×

Taksiran Berat Badan Janin Terlalu Besar? Gimana Dong?

Bagikan Artikel :

Taksiran Berat Badan Janin Terlalu Besar? Gimana Dong?

Bikin panic yah Bun kalau dokter bilang taksiran berat badan janin terlalu besar. Apalagi jika Bunda menginginkan persalinan normal. Masalahnya persalinan akan sedikit macet atau disertai penyulit karena bayi yang besar. Biasanya janin yang terlalu besar disebabkan karena wanita yang memiliki kenaikan berat badan terlalu tinggi dalam kehamila. Janin dengan berat berlebih bisa membuat bayi cenderung mengalami obesitas seiring bertambahnya usia.

Related Posts :

    Penyebab Berat Badan Janin Terlalu Besar

    Kenaikan berat badan yang berlebih selama kehamilan tentu merupakan faktor yang berkontribusi terhadap epidemi obesitas pada bayi, tetapi itu hanya satu faktor, Berat badan janin berlebihan dapat meningkatkan risiko komplikasi kelahiran seperti persalinan Caesar dan kelahiran prematur.
    Bahkan jika Bunda mulai hamil dengan kelebihan berat badan atau obesitas dapat secara signifikan meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti gestasional diabetes dan preeklampsia.
    Selain itu berat badan janin yang terlalu besar juga bisa disebabkan oleh usia kehamilan yang lewat waktu,yaitu lebih dari 42 minggu. Semakin lama janin di dalam rahim maka akan semakin besar berat badannya.

    Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Janin Berlebih

    1. Mempertahakan berat badan ideal
      Sebaiknya sebelum hamil, Bunda mengkonsumsi vitamin prenatal, dan mengatur pola makan untuk memulai program kehamilan dengan berat badan yang ideal.
    2. Makan dengan porsi kecil namun sering
      Fokuslah hanya pada makanan sehat yang mengandung rendah karbohidrat dan protein, buah, dan sayuran bergizi tinggi. Jika ingin ngemil, pilihlah snack sehat di sela-sela waktu makan.
      Mengonsumsi makanan ringan yang sehat dan mengandung protein, serat, dan beberapa lemak sehat setiap tiga jam akan membantu ibu hamil tidak makan berlebihan.
    3. Minum cukup air putih
      Penting sekali untuk menghindari dehidrasi selama kehamilan dengan cara minum cukup air putih. Cara ini bermanfaat untuk membantu Bunda merasa kenyang di antara jam makan dan cemilan.
      Minum air juga mencegah konstipasi (sembelit), salah satu efek samping yang kurang menyenangkan saat hamil.
      Institute of Medicine menyarankan wanita hamil untuk minum minimal 10 gelas air setiap hari. Largeman-Roth merekomendasikan tiga liter air setiap hari, dengan menaikkan asupan airnya dengan menyimpan gelas atau botol infused water.
    4. Memilih makanan cemilan
      Kuncinya adalah memuaskan dorongan ngidam namun tetap mendapatkan protein dan lemak sehat yang Bunda dan bayi butuhkan serta membantu tetap kenyang.
      Sedikit trik yang digunakan adalah menggabungkan salah satu makanan kurang sehat yang membuat saya ngidam dengan sesuatu yang sehat.
    5. Lakukan jogging
      Aktivitas paling aman yang bisa dilakukan wanita hamil adalah jogging atau berjalan kaki. Jogging tidak hanya penting untuk mengatasi kenaikan berat badan. Ibu hamil akan mengalami lebih sedikit rasa sakit dan nyeri pada akhir kehamilan jika tetap aktif.

    Dampak Pada Janin Yang Memiliki Berat Badan Berlebih

    1. sindrom gangguan pernapasan. Penjelasannya begini, janin dikandung ibu dengan riwayat diabetes kelebihan insulin. Kelebihan insulin dapat menghambat kerja hormon kortisol yang berfungsi mematangkan paru.
    2. Kelainan jantung, kelainan neurologis (saraf-red.) dan psikologi pada bayi di kelak kemudian hari, hingga kematian mendadak janin dalam rahim. Kematian mendadak ini dipicu darah yang kekurangan oksigen dan pada saat yang bersamaan kelebihan asam laktat. Risiko lain yang patut diindahkan orang tua, janin yang lahir dengan bobot berlebih dapat mengalami hipoglikemia, gangguan kesehatan karena kadar gula dalam darah berada di bawah kadar normal.

    Bahaya Pada Ibu Apabila Melahirkan Bayi Yang Terlalu Besar

    Karena ukuran bayi terlalu besar, akan ada paksaan untuk lahir. Akibatnya, terjadi robekan pada jalan lahir dan peregangan tulang simfisis (tulang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan bentuknya seperti cakram. Misalnya, hubungan antara ruas-ruas tulang belakang). Ibaratnya, pintu panggul tidak muat untuk dilewati bayi namun dipaksakan harus muat. Akibatnya, terjadi perenggangan. Ini membahayakan kondisi ibu.

    Bayi sendiri berisiko mengalami cedera plexus brachialis pada tangan. Plexus brachialis adalah untaian serat saraf yang membentang dari tulang belakang melewati bagian leher, ketiak, dan akhirnya ke seluruh lengan.

    Apabila Taksiran Berata Badan Janin Anda Berlebih

    1. Perbanyak minum air putih
    2. Kurangi makanan yang mengandung gula tinggi
    3. Hindari junk food
    4. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan
    5. Olahraga rutin seperti senam hamil, berenang dll
    6. Rutin konsultasi kepada dokter kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 26, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    promil

  • Oleh : leni septiani
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    saya mau tanya .. awal nikah saya KB dulu suntik 1 bulan 6x .. apakah itu terlalu lama atau tidak ???
    skg mei masih dapat haid .. :(( pengen cepet punya anak bu

    Penyebab Munculnya Flek Darah saat Hamil

  • Oleh : Henny Diastara
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya sedang hamil fase trimester pertama dan saya khawatir tentang flek yang terjadi saat hamil, yang ingin saya tanyakan apa penyebab munculnya flek darah saat hamil? Terimakasih

  • Oleh : Henny Diastara
  • Kehamilan

  • Oleh : wahyu
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, saya via 23 thn.
    Tadi sore usg uk 8 minggu. Kantung janin sudah ada tapi janin belum ada masih gumpalan darah.
    Kenapa itu yaa bu bidan

    Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 1 hari, 6 jam yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • Keputihan dan nyeri haid

  • Oleh : El Shafilla
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Umur saya 24 tahun saya sering keputihan berwarna putih tidak berbau apalagi jika mendekati siklus haid.kadang juga saya sering sakit pinggang seminggu sebelum haid dan sakit di bagian bawah perut saat berhubungan di waktu 2 atau 1 hari sebelum datang haid apakah itu normal?
    Dan saya juga pernah ada bercak merah setelah berhubungan dengan suami 1hari setelah haid

    Tanya Bidan