntah
    9. Diare yang tidak kunjung berhenti
    10. Sulit buang air kecil atau merasakan sakit yang hebat saat melakukannya

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 20, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi Seminggu tidak BAB

  • Oleh : danilobecnel
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Apa saya hamil?

  • Oleh : Desy Silvy
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok Bln 1 tgl 1-5 sya m dan BulN 1 tgl 28-1 m lgi. BulN 2 tgl 14 15 sy berhubungan tgl 24-27 saya m. BulN 3 tgl 11 12 26 syg berhubung intim tapi menggunakan pil kb sekali minum.dan Sampek bulan 4 syg bm m. Tgl 3 BulN 4 aku test garis dua apa saya hamil

  • Oleh : Desy Silvy
  • Ketinggalan memberikan imunisasi anak

  • Oleh : Aryanto Id
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

  • Oleh : Aryanto Id
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 3 tahun yang lalu

    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Kesehatan

  • Oleh : Yunita yunita
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Masalah sakit vagina

  • Oleh : Yunita yunita
  • Tanya Bidan