Pengobatan Alternatif yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Tanya Bidan – Ketika hamil, maka disarankan untuk  tidak mengatasi berbagai masalah kesehatan dengan melakukan pengobatan yang aneh aneh. Namun anda bisa melalukan langkah pengobatan dengan melakukan pengobatan alternatif. Beberapa pengobatan alternatif ini  aman dilakukan ibu hamil.

    Meskipun pengobatan alternatif berikut ini dikatakan aman, namun tetap saja ibu disarankan untuk berkonsultasi dahulu kedokter atau bidan kandungan anda sebelum menerapkannya. Dan berikut diantaranya

    Pengobatan Alternatif yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil


    1. Menggunakan Aromaterapi

    Pada trisemester pertama kehamilan biasanya ibu hamil akan sering merasa mual dan muntah, nah coba deh ibu untuk menghirup wewangian dari minyak aromaterapi yang mungkin bisa membantu anda, dalam mengurangi gejala ingin muntah seperti halnya rasa mual. Ibu bisa menghirup aromaterapi dengan berbagai aroma seperti halnya lemon atau mint.

    Ada cara terbaik yang bsia dimanfaat guna memanfaatkan aromateripai sebagai langkah pengobatan yaitu dengan menambahkan beberapa tetesan minyak esensial ke bak mandi yang berisikan air hangat. Selain itu minyak aromaterapi juga mungkin bisa membantu anda untuk tidur lebih nyenyak, menyegarkan dan merelaksasi tubuh, serta membuat anda lebih bersemangat.

    Akan tetapi tidak semua minyak aromaterpi aman untuk digunakan ibu hamil. Jadi alangkah baiknya selalu berkonsultasi dengan dokter anda.

    2. Pijatan

    Dalam sebuah penelitian, ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika tubuh kita dipijat selagi masa kehamilan. manfaat tersebut diantaranya

    • Menambah suasana hati menjadi lebih baik.
    • Bantu mengurangi stress, depresi dan juga cemas
    • Atasi ketidaknyamanan pada tubuh seperti pembengkakan, nyeri otot, sakit punggung atau juga sakit kepala.
      bantu melancarkan sirkulasi.
    • Membuat tidur lebih nyenyak
    • Dan juga bantu melancarkan proses persalinan.

    Meski begitu, memijat dimasa kehamilan haruslah dilakukan secara hati hati. Dan ibu disarankan untuk tidak memijat area perut pada usia kehamilan trisemester awal. Karena waktu tesebut tidaklah aman untuk kehamilanmu.

    Baca Juga : Memahami Cara Merawat Kandungan Dengan Baik

    3.Refleksiologi

    Meskipun tidak adanya pembuktian secara medis, namun refleksiologi dipercaya bisa bantu mengatasi sakit kepala ringan dimasa kehamilan. Guna mengatasi masalah seperti ini, maka ibu bisa memijat jempol kaki anda. Sebelum memijatnya, bayangkan bahwa permukaan atas jempol kaki anda adalah bagian dari kepala, sedangkan jempol kaki merupakan bagian belakang kepala anda. Lalu sisi jempol yang berdekatan dengan jari telunjuk kaki merupakan tepi dari luar kepala dan telinga, lantas selanjutnya untuk sisi sebaliknya mewakili untuk bagian tengah kepala anda.

    Setelah kita mengetahui itu, maka ibu bisa menekan area jempol sekeras mungkin, sesuai dengan lokasi sakit kepala yang terasa. Dan tekan beberapa kali hingga rasa sakit kepala anda berkurang.

    4.Akupuntur

    Metode ini mungkin bisa kita jadikan untuk pengobatan alternatif guna mengatasi beberapa ketidaknyamanan saat sedang hamil. Namun akupuntur tidak bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang serius. Namun anda beberapa kemungkinan manfaat akupunter pada ibu hamil seperti diantaranya :

    • Mengatasi Depresi
    • Mual muntah, atau morning sickness
    • Nyeri Panggil
    • Merasa sakit punggung
    • Dan juga mengatasi sakit kepala.

    Apabila ibu hamil ingin menggunakan cara ini guna mengatasi kondisi kesehatan, maka disarankan untuk melakukannya ketika kehamilan anda menginjak usia diatas 12 minggu.Dan hal ini dilakukan untuk menghindari resiko buruk yang terjadi pada janin.

    Dan yang perlu untuk diingat adalah pengobatan alternatif tidak bisa anda gunakan untuk menggantikan metode medis seperti yang disarankan dokter. Jadi tetap utamakan pengobatan medis yang direkomendasikan oleh dokter anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - February 24, 2017
    Diskusi Dari:
    Silvia Rizkiana Sari

    Siang Bu Bidan, saya kan biasanya Haid atau Menstruasi tanggal muda sekitar tanggal 7 dan 8 tapi sampai saat ini saya belum merasakan gejala-gejala akan timbul haid, tapi timbul jerawat yang terasa sangat nyeri, apa itu ciri-ciri dari haid juga ?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Silvia Rizkiana Sari
    Diskusi Dari:
    Anisaapriyanti

    Buk bidan kenapa ea bayi saya klo tidur bunyi nya gro grok usianya 4blan

    Dijawab Oleh : Anisaapriyanti
    Diskusi Dari:
    Ivie Suci

    Halo dok, saya Resy saat ini usia bayi saya 2 minggu dan saat usia 4 hari bayi saya disinar selama 2 hari, selama disinar bayi saya diberikan susu formula untuk antisipasi dehidrasi dan pulang kerumah banyak bayi saya banyak bab. Tapi sampai sekarang ini sekitar 9 hari dengan full asi belum bab juga, padahal minum asinya banyak dan buang air kecilnya juga cukup banyak. Ada yang harus dikhawatirkan ga yah dok ?

    Dijawab Oleh : Ivie Suci
    Diskusi Dari:
    jasperdoolan1

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 27 tahun dan saat ini sedang hamil 6 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan 6 bulan? apakah ada efeknya sama janin? trims mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : jasperdoolan1
    Diskusi Dari:
    Opik Taufik

    Selamat pagi, saat ini saya tengah mengandung usia 8 bulan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami sembelit, yang berujung (mohon maaf) anus saya perih. Saya pikir itu akan sembuh dalam sehari, tetapi kini rasa sakit dan perih bertambah parah, juga seperti ada yang mengganjal. Saya mendiskusikannya dengan suami saya, dan kami rasa itu adalah wasir / ambeien. Yang mau saya tanyakan, apakah bagi ibu hamil itu adalah kondisi yang wajar, dan apakah akan berdampak buruk bagi persalinan saya yang hanya beberapa minggu lagi? Lalu bagaimana cara mengobatinya?
    Terimakasih

    Dijawab Oleh : Opik Taufik