×

Bukan Pengantin Baru, Tapi Sulit Penetrasi

Bagikan Artikel :

Bukan Pengantin Baru, Tapi Sulit Penetrasi

Kesulitan penetrasi bukan hanya dialami oleh pengantin baru, tapi juga bisa dialami oleh pasangan yang sudah lama dan sudah biasa berhubungan seksual. Semua usaha sudah dilakukan misalnya pasangan sudah terangsang, dengan tanda basah pada organ vagina. Tapi penis masih tidak dapat masuk. Efeknya, penis terasa sakit karena tekanan yang terus menerus tetapi tidak dapat tembus. Padahal, Anda mungkin menyangka penis Anda berukuran normal atau tidak terlalu besar.

Selain itu, ereksi penis dirasa juga terjadi secara normal, yakni tegang, keras, dan tidak lemah. Lantas, apa yang menyebabkan penis sulit penetrasi saat bercinta? Untuk menjawab pertanyaan tersebut,yuk simak di bawah ini!

  1. Kurang optimal dalam fase bangkitan
    Tahap bangkitan seks yang terjadi setelah tahap rangsangan merupakan bagian dari respons seks yang penting untuk wanita sebelum tahap orgasme. Rangsang seks yang terpapar melalui indera atau pikiran maupun fantasi seks, akan diikuti dengan terjadinya perubahan fungsi faali tubuh. Pada tahap rangsangan ini, akan terjadi beberapa kondisi, antara lain meningkatnya detak jantung dan meningkatnya aliran darah ke payudara, sehingga payudara relatif lebih besar atau lebih tegak. Rangsang seks yang berlanjut kemudian akan mengantarkan respons seks ke dalam fase bangkitan. Dalam fase ini, aliran darah ke organ kelamin semakin lancar, mulut vagina membuka, serta lendir di vagina semakin banyak, serta terjadi beberapa perubahan lain pada rahim. Dalam fase bangkitan yang optimal, adalah waktu yang ideal untuk penetrasi penis. Jadi, kenali dan manfaatkan benar fase bangkitan. Jika saja tidak ada hambatan, baik secara fisik maupun fungsional, maka semestinya hubungan seks akan bisa dilakukan dengan baik
  2. Pengaruh ukuran dan fungsi ereksi penis
    Hubungan seks akan bisa dilakukan dengan baik tentunya jika disertai dengan adanya ukuran dan fungsi ereksi penis yang baik. Dari aspek pria, ukuran penis yang sangat besar, ereksi yang tidak keras, ereksi yang tidak lama, maupun penis bengkok ekstrem dapat menjadi penyebab penis sulit penetrasi. Terkait mengatasi masalah ini, para pria disarankan untuk lebih jauh berkonsultasi dengan dokter, terutama mengenai perbaikan disfungsi ereksi.
  3. Adanya hambatan psikologis Dari aspek wanita,
    Hambatan psikologis dapat pula menjadi faktor yang bisa menghambat hubungan seks berjalan sukses. Hambatan psikologis yang mungkin terjadi, antara lain adanya masalah atau kemarahan dengan pasangan, persepsi yang salah tentang seks, atau kecemasan tertentu terkait hubungan seks yang akan dilakukan. Hambatan psikologis yang terjadi tersebut dapat menyebabkan tahapan respons seks berlangsung tidak optimal. Alhasil, organ intim akan tidak terjadi rangsang seks seperti yang seharusnya. Bahkan, dalam beberapa keadaan, hal ini bisa memicu spase atau kekakuan otot vagina bagian depan, sehingga vagina menjadi seperti tertutup rapat. Jika hambatan psikologis ini yang terjadi, maka solusinya adalah perlu psikoterapi dan pemberian informasi yang benar.
  4. Adanya “penyumbat” di liang vagina
    Penyebab lain yang bisa menyebabkan penetrasi tidak sukses adalah faktor fisik pada wanita. Adanya “penyumbat” di liang vagina, khususnya di vagina bagian depan akan berpotensi menyebabkan kesulitan dan bahkan kegagalan penetrasi. Benjolan atau infeksi kelenjar yang letaknya di bagian depan liang vagina (bartolinitis) jika berukuran relatif besar, akan mengganggu proses penetrasi penis saat berhubungan seks. Jika diduga ada masalah ini, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis obgyn untuk bisa diperiksa. Perlu diingat, apabila diduga ada masalah pada organ reproduksi wanita, termasuk munculnya benjolan di depan liang vagina, jangan paksakan penetrasi. Trauma psikologis yang terjadi karena nyeri berlebihan dari penetrasi yang dipaksakan tersebut jelas tidak mengungtungkan di kemudian hari.
  5. Wanita mengalami vaginimus
    Sementara itu, melansir Health Line, gangguan fungsi sesksual yang disebut vaginimus juga dapat menjadi penyebab penis sulit penetrasi. Dalam keadaan ini, terjadi kontraksi abnormal otot vagina sepertiga bagian luar. Akibatnya, penis terhambat untuk penetrasi, dan terasa sakit kalau dipaksakan. Tidak ada jalan lain untuk mengatasi vaginimus, selain dengan berkonsultasi lebih jauh dan mendapat pemeriksaan yang lengkap dari dokter. Perawatan biasanya termasuk edukasi, konseling, dan terapi.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 10, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ruam pada kulit bayi

  • Oleh : Iphunk Charger
  • 5 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya mengatasi ruam merah pada kulit bayi usia 4 bulan ? apakah bisa dengan bedak tertentu atau diberikan bahan-bahan agar terlihat aman ? mohon jawabannya. Terimakasih

  • Oleh : Iphunk Charger
  • Telat menstruasi

  • Oleh : Sulis Setyawati
  • 2 tahun yang lalu

    Dok saya mau tanya saya kn gk pernah telat menstruasi.tapi bulan ini saya gk menstruasi sama sekali..dan saya tes kok hasilnya garis satu

    Obat pencahar untuk ibu hamil

  • Oleh : davegillison
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan mengalami BAB yang tidak lancar. Apakah aman jika saya mengkonsumsi obat pencahar dan apakah akan ada efeknya bagi janin? trims mohon jawabannya bu bidan

    Apa Obat Nyeri Tulang Belikat Kanan untuk Ibu Menyusui

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 5 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saya seorang ibu menyusui dan saat ini saya sering mengeluh nyeri tulang belikat sebelah kanan ketika mengambil napas dalam-dalam. Dan akhir-akhir ini kebetulan saya juga memiliki masalah pada lambung. Apakah nyeri tulang belikat tersebut disebabkan karena masalah lambung? Dan apa obat yang aman untuk ibu menyusui saat ini?

    Bersin Bersin

  • Oleh : Wanti
  • 3 tahun, 5 bulan yang lalu

    Dok kenapa ya ko setiap kali bersin saya sering kali bukan 1 kali tapi malah lebih dari 8 atau 10 kali dalam satu waktu. Itu kira kira kepa ya? ko saya jadi khawatir dengan kesehatan saya ya dok.

    Tanya Bidan