×

Manfaat Mengonsumsi Beras Merah Saat Masa Kehamilan

Bagikan Artikel :

Di Indonesia, beras menjadi bahan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Beras memiliki berbagai macam dan salah satunya yaitu beras merah. Beras merah mengandung zat warna alami antosianin yang bersifat antioksidan, antikanker dan anti hipertensi serta anti hiperglikemik. Dalam prosesnya, biasanya beras merah hanya ditumbuk dan hal ini bertujuan untuk menghilangkan sekamnya saja tanpa menggunakan mesin untuk mengurangi kerusakan pada nutrisi yang ada pada beras merah tersebut.

Dalam satu porsi beras merah tumbuk terdapat kandungan kalori, mineral mangan, selenium, magnesium, asam amino triptofan, serat, protein, asam lemak alfa-linoleat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A yang sangat penting dan dibutuhkan dalam mencukupi asupan nutrisi pada masa kehamilan. Lalu, apa sajakah yang menjadi manfaat dan khasiat dari nutrisi yang terdapat pada beras merah dibandingkan dengan beras putih yang sering kita konsumsi?

Manfaat Mengonsumsi Beras Merah Saat Masa Kehamilan

Tidak heran jika saat ini beras merah menjadi alternatif bagi ibu hamil yang ingin mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Selain itu, berikut dibawah ini manfaat mengonsumsi beras merah saat masa kehamilan.

Sumber energi
Beras merah mengandung karbohidrat kompleks namun rendah kadar gula sehingga memerlukan waktu yang lama untuk dicerna dalam tubuh. Oleh karena itu, beras merah sering dijadikan alternatif lain untuk para penderita diabetes. Karena dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Oleh karena itu, selain berkhasiat untuk meningkatkan energi, beras merah juga aman bagi penderita diabetes.

Menjaga kesehatan pencernaan
Sembelit dan susah BAB saat hamil menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering dialami oleh para ibu hamil. Hal ini dikarenakan rahim ibu yang membesar dan memberikan penekanan pada usus yang mengakibatkan sisa pencernaan masih tertinggal di usus. Namun, dengan mengonsumsi beras merah, kandungan seratnya dapat membantu proses pencernaan lebih lancar. Selain itu juga, membantu mengurangi risiko terkena kanker pada usus akibat sembelit.

Menjaga kadar kolesterol
Asam lemak alfa-linolenat di dalam beras merah merupakan asam lemak tak jenuh yang sangat berguna dalam membantu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi dalam darah terutama saat masa kehamilan. Mengkonsumsi beras merah secara teratur dapat membantu meningkatkan asam lemak esensial yang penting dalam tubuh yang dibutuh selama masa kehamilan.

Menjaga sistem kekebalan tubuh
Antioksidan yang terdapat pada beras merah sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh pada masa kehamilan. Antioksidan pun dipercaya dapat mengurangi resiko stres yang mungkin menimpa ibu pada masa kehamilan yang melelahkan. Inilah mengapa saat ini makin banyak orang yang beralih mengkonsumsi beras merah.

Menjaga Kesehatan Tulang
Untuk menjaga kesehatan tulang kita harus menerima asupan vitamin D, kalsium dan magnesium. Kedua nutrisi ini dapat membantu proses pembentukan tulang sejak janin masih dalam kandungan. Tak perlu repot mengkonsumsi bebagai macam suplemen sebab segala kebaikan magnesium tersedia pada beras merah. Namun jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan bahan makanan lain agar hasilnya lebih maksimal, misalnya saja sayuran bayam, dll

Nah, jadi itulah beberapa nutrisi yang terdapat pada beras merah sebagai sumber nutrisi baik untuk ibu hamil dan janin. Pilihlah beberapa jenis makanan yang benar-benar memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan janin untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan jabang bayi yang Anda kandung.  Semoga info bidan ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi para calon ibu saat ini.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 31, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah Nyeri Haid Mempengaruhi Kesuburan ?

  • Oleh : Risky nur
  • 5 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan, saya sering mengalami sakit ketika sedang menstruasi, rasa sakitnya seperti di remas atau dililit dan ini selalu membuat tubuh saya lemas. Apa itu berbahaya ? Lalu apa ada pengaruhnya pada kesubura ? Makasih bu bidan sebelumnya.

  • Oleh : Risky nur
  • Susah Hamil Setelah Mengalami Keguguran

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

  • Oleh : Siti Rohmah
  • Terlambat haid

  • Oleh : Ani Kumala
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Mau tanya bu bidan saya haid Biasany tgl 19 sudah cek HCG 3 kali tp negatif??
    Tetapi saya belum haid juga apakah hasil HCG yg negatif bisa hamil?????

    Penanganan herpes zoster

  • Oleh : puji
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat malam Bu bidan mau saya Santi Nuranti ibu satu anak usia 23thn,Bu saya sedang hamil 18week dan terdistraksi terkena herpes,awalnya flu dan Kuti pada lengan memerah dan perih lama kelamaan an bergelembung seperti luka bakar apa ini termasuk herpes zoster Bu?? Apa bahaya untuk janin saya?? Penanganan yg tepat itu apa ya??

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Tanya Bidan