×

Posisi Duduk Ibu Hamil Yang Baik Perlu Diketahui Sejak Dini

Bagikan Artikel :

Bagaimana cara posisi duduk ibu hamil yang aman dan yang dilarang selama kehamilan?

Bagi wanita yang dalam masa kehamilan harus selalu memperhatikan posisi tubuh yang baik saat tidur maupun sedang duduk. Hal biasa seperti posisi duduk kalau tidak hari-hati pada saat hamil bisa membahayakan janin dalam kandungan. Memang sangat dianjurkan untuk ibu hamil dengan posisi duduk yang baik dan aman.

Berikut ini posisi duduk yang baik dan aman untuk ibu hamil:

1. Tubuh bersandar sepenuhnya dikurisi maupun sofa

Dapat mencegah dan meminimalisir resiko terjadinya sakit punggung saat hamil dan dapat menambahkan bantal yang nyaman untuk sandaran yang berfungsi untuk meredakan rasa pegal pada punggung.

2. Posisi duduk yang ideal

Related Posts :

    Posisi punggung harus lurus dengan bahu tertarik kebelakang. Duduk dengan posisi tegak dapat membuat ibu hamil lebih nyaman dan dapat mengurangi resiko terjadinya sakit punggung atau nyeri perut.

    3. Mengatur waktu duduk

    Apabila anda sering berubah-ubah posisi pada saat duduk yang benar ini dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh serta menghindari gangguan rasa pegal dan nyeri. Pada ibu hamil biasanya dilarang duduk selama 30 menit dengan posisi yang sama.

    4. Menyeimbangkan berat badan selama duduk

    Ada baiknya ibu hamil menyeimbangkan pinggul kiri dan pinggul kanan pada saat posisi duduk yang bertujuan untuk menghindari rasa nyeri pada kaki.

    5. Dilarang memakai sepatu atau sandal hak tinggi

    Apabila anda sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu maupun sandal hak tinggi karena untuk menghindari resiko jatuh maupun berjalan dan dapat memicu terjadinya penurunan keseimbangan tubuh.

    6. Istirahat

    Apabila tubuh dan pikiran sudah mulai lelah pada saat posisi duduk selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya istirahat sejenak bisa dengan lakukan jalan-jalan kecil untuk meregangkan otot kaki yang tegang.

    Selain posisi duduk yang baik dan aman, anda juga harus memperhatikan posisi duduk yang dilarang dan tidak dianjurkan untuk ibu hamil diantaranya:

    1. Posisi setengah duduk

    Apabila anda sering melakukan duduk seperti ini dalam waktu lama kemungkinan anda akan merasakan nyeri dibagian punggung karena posisi duduk seperti ini memberikan banyak tekanan pada sumsum tulang belakang. Biasanya ibu hamil sering melakukan duduk ditempat tidur dengan posisi setengah.

    2. Posisi duduk dengan kaki bergantung

    Akan menyebabkan peningkatan tekanan aliran darah ke kaki. Setiap ibu hamil untuk normalnya akan mengalami pembengkakan pada kaki dan bila posisi duduk tersebut terus dilakukan akan semakin memperparah kaki yang bengkak.

    3. Posisi duduk tanpa menggunakan sandaran

    Pada saat hamil dengan posisi duduk tanpa menggunakan sandaran dapat membuat ketegangan ditulang punggung akan semakin memburuk. Oleh sebab itu, usahakan selalu untuk menggunakan sandaran yang empuk dengan posisi punggung yang lurus.

    4. Posisi duduk membungkuk

    Posisi duduk dengan membungkuk ternyata cukup membahayakan bagi ibu hamil karena punggung menjadi tidak lurus. Meningkatnya bobot ibu hamil sudah cukup memberikan rasa yang tidak nyaman pada bagian sumsum tulang belakang dan semakin memperparah kondisi tulang sumsum anda.

    5. Posisi duduk mendongak kedepan

    Apabila anda melakukan posisi duduk dengan mendongak kedepan secara terus menerus maka dalam jangka panjang akan membuat anda tidak nyaman dan dapat membahayakan janin karena diusia kehamilan yang sudah besar tulang rusuk anda dapat menekan tubuh janin dan dapat menimbulkan bekas permanen nantinya.

    Dengan memperhatikan dan melakukan hal diatas maka anda secara tidak langsung akan menjaga kesehatan anda juga janin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 12, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Memperlancar haid

  • Oleh : Claudia harapankita
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya bolehkah meminum jamu tradisonal untuk memperlancar haid dan mencegah kehamilan? karena datang bulan saya sering tidak teratur sehingga saya kesulitan untuk menghitung massa subur. dan benarkah nanas bisa mencegah kehamilan atau itu hanyalah mitos belaka? terimakasih mohon dibalas pertanyaan saya.

    Cara merawat kehamilan kembar agar tetap sehat

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Hasil dari pemeriksaan saya dinyatakan mengandung anak kembar dan ini menjadi hal yang paling menyenangkan bagi saya dan keluarga saya. Untuk menjaga ibu dan janin tetap sehat, sebaiknya apa saja yang harus dihindari dan dilakukan?

  • Oleh : They Xantana Noeza
  • Keputihan

  • Oleh : Suci Rahmadhani
  • 9 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya? Saya mengalami keputihan yg sangat berbau, saya mengalami ini hampir 2bulanan. Rasa ga pede deket orang sekitar dan ga nyaman dok. Gimana cara mengatasi nya ya?

    Biaya Untuk Cek Kesuburan Suami Istri

  • Oleh : Dessi Yudha Arisandy
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualikum bu bidan, nama saya Filza Syafira. Saya mau bertanya kira – kira biaya untuk cek kesuburan suami istri butuh berapa ya ? Rincian pemeriksaannya seperti apa aja bu ? Terima kasih, mohon dijawab.

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : hanis
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan