Pengaruh Pengobatan Kanker Serviks Terhadap Aktivitas Seksual

Share Dan Tag Teman Kamu Di :


  • Kanke rserviks mampu menimbulkan berbagai permasalahan terhadap aspek seksualitas. Tetapi bukan berarti dalam pengobatan kanker serviks penderita tidak boleh melakukan hubungan seksual. Setiap jenis kanker terutama kanker serviks boleh melakukan hubungan seskual jika keduanya saling menginginkan dan merasa nyaman. Hubungan seksual pun tidak akan membuat kanker serviks menjadi lebih parah. Namun, jika istri merasa tidak nyaman, jangan melakukan paksaan, melainkan lakukan tindakan lain, selain berhubungan seksual. Hal ini bisa diganti dengan sentuhan, dekapan, pelukan dan ciuman mesra.

    Ada beberapa masalah yang biasa dikeluhkan oleh penderita kanker serviks saat melakukan hubungan seksual. Diantaranya, tidak ada rasa sensasi, tidak ada gairah dan timbulnya rasa sakit. Selain itu masalah lain yang kerap muncul pada penderita kanker serviks yaitu adanya rasa kering pada daerah vagina dan kekurangan lendir serta sulit untuk mencapai klimaks.

    Efek Samping Pengobatan Kanker Serviks terhadap Aktivitas Seksual

    1. Kemoterapi

    Beberapa obat kemoterapi bisa mempengaruhi lendir vagina, sehingga bisa menyebabkan luka dan iritasi saat berhubungan seksual. Ada juga jenis obat yang melemahkan daya tahan tubuh, sehingga mudah terinfeksi bakteri dari alat kelamin pasangannya. Jika berhubungan dengan penderita kanker serviks yang mengalami kemoterapi, ada baiknya pria menggunakan kondom, untuk menghindari infeksi yang baru dari kelamin pria. Penggunaan kondom ditujukan untuk berjaga-jaga saja.

    2. Histerektomi

    Histerektomi lengkap (ovarium dan uterus diangkat), akan mengubah hasrat seksual Anda. Sebab, ovarium bertugas memproduksi hormon testosteron dan estrogen yang penting dalam berhubungan dan berkaitan dengan gairah seksual. Kadar estrogen yang menurun menyebabkan vagina kering dan jaringan dalam vagina menipis yang membuat hubungan seksual terasa menyakitkan. Rasa sakit tidak hanya akan dialami oleh Anda, tetapi juga oleh pasangan Anda. Selain itu, tindakan histerektomi juga akan menimbulkan munculnya gejala menopause dini, ketidakberfungsian reproduksi/infertilitas, serta disfungsi seksual akibat kerusakan ovarium dan saluran senggama (vagina), memendeknya ukuran vagina, menurunnya elastisitas vagina, dan berkurangnya lubrikasi (pelicin) vagina. Namun, seorang wanita yang rahimnya telah diangkat tetap masih dapat mempertahankan aktivitas seksualnya seperti biasa dengan cara menjaga keintiman rumah tangga dan berkomunikasi secara terbuka.

    3. Radiasi

    Radiasi atau penyinaran pada kanker serviks dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, kerusakan sistem vaskular dan persarafan yang menyebabkan gangguan orgasme pada saat aktivitas seksual

    Efek Samping Pengobatan Kanker Serviks Terhadap Aktivitas Sesksual Secara Psikologis

    Secara psikologis, dampak buruk terapi  kanker serviks adalah timbulnya gangguan kepuasan seksual, gangguan intimasi dengan pasangan, kurang percaya diri, gangguan gambaran diri dan berkurangnya rasa feminimitas sebagai wanita

    Waktu yang Tepat Untuk berhubungan Seksual Setelah Histerektomi

    Waktu yang tepat berhubungan seksual setelah pengangkatan rahim yaitu setelah enam sampai delapan minggu pasca operasi, ketika bagian atas vagina sudah benar-benar sembuh. Anda juga disarankan untuk menjalani check-up untuk perawatan luka yang memadai. Sementara waktu Anda dan pasangan Anda masih bisa mengekspresikan hasrat seksual, di antaranya dengan cara foreplay,  rangsangan tangan,  pelukan, ciuman, dan pijatan.

    Penularan Kanker Serviks Melalui Hubungan Seksual

    Kanker serviks tidak akan menular pada organ reproduksi pria saat melakukan hubungan seksual. Virus HPV penyebab kanker serviks ini hanya berkembang pada rahim (organ reproduksi wanita). Hal ini karena leher rahim bersifat peka terhadap virus HPV. Bagi pria virus ini tidak akan bermasalah pada penis (organ reproduksi pria). Namun virus ini bisa menular melalui kulit kelamin laki-laki yang sebelumnya berhubungan seksual dengan wanita yang menderita kanker serviks.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 19, 2018
    Diskusi Dari:
    Ocha Setiani

    Selamat sore bu bidan,
    Saya sedang mengandung dan usia kandungan saya menginjak trimester 2. Namun, saya masih sibuk bekerja disalah satu perusahaan. Apakah hal ini bisa mempengaruhi kehamilan saya? Lantas bagaimana cara saya menjaga kehamilan dan janin tetap sehat?

    Dijawab Oleh : Ocha Setiani
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
    Diskusi Dari:
    Marini Sjola Manoppo

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Marini Sjola Manoppo
    Diskusi Dari:
    Aryanto Id

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Adhy Putra Lautan

    Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana cara mengatasi sakit pinggang saat hamil ? Saya sedang hamil 7 bulan, sering mengeluhkan sakit pinggang.

    Perlu Jawaban