×

Amankah Jika Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui Rutin Melakukan Suntik Putih?

Bagikan Artikel :

Amankah Jika Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui Rutin Melakukan Suntik Putih?

Hampir semua wanita Indonesia menginginkan kulit yang putih, bersih dan bersinar. Tidak sedikit wanita yang melakukan perawatan kulit tubuh untuk mendapatkan warna kulit yang diidamkan. Salah satu perawatan kulit yang instan yang membuat kulit putih adalah suntuk putih. Suntik pemutih memang saat ini sedang menjadi trend, umumnya metode suntik putih ini terdiri dari glutathione, vitamin C dan juga collagen.

Banyak yang bilang bahwa metode suntik pemutih tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Lantas muncul pertanyaan apakah bisa melakukan suntik pemutih untuk ibu menyusui?

Related Posts :

    Suntik Pemutih Pada Ibu Hamil dan Menyusui

    Sampai saat ini, suntik putih pada ibu hamil dan juga menyusui belum dilakukan penelitian dengan lebih detail. Tapi glutathione di dalam kehamilan memang tidak baik bila dipakai dalam jangka waktu panjang dan juga dosis besar. Tapi untuk lebih amannya lebih baik tidak memakai suntik putih saat hamil dan menyusui.

    Metode suntik putih memang tidak dianjurkan bagi ibu hamil atau ibu menyusui. Sebab tingkat keamanannya belum diketahui. Selain itu, dikhawatirkan bahwa vitamin C dosis tinggi yang masuk ke ASI bisa membahayakan bayi.

    Vitamin C dalam dosis tinggi yang diberikan lewat suntikan dapat mempunyai efek dan resiko seperti nyeri perut, diare, sakit kepala, mual, insomnia, batu ginjal dan berkurangnya penyerapan vitamin B12. Nyeri di tempat suntikan, kelebihan zat besi, sampai pingsan karena proses penyuntikan yang terlalu cepat.

    Dengan begitu, pastinya akan lebih baik bila anda menerapkan cara alami untuk mencerahkan kulit. Atau bisa juga berkonsultasi dulu kepada dokter kulit bila ingin memakai krim pencerah ketika menyusui.

    Kandungan Suntik Putih Melebihi Kebutuhan Tubuh

    Namun yang harus diingat kadar vitamin C yang ada di dalam suntik vitamin C sebesar 1000 sampai 1800 mg. Sementara tubuh kita hanya perlu vitamin C 40 mg per hari. Yang sebenarnya dapat dipenuhi hanya dari konsumsi makanan dan minuman sehari-hari.

    Vitamin C yang telah disuntikkan mempunyai kandungan tinggi melebihi dosis yang diperlukan tubuh. Sehingga bisa memberikan efek samping seperti insomnia, sakit kepala dan juga batu ginjal. Tetapi kolagen dan glutathione yang berada di dalam tubuh bila disuntikkan dengan jumlah besar bisa juga berefek buruk pada tubuh. Namun penelitian memang belum memadai untuk hal tersebut.

    Kemudian, penggunaan glutathione dalam dosis tinggi, terutama melalui metode suntikan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Kadar glutathione yang tinggi mungkin bisa mempunyai efek antioksidan, tetapi memiliki risiko memengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan, jika penggunaan dosis tinggi ini dilakukan dalam jangka panjang.

    Injeksi kolagen ke tubuh dalam jumlah besar, apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang, mungkin akan memberikan efek samping yang negatif pada tubuh. Hingga saat ini, penelitian mengenai efek jangka panjang injeksi kolagen ke dalam tubuh belum memadai.

    Tips Mencerahkan Kulit Alami

    Apabila Anda ingin mencerahkan kulit, akan lebih baik bila menggunakan cara yang lebih aman dulu, misal dengan melakukan scrub / lulur secara rutin, menggunakan lotion pelembap yang mencerahkan (cek kandungan lotion apakah aman bagi ibu menyusui atau tidak), dan gunakan tabir surya saat pagi-sore hari ya.

    Konsumsi air putih 2 liter sehari, gunakan pelembab sesuai dengan jenis kulit anda. Konsumsi makanan sehat, khususnya yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Hindari konsumsi makanan cepat saji seperti mie instan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 25, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Manfaat Persalinan Normal

  • Oleh : Gigin Gumay
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan. Saat ini usia kandungan saya sudah semakin membesar, namun saya masih bingung untuk proses persalinan. Hal yang saya ingin tanyakan, persalinan seperti apa yang harus saya lakukan, dan apa manfaat yang bisa di dapatkan ketika saya melakukan persalinan dengan cara itu?

  • Oleh : Gigin Gumay
  • BENJOLAN PAYUDARA

  • Oleh : Teguh Prastio
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Hai Dok saya mau tanya, kenapa adik perempuan saya yg berumur 23 tahun ada benjulan di atas putingnya dan benjolan nya itu pecah ngeluarkan nanah hijau.
    Jenis penyakit apa ini dok

    #mohon di jabab.

  • Oleh : Teguh Prastio
  • hamil 1 bulan

  • Oleh : Chiika Jocom
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    dok saya mau tanya bulan lalu juni tanggal 13 saya berhubungan dan sempat turun haid tanggal 20an dan bulan juli ini saya tidak haid sudah di taspack hasil nya positif, apakah saya hamil karena berhubungan tanggal 13 bulan juni atau ?

  • Oleh : Chiika Jocom
  • Testpack garis 2 tetapi samar

  • Oleh : Ira Wati
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Malam bu bidan, saya mau nanya, saya sudah melakukan testpack garisnya ada 2 tapi yg 1 samar 1 nya jelas, itu artinya apa ya bu? Kalau memang artinya saya positif hamil, kira” kapan saya harus periksa ke bidan atau USG ke dokter kandungan? Terima kasih.

    Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Tanya Bidan