×

Pengaruh Pengobatan Kanker Serviks Terhadap Aktivitas Seksual

Bagikan Artikel :


Kanke rserviks mampu menimbulkan berbagai permasalahan terhadap aspek seksualitas. Tetapi bukan berarti dalam pengobatan kanker serviks penderita tidak boleh melakukan hubungan seksual. Setiap jenis kanker terutama kanker serviks boleh melakukan hubungan seskual jika keduanya saling menginginkan dan merasa nyaman. Hubungan seksual pun tidak akan membuat kanker serviks menjadi lebih parah. Namun, jika istri merasa tidak nyaman, jangan melakukan paksaan, melainkan lakukan tindakan lain, selain berhubungan seksual. Hal ini bisa diganti dengan sentuhan, dekapan, pelukan dan ciuman mesra.

Ada beberapa masalah yang biasa dikeluhkan oleh penderita kanker serviks saat melakukan hubungan seksual. Diantaranya, tidak ada rasa sensasi, tidak ada gairah dan timbulnya rasa sakit. Selain itu masalah lain yang kerap muncul pada penderita kanker serviks yaitu adanya rasa kering pada daerah vagina dan kekurangan lendir serta sulit untuk mencapai klimaks.

Efek Samping Pengobatan Kanker Serviks terhadap Aktivitas Seksual

1. Kemoterapi

Beberapa obat kemoterapi bisa mempengaruhi lendir vagina, sehingga bisa menyebabkan luka dan iritasi saat berhubungan seksual. Ada juga jenis obat yang melemahkan daya tahan tubuh, sehingga mudah terinfeksi bakteri dari alat kelamin pasangannya. Jika berhubungan dengan penderita kanker serviks yang mengalami kemoterapi, ada baiknya pria menggunakan kondom, untuk menghindari infeksi yang baru dari kelamin pria. Penggunaan kondom ditujukan untuk berjaga-jaga saja.

2. Histerektomi

Histerektomi lengkap (ovarium dan uterus diangkat), akan mengubah hasrat seksual Anda. Sebab, ovarium bertugas memproduksi hormon testosteron dan estrogen yang penting dalam berhubungan dan berkaitan dengan gairah seksual. Kadar estrogen yang menurun menyebabkan vagina kering dan jaringan dalam vagina menipis yang membuat hubungan seksual terasa menyakitkan. Rasa sakit tidak hanya akan dialami oleh Anda, tetapi juga oleh pasangan Anda. Selain itu, tindakan histerektomi juga akan menimbulkan munculnya gejala menopause dini, ketidakberfungsian reproduksi/infertilitas, serta disfungsi seksual akibat kerusakan ovarium dan saluran senggama (vagina), memendeknya ukuran vagina, menurunnya elastisitas vagina, dan berkurangnya lubrikasi (pelicin) vagina. Namun, seorang wanita yang rahimnya telah diangkat tetap masih dapat mempertahankan aktivitas seksualnya seperti biasa dengan cara menjaga keintiman rumah tangga dan berkomunikasi secara terbuka.

3. Radiasi

Radiasi atau penyinaran pada kanker serviks dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, kerusakan sistem vaskular dan persarafan yang menyebabkan gangguan orgasme pada saat aktivitas seksual

Related Posts :

    Efek Samping Pengobatan Kanker Serviks Terhadap Aktivitas Sesksual Secara Psikologis

    Secara psikologis, dampak buruk terapi  kanker serviks adalah timbulnya gangguan kepuasan seksual, gangguan intimasi dengan pasangan, kurang percaya diri, gangguan gambaran diri dan berkurangnya rasa feminimitas sebagai wanita

    Waktu yang Tepat Untuk berhubungan Seksual Setelah Histerektomi

    Waktu yang tepat berhubungan seksual setelah pengangkatan rahim yaitu setelah enam sampai delapan minggu pasca operasi, ketika bagian atas vagina sudah benar-benar sembuh. Anda juga disarankan untuk menjalani check-up untuk perawatan luka yang memadai. Sementara waktu Anda dan pasangan Anda masih bisa mengekspresikan hasrat seksual, di antaranya dengan cara foreplay,  rangsangan tangan,  pelukan, ciuman, dan pijatan.

    Penularan Kanker Serviks Melalui Hubungan Seksual

    Kanker serviks tidak akan menular pada organ reproduksi pria saat melakukan hubungan seksual. Virus HPV penyebab kanker serviks ini hanya berkembang pada rahim (organ reproduksi wanita). Hal ini karena leher rahim bersifat peka terhadap virus HPV. Bagi pria virus ini tidak akan bermasalah pada penis (organ reproduksi pria). Namun virus ini bisa menular melalui kulit kelamin laki-laki yang sebelumnya berhubungan seksual dengan wanita yang menderita kanker serviks.

    Nah untuk itu bagi kaum wanita yang sudah aktif melakukan hubugan seksual dianjurkan mengonsumsi bersih wanita setiap hari. Ternyata bersih wanita ini ampuh mencegah kanker serviks hingga 10 tahun ke depan. Apalagi nih bagi wanita yang pernah berganti pasangan atau melakukan hubungan seksual dengan pria yang pernah berganti pasangan.

    bersih wanita
    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat sore dok.
    Saya mau tanya.
    Apakah benjolan kecil di dalam bibir vagina sebelah kanan dengan berbahaya? Tidak sakit sih dok. Cuman kalo misal di pegang agak sedikit gatal. Lalu kalo di teken terasa sedikit sakit. Mohon jawabannya 🙏

  • Oleh : Yuni Setiasih
  • Kehamilan

  • Oleh : Nadya Humaira
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu, saya mau curhat mengenai ttg kehamilan

    Waktu itu saya berhubungan dgn cowo, tetapi tidak langsung. Hanya saja ketika cowo mengeluarkan sperma kena tangan dah mengelapnya dengan tisu. Kemudian tangannya mengenai vagina saya. Apakah dapat menyebabkan kehamilan?

    Berhubungan saat haid

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya, Saya itu berhubungan suami istri saat saya haid hari ke 4, saya kira saat itu sudah tidak keluar lagi, tapi ternyata waktu saya berhubungan kok tiba2 saya haid lagi. Tapi masih sempat mengunakan kondom sih dok, kira2 apakah saya dan suami aman ? Ataukah saya bisa hamil ya dok, soalnya keesokan harinya darah haidku sudah hilang lalu suami tidak mengunakan kondom lagi dok. Mohon sawabannya

  • Oleh : Aulia Aulia fahra
  • Keputihan

  • Oleh : Suci Rahmadhani
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau tanya? Saya mengalami keputihan yg sangat berbau, saya mengalami ini hampir 2bulanan. Rasa ga pede deket orang sekitar dan ga nyaman dok. Gimana cara mengatasi nya ya?

    Tanya Bidan