×

Brokoli Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Brokoli Mempunyai Segudang Manfaat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang menginginkan bayinya cerdas tentu wajib makan sayuran hijau setiap harinya, terutama sayur brokoli. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi brokoli sebanyak 1-3 porsi brokoli matang setiap hari, kira-kira 1,5 mangkuk. Jika Bunda kurang menyukai sayur brokoli ini, Bunda bisa mengolahnya menjadi minuman yang di blender dan menambahnya susu tapi harus dicuci bersih dulu ya Bun.

Brokoli dikenal kaya akan vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan antioksidan. Wah, semua itu penting untuk Anda dan janin ya, Moms. Dengan kandungan nutrisi sebaik itu, tidak heran kalau brokoli memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan perkembangan janin di dalam perut Anda. Setidaknya ada 10 manfaat makan brokoli saat hamil, yaitu:

Manfaat Brokoli Untuk Ibu Hamil

  1. Mencegah konstipasi
    Konstipasi sangat sering terjadi pada ibu hamil. Penyebabnya beragam, salah satunya perubahan hormon dan metabolisme tubuh. Selain itu, suplemen zat besi juga memberi dampak besar bagi pencernaan bumil. Brokoli kaya akan serat yang membantu menyehatkan pencernaan ibu, dan tentu saja efektif mencegah konstipasi.
  2. Mencegah anemia
    Saat hamil, tubuh Anda sangat membutuhkan asupan zat besi, dan defisiensi dapat menyebabkan anemia. Untuk itu, konsumsi saja brokoli yang kaya akan zat beso dan asam folat.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Dengan daya tahan tubuh yang baik selama kehamilan, maka turut mencegah terjadinya infeksi. Kandungan betakaroten dan selenium dalam brokoli meningkatkan imunitas tubuh lho!
  4. Melindungi kulit
    Brokoli mengandung vitamin A, E, B, dan K, yang baik untuk melindungi kulit Anda. Untuk itu, mengonsumsi brokoli saat hamil dapat melindungi kulit dari sinar UV. Apalagi jika janin yang dikandungnya berjenis kelamin laki-laki, biasanya terdapat hormone testosterone yang bisa membuat kulit Anda kering dan berjerawat. Nah dengan mengonsumsi brokoli maka akan mengurangi Anda mengalami kulit kering dan berjerawat.
  5. Mengatur kadar gula darah
    Memang tidak semua bumil akan mengalami diabetes gestasional. Tetapi karena beberapa alasan, dalam perjalanan waktu bumil tetap memiliki risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional terjadi jika tubuh Anda tidak bisa menghasilkan cukup insulin untuk memecah gula darah yang Anda konsumsi saat hamil. Brokoli membantu dalam hal ini karena dapat dengan mudah mempertahankan kadar gula pada tingkat normal dan melepaskan tekanan dari insulin.
  6. Mencegah cacat lahir
    Tahukah Anda kalau kekurangan nutrisi saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir cacat. Jika Anda mengonsumsi brokoli saat hamil, maka Anda juga mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi di dalam perut. Kabar baiknya, segala nutrisi baik ini juga bisa membantu mencegah bayi lahir cacat.
  7. Mengoptimalkan perkembangan janin
    Perpaduan vitamin C, K, folat, zinc, kalsium, dan zat besi dalam brokoli sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan janin.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 18, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 4 tahun, 8 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Tentang gatal dan panas ditempt yg gatal saat sedang hamil

  • Oleh : Dwi saputro
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat malam
    Istri saya mengalami gatal gatal dan bintik merah dan di sekitar gatal itu terasa panas apa itu bawaa n bayi??

    Konsultasi KB

  • Oleh : Tika
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Mohon masukan dan saran nya bu bidan.
    saya melahirkan sesar, setelah masa nifas selesai, saya berencana pakai KB IUD tetapi menurut bidan yang saya datangi tidak bisa,
    harus menunggu 3 bulan setelah operasi.
    Jadi, sebagai alternatif nya saya KB suntik 3 bulan, karena saya menyusui.
    tapi Setelah 3 bulan kemudian saya tidak suntik KB lagi. karena saya ingin Haid normal setiap bulan nya.

    Waktu itu saya suntik KB bulan oktober, sampe bulan ini saya belum dapat haid juga.
    jika saya berhubungan dengan suami pasti saya menggunakan Kondom. saya ingin pakai KB IUD, tetapi sampai saat ini saya blm haid.
    setau saya, pemasangan IUD dilakukan jika kita sedang haid.

    pertanyaan nya:
    kanapa yah, saya blm haid juga ? padahal saya sudah tidak pakai KB suntik lg.

    Terima Kasih.

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Tanya Bidan