Posisi Duduk Ibu Hamil Yang Baik Perlu Diketahui Sejak Dini

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bagaimana cara posisi duduk ibu hamil yang aman dan yang dilarang selama kehamilan?

    Bagi wanita yang dalam masa kehamilan harus selalu memperhatikan posisi tubuh yang baik saat tidur maupun sedang duduk. Hal biasa seperti posisi duduk kalau tidak hari-hati pada saat hamil bisa membahayakan janin dalam kandungan. Memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil dengan posisi duduk yang baik dan aman.

    Berikut ini posisi duduk yang baik dan aman untuk ibu hamil:

    1. Tubuh bersandar sepenuhnya dikurisi maupun sofa

    Dapat mencegah dan meminimalisir resiko terjadinya sakit punggung saat hamil dan dapat menambahkan bantal yang nyaman untuk sandaran yang berfungsi untuk meredakan rasa pegal pada punggung.

    2. Posisi duduk yang ideal

    Posisi punggung harus lurus dengan bahu tertarik kebelakang. Duduk dengan posisi tegak dapat membuat ibu hamil lebih nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya sakit punggung atau nyeri perut.

    3. Mengatur waktu duduk

    Apabila anda sering berubah-ubah posisi pada saat duduk yang benar ini dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menghindari gangguan rasa pegal dan nyeri. Pada ibu hamil biasanya dilarang duduk selama 30 menit dengan posisi yang sama.

    4. Menyeimbangkan berat badan selama duduk

    Ada baiknya ibu hamil menyeimbangkan pinggul kiri dan pinggul kanan pada saat posisi duduk yang bertujuan untuk menghindari rasa nyeri pada kaki.

    5. Dilarang memakai sepatu atau sandal hak tinggi

    Apabila anda sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu maupun sandal hak tinggi karena untuk menghindari resiko jatuh maupun berjalan dan dapat memicu terjadinya penurunan keseimbangan tubuh.

    6. Istirahat

    Apabila tubuh dan pikiran sudah mulai lelah pada saat posisi duduk selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya istirahat sejenak bisa dengan lakukan jalan-jalan kecil untuk meregangkan otot kaki yang tegang.

    Selain posisi duduk yang baik dan aman, anda juga harus memperhatikan posisi duduk yang dilarang dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil diantaranya:

    1. Posisi setengah duduk

    Apabila anda sering melakukan duduk seperti ini dalam waktu lama kemungkinan anda akan merasakan nyeri dibagian punggung karena posisi duduk seperti ini memberikan banyak tekanan pada sumsum tulang belakang. Biasanya ibu hamil sering melakukan duduk ditempat tidur dengan posisi setengah.

    2. Posisi duduk dengan kaki bergantung

    Akan menyebabkan peningkatan tekanan aliran darah ke kaki. Setiap ibu hamil untuk normalnya akan mengalami pembengkakan pada kaki dan bila posisi duduk tersebut terus dilakukan akan semakin memperparah kaki yang bengkak.

    3. Posisi duduk tanpa menggunakan sandaran

    Pada saat hamil dengan posisi duduk tanpa menggunakan sandaran dapat membuat ketegangan ditulang punggung akan semakin memburuk. Oleh sebab itu, usahakan selalu untuk menggunakan sandaran yang empuk dengan posisi punggung yang lurus.

    4. Posisi duduk membungkuk

    Posisi duduk dengan membungkuk ternyata cukup membahayakan bagi ibu hamil karena punggung menjadi tidak lurus. Meningkatnya bobot ibu hamil sudah cukup memberikan rasa yang tidak nyaman pada bagian sumsum tulang belakang dan semakin memperparah kondisi tulang sumsum anda.

    5. Posisi duduk mendongak kedepan

    Apabila anda melakukan posisi duduk dengan mendongak kedepan secara terus menerus maka dalam jangka panjang akan membuat anda tidak nyaman dan dapat membahayakan janin karena diusia kehamilan yang sudah besar tulang rusuk anda dapat menekan tubuh janin dan dapat menimbulkan bekas permanen nantinya.

    Dengan memperhatikan dan melakukan hal diatas maka anda secara tidak langsung akan menjaga kesehatan anda juga janin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - December 12, 2016
    Diskusi Dari:
    Pipit Winartii

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Mocil Ngocol

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Sitihumairoh

    Selamat pagi bu bidan saya Lutfia umur 25 tahun saat ini saya sedang mengandung 7 bulan. Saat ini saya sering mengalami rasa mulas meskipun setelahnya di barengi BAB. Namun apakah wajar jika rasa mulas muncul lebih sering saat hamil? Mohon jawabannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Sitihumairoh
    Diskusi Dari:
    jerrigibson293

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : jerrigibson293
    Diskusi Dari:
    ade

    Memasuki usia kehamilan bulan ketiga, keluar bercak darah dan saya langsung periksa sama bidan dan diberi obat. Ketika obatnya udah habis bercak darah kembali keluar. Apakah pertanda bayi tidak berkembang ?

    Dijawab Oleh : ade