Waspadai TBC Kelenjar Pada Anak-Anak

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Mengenal secara jelas tentang penyakit TBC kelenjar yang bisa menyerang anak-anak. Untuk mencegah ataupun mengatasi penyakit tersebut bunda harus lebih dulu tahu apa anak terkena penyakit TBC kelenjar ini atau tidak, dan untuk mengetahuinya Bunda harus mengetahui beberapa informasi tentang penyakit ini mulai dari definisi sampai gejala dan penyebab TBC kelenjar ini.

    Penyakit TBC ini tidak hanya menyerang bagian paru-paru anak saja, tapi bisa juga menyerang bagian kelenjar getah bening yang gejalanya bisa dilihat dibagian lener anak. Penyakit inilah yang dikenal dengan penyakit TBC kelenjar. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun anak-anak lebih rentan terkena penyakit TBC kelenjar ini.

    Mycobacterium tuberculosis (MTB) adalah jenis bakteri yang menjadi penyabab munculnya penyakit ini. Bakteri tersebut yang menginfeksi tubuh dan menyerang organ tubuh anak lainnya seperti paru-paru, usus, ginjal, tulang dan otak. Ciri-Ciri penyebab penyakit tbc kelenjar pada anak adalah mudah menular, penularan tersebut melalui cairan di dalam nafas yang keluar saat penderita batuk atapun bersin.

    Gejala-Gejala Penyakit TBC Kelenjar

    • Demam tinggi yang berkepanjangan.
    • Mengalami batuk yang sering dan berulang-ulang.
    • Munculnya bejolan di leher, sela paha serta ketiak.
    • Bejolan terus-menerus tumbuh baik ukuran maupun jumlahnya.
    • pecahnya benjolan kelenjar pada bagian tertentu misalnya leher, benjolan yang pecah mengeluarkan cairan seperti nanah kotor
    • kelenjar getah bening mengalami Luka pada “Scropulosderma” yang penyembuhannya akan lama, bila sembuh pun akan terlihat sangat buruk.

    Itu adalah beberapa gejala yang perlu Bunda perhatikan agar Bunda tahu apa anak terkena penyakit tersebut atau tidak. Bila positif terserang Bunda bisa langsung melakukan pencegahan sehingga penyakit tersebut dapat terobati dengan cepat dan tidak menimbulkan kondisi yang lebih serius.

    Di antara semua kasus TBC kelenjar, kasus terbanyak terjadi pada leher yang disebut scrofula. Scrofula adalah infeksi TB pada kelenjar getah bening di leher yang umumnya ditularkan saat seseorang menghirup udara yang terkontaminasi. Pada anak-anak, penyebab scrofula kebanyakan disebabkan kuman jenis mikobakteria atipikal.

    Salah satu tindakan pencegahan yang bisa Bunda lakukan ialah dengan cara memberikan imunisasi dan vaksinisasi pada anak, untuk mencegah terjadinya penyakit TBC ini terutama apabila tinggal di daerah endemik penyebab penyakit TB.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - May 5, 2017
    Diskusi Dari:
    emilia

    Selamat sore bu bidan, saya merasa khawatir dan tidak tau kenapa akhir akhir ini haid saya tak kunjung datang juga. Semenjak saya melakukan kuret terhitung sekitar 5 bulan saya belum haid. Apakah tidak berbahya bu bidan ? Mohon penjelasananya

    Dijawab Oleh : emilia
    Diskusi Dari:
    Iis ismayanti

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya apakah ada pantangan makanan untuk anak yang saat ini baru sunat takutnya jika makan sembarangan akan berimbas pada luka sunat yang masih basah. Mohon penjelasannya trims.

    Dijawab Oleh : Iis ismayanti
    Diskusi Dari:
    Aryanto Id

    assalamu’alaikum
    bu bidan, saya ingin tanya dong kemaren anak saya berumur 4 bulan katanya harus diberikan vaksin DPT namun kemaren pas jadwal imunisasi lagi demam jadi saya telat memberikan vaksin nya. apakah itu tidak berbahaya ? apakah masih bisa diberikan imunisasi DPT tersebut ? terima kasih sebelumnya

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    hanis

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Dijawab Oleh : hanis