×

Tumbuh Bintik Hitam Di Bagian Tubuh Saat Hamil? Itu Chloasma Bunda

Bagikan Artikel :

Tumbuh Bintik Hitam Di Bagian Tubuh Saat Hamil? Itu Chloasma Bunda

Tumbuhnya bintik hitam saat hamil baik di wajah, leher, bokong, selangkangan dan lain-lain memang bikin gak PD. Yang paling sering mengalami bintik hitam ini adalah ibu hamil karena disebabkan oleh hormone. Bintik hitam yang tumubh di beberapa bagian tubuh disebut chloasma. Chloasma atau yang kerap disebut dengan melasma merupakan istilah yang digunakan untuk perubahan pigmen warna kulit saat hamil.
Chloasma merupakan salah satu tanda kehamilan yang kadang kala cukup mengganggu penampilan Moms. Biasanya mulai muncul pada kehamilan diatas 16 minggu.

Penyebab Tumbuhnya Chloasma

Chloasma dapat terjadi karena saat hamil, kadar hormon estrogen, progesteron dan melanocyte-stimulating hormone (MSH) biasanya akan meningkat pada trimester ketiga kehamilan.
Perubahan hormon ini atkan menstimulasi perubahan peningkatan melanin (hiperpigmentasi) secara sementara. Melanin ini merupakan substansi alami yang memberikan warna pada rambut, kulit dan mata.
Paparan sinar matahari juga berperan dalam meningkatkan melanin. Biasanya selama 6 sampai 18 bulan setelah melahirkan, flek ini akan memudar dengan sendirinya. Selain aktivitas hormonal, faktor lainnya adalah penggunaan pil KB, rendahnya tingkat testosteron pada pria, anemia, dan gangguan fungsi hati.

Related Posts :

    Cara Mengurangi Tumbuhnya Chloasma

    1. Konsumsi makanan sehat
      Cara pertama mengatasi chloasma adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung asam folat. Beberapa studi menunjukkan, kekurangan asam folat berhubungan dengan terjadinya hiperpigmentasi seperti penyebab tanda kehamilan.
      Makanan yang mengandung asam folat di dalamnya antara lain sayuran hijau, roti yang terbuat dari gandum utuh, dan sereal gandum utuh.
    2. Hindari sinar matahari
      Sebisa mungkin, Moms harus berusaha menghindari paparan sinar matahari. Bila hal ini tak memungkinkan, gunakanlah tabir surya, baju berlengan panjang, topi atau kacamata hitam saat bepergian.
    3. Gunakan minyak zaitun
      Gunakan minyak zaitun setelah mandi dan sebelum tidur utnuk mengurangi timbulnya chloasma. Minyak zaitun ini akan membuat kulit lembab dan menutrisi kulit sehingga akan mengurangi tumbuhnya chloasma
    4. Konsultasi pada dokter
      Untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik, konsultasikan dengan dokter mengenai perawatan kulit wajah. Karena dokter akan memberikan krim atau obat lain yang dapat memberikan mengobati chloasma tersebut.

    Bagaimana Bila Chloasma Tak Menghilang?

    Chloasma atau kondisi yang juga disebut “topeng kehamilan” ini biasanya menghilang setelah melahirkan. Apabila flek tak menghilang dalam waktu lama setelah melahirkan, kemungkinan flek ini sudah menetap menjadi penyakit melasma atau pigmentasi kulit yang berlebihan. Bila sampai terjadi, jalan satu-satunya adalah Moms harus berobat ke dokter spesialis kulit.
    Flek tersebut perlu diperiksa lebih lanjut, karena apabila flek yang timbul pada wajah ternyata dalam, tindakan yang biasa dilakukan adalah dengan laser. Namun bila flek tersebut tidak terlalu dalam maka dokter biasanya menyarankan untuk memakai krim.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 5 tahun, 9 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Keputihan

  • Oleh : Fau Ziyah
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu akhir akhir ini saya keluar keputihan putih susu,berbau seperti tempe busuk,dan gatal Bu kira kira apa penyebab nya yah

    Nyeri payudara sebelah kanan

  • Oleh : Nadia Kartika
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Ass. Dok saya mau tanya. Payudara saya sebelah kanan suka nyeri kadang nyut nyutan. Kata ahli bedah ini gapapa ga jahat. Tapi sampe sekarang masih sakit. Kenapa yaa. Makasih

    Keputihan

  • Oleh : Eren Fani
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Hallo dok, saya sudah telat haid 1 minggu. Tetapi pas saya cek dgn tespek positif hasilnya dengan dua garis yg satu samar samar apakah itu bisa hamil atau tidak?
    Dan selama telat haid saya mengalami keputihan dgn bau tidak sedap dan berwarna kuning ke hijauan apakah tanda2 hamil dok? Terimakasih

  • Oleh : Eren Fani
  • Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim

  • Oleh : romad25102493501
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pasca melahirkan opesari Caesar , setelah 40hari berlalu APA bisa melakukan hub intim, istri saya masih was was Ada yg bilang boleh Ada yg bilang jangan dulu

    Tanya Bidan