×

Brokoli Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Brokoli Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang menginginkan bayinya cerdas tentu wajib makan sayuran hijau setiap harinya, terutama sayur brokoli. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi brokoli sebanyak 1-3 porsi brokoli matang setiap hari, kira-kira 1,5 mangkuk. Jika Bunda kurang menyukai sayur brokoli ini, Bunda bisa mengolahnya menjadi minuman yang di blender dan menambahnya susu tapi harus dicuci bersih dulu ya Bun.

Brokoli dikenal kaya akan vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan antioksidan. Wah, semua itu penting untuk Anda dan janin ya, Moms. Dengan kandungan nutrisi sebaik itu, tidak heran kalau brokoli memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan perkembangan janin di dalam perut Anda. Setidaknya ada 10 manfaat makan brokoli saat hamil, yaitu:

Related Posts :

    Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil

    1. Mencegah konstipasi
      Konstipasi sangat sering terjadi pada ibu hamil. Penyebabnya beragam, salah satunya perubahan hormon dan metabolisme tubuh. Selain itu, suplemen zat besi juga memberi dampak besar bagi pencernaan bumil. Brokoli kaya akan serat yang membantu menyehatkan pencernaan ibu, dan tentu saja efektif mencegah konstipasi.
    2. Mencegah anemia
      Saat hamil, tubuh Anda sangat membutuhkan asupan zat besi, dan defisiensi dapat menyebabkan anemia. Untuk itu, konsumsi saja brokoli yang kaya akan zat beso dan asam folat.
    3. Meningkatkan daya tahan tubuh
      Dengan daya tahan tubuh yang baik selama kehamilan, maka turut mencegah terjadinya infeksi. Kandungan betakaroten dan selenium dalam brokoli meningkatkan imunitas tubuh lho!
    4. Melindungi kulit
      Brokoli mengandung vitamin A, E, B, dan K, yang baik untuk melindungi kulit Anda. Untuk itu, mengonsumsi brokoli saat hamil dapat melindungi kulit dari sinar UV. Apalagi jika janin yang dikandungnya berjenis kelamin laki-laki, biasanya terdapat hormone testosterone yang bisa membuat kulit Anda kering dan berjerawat. Nah dengan mengonsumsi brokoli maka akan mengurangi Anda mengalami kulit kering dan berjerawat.
    5. Mengatur kadar gula darah
      Memang tidak semua bumil akan mengalami diabetes gestasional. Tetapi karena beberapa alasan, dalam perjalanan waktu bumil tetap memiliki risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional terjadi jika tubuh Anda tidak bisa menghasilkan cukup insulin untuk memecah gula darah yang Anda konsumsi saat hamil. Brokoli membantu dalam hal ini karena dapat dengan mudah mempertahankan kadar gula pada tingkat normal dan melepaskan tekanan dari insulin.
    6. Mencegah cacat lahir
      Tahukah Anda kalau kekurangan nutrisi saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir cacat. Jika Anda mengonsumsi brokoli saat hamil, maka Anda juga mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi di dalam perut. Kabar baiknya, segala nutrisi baik ini juga bisa membantu mencegah bayi lahir cacat.
    7. Mengoptimalkan perkembangan janin
      Perpaduan vitamin C, K, folat, zinc, kalsium, dan zat besi dalam brokoli sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan janin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 18, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ginekomastia

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamuallaikum, saya mau tanya cara agar memperkecil payudara pada pria yg terkana ginekomastia gimna ya dok? Saya resah bgt
    Saya tunggu jawaban nya ya dok, terima kasih

  • Oleh : Abyan Wahyu
  • Masalah haid

  • Oleh : Nining Yunengsib
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu udah 2 bulan ini aku haid nya cuma flek coklat doang… Kira-kira kenapa yah??

    Menstruasi

  • Oleh : Ardhia Rally Aurelia
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok mau tanya, kenapa ya udah 2 bulan ini haid saya ko cuma flek aja dan hari nya itu gak lama kurang lebih cuma 3 hari. dan tanggal haid nya selalu telat 2/3 hari. Itu kenapa ya dok? Mohon solusinya🙏

    Makanan yang dilarang untuk anak yang selesai sunat

  • Oleh : Iis ismayanti
  • 4 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • 10 bulan, 3 minggu yang lalu

    Hai dok… Mau nanya nih knapa di payudara sebelah kiri saya ada benjolan ya tapi gak sakit padahal saya masih umur 18 tahun
    Mohon di jawab ya dok trimakasih.

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • Tanya Bidan